BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI HEAD UNIT/TAPE MOBIL DOBEL DINE MEREK CINA LAYAR/TAMPILAN BLANK

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

Selamat datang dan selamat malam(untuk yg lagi malam) selamat siang (untuk yg lagi siang) dan selamat-selamat yang lain nya,.




Bertemu lagi di halaman saya yang alakadar nya dan alaheuumm,.kebanyakan pembukaannih..!!?

Okey deh unutk anda yang sudah mampir disini di halam ini saya ucapakan selamat membaca dan
terimakasih untuk kunjungan anda dan kami tunggu kedatangan anda kembali.







Disini saya akan membagi kan pengalaman tentang BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI HEAD UNIT/TAPE MOBIL DOBEL DINE MEREK CINA LAYAR/TAMPILAN  BLANK,saya pilih head unit/tape cina disini karna saya ada servican tape cina,yang dimana kata pemilik nya awal nya mati hidup-mati hidup tampilan layar nya,tetapi suara masih ada tapi juga,. suara kaya radio kemresek dan
layar LCD nya kaya tv rumah yang gk ada signal (gambar semut) kata keren nya hhehee,.,dan baru saja mati total dijalan suara kaset vcd nya pun juga ikut hilang,karna penasaran saya langsung cobain dulu sebelum saya bongkar dari dasboard mobil nya,dan ternyata benar begitu di nyalain gambar di layar LCD kebnyakan semut dan bergetar,setelah saya lihat hasilnya seperti semut begitu tanpa berfikir panjang lebar kali tinggi,. Langsung ambil obeng dan congkelan plastic, saya cabut head unit/tape mobil dari dasboard mobil (bukan becak).





Dengan rasa penasaran langsung saya buka casing headunit/tape mobil tersebut dan saya coba nyalakan mengunakan trafo adaptor tetapi hasil nya tidak ada perubahan tetep sama sajaaahhh,.
Tanpa basa-basi saya bilang ke pemilik head unit/tape mobil dobel dine ini,saya saran kan untuk di
di tinggal saja(kopi lagi abis buat tamu hheehe,.) tentu nya karna saya pikir akan lama mengerjakan penyakit head unit/tape mobil dengan kerusakan yang aneh ini tidak lama setelah saya jelas kan ke pemilik dan dia bilang akan di ambil agak lama hari saptu sedang kan datang hari senin saya cuma bilang okey pak siapp!!,

Dan setelah itu anda yang bosen baca cerita ny,.hhaaha,.. okey mari kita bahas masalah pokok nya.










Tanpa banyak omong kita langsung saja menuju topik yang sebenar nya yaitu masalah BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI HEAD UNIT/TAPE MOBIL DOBEL DINE MEREK CINA LAYAR/TAMPILAN  BLANK,dari tadi saya cuman bilang merek cina terus padahal merek cina juga banyak macam nya,ada AVX,HOLLYWOOD,AVIX,ORIS,AVT,AUDIO BANK,NEXIA,AUDIO LINK,X-DRIVE,JEC,SKELETON,EMAZER,OXYGEN,DLX,ROGER'S,GMC dll.Nah untuk kali ini yang akan di buat praktek merek nya
X-DRIVE yaitu jenis head unit dobel dine dengan spesifikasi komplit Lihat spek di bawah ini :

Sekedar informasi.

Spesifikasi Head unit cina merek X-Drive :

  • Dvd,vcd,cd,mp3
  • Usb,micro SD,Bluethoot A2DP,Aux in(rear)
  • Radio,tv tuner,
  • Touchscreen,tft LCD 6,95"HD,Output 52x4watt tulisan nya,.(tapi gmabar memang lumayan jernih).









Untuk spesifikasi lengkapnya silahkan di cari sendiri aja yah,.untuk kisaran harga Rp,900 sampai Rp,1500000 plus pasang dan antena tv aktif booster.

Mulai masuk praktek saja langsung..!!

Gambar :
Gambar sebelum di service

Setelah Head unit di bongkar habis hanya tersisa main board nya sperti biasa sebelum melakukan otak atik pake solder kita periksa terlebih dahulu smua komponen nya apa ada yang gosong atau tidak wajar antara komponen di main board tersebut dan jangan lupa unutk di bersihkan mengunakan kuas atau lebih bagus juga sama pake tinner,tapi menurut saya gk usah aja karena abis-abisin tinner kalau buat bersihin semua main board nya mending pake kuas kering saja.

Gambar main board head unit cina merek X-DRIVE lihat di bawah ini :

Keterangan main board
Bagian belakang main board
 Dan tampilan belakang PCB main board nya :
 Setelah selesai membersihkan main board juga periksa komponen saat nya untuk mengunakan tester untuk ukur mengukur komponen dan voltase nya anda harus tau terlebih dahulu tentang cara mengunakan tester bisa di cari di googling untuk yang belom tau cara mengunakan tester.

Setelah di tes komponen seperti dioda,elco,resistor resistansi kecil,transistor regulator tidak di temukan gejala short atau pun konslet. Lanjut pasang socket dan kabel flexibel ke tombol aliri setrum dan pencet tombol power,setelah di nyalakan periksa setrum yang untuk suplay ke empeg dan ic display nya sebelum regulator B117 atau (pin input nya) teryata terukur cuma 3,8v di bagian empeg dan bagian display, jalur ini dari ic M2303 dan input tegangan ic M2303 terukur 11v di empeg maupun di display.





Karena di lihat kerusakan head unit ini bisa di perkirakan dari setrum yang short atau kurang setrum bisa juga,kalau kerusakan layar blank dan masih mengeluarkan suara di speaker nya berarti kerusakan nya terletak di bagian display atau empeg nya entah kurang setrum atau setrum mati/hilang.
Langkah pengukuran pertama yaitu pada setrum voltase ke empeg nya terlebih dahulu yaitu di titik transistor regulator untuk empeg nya,Marking code transistor nya B117 dan ada keterangan 1,8 di bawah nya dan satu lagi B117-s33.


  • B117-s33 = Untuk 3,3v nya
  • B117 di bawah nya ada 1,8 untuk 1,8v nya.

Bentuk transistor jenis SMD SO-32 tiga buah kaki/pin code depan nya macam-macam ada AMS117-xx,B,LM dan ada yang gk pake code.Lihat datasheet nya di bawah ini :

Di ambil dari google
Untuk mentester nya bagian input dan output nya setrum yang di output harus sesuai dengan code di transistor nyamisal yang transistor B117-3,3 di kaki/pin output nya 3v atau lebih 1/2v misal nya itu juga wajar-wajar saja asal lebih atau kurang nya kebanyakan,
Ukur juga setrum B117 untuk bagian ke ic Display nya.






Setelah hasil pengukuran seperti di atas bisa di simpulkan mulai dari input IC M2303 sudah short seharus nya itu 12 atau bisa lebih sampai 13v wajar,dan disini cuman terukur 11v sehingga output nya juga jadi drop menjadi 3,8v. sedangkan tegangan suplay untuk transistor regulator 117 ideal nya 4v sampai 5v. Nah setelah saya coba ganti ic M2303 ternyata hasil nya sama saja masih drop berrti bukan ic nya yg short dan tanpa sengaja saya cabut coil filter/gulungan kawat email di keramik bulat ternyata ada elco yang sudah meletus di bawah nya, sedang tadi waktu pemeriksaan gak kelihatan soal nya terhimpit di antara tiga coil filter jadi cuman kliatan atas nya saja yang masih bagus dan rata
ukuran elco ini 47micro 25v untuk filter tegangan input ic M2303 yang tadi cuma terukur 11v. tanpa basa basi langsung saya ganti elco dengan ukuran lebih tinggi yaitu 100micro 25v,pasang kembali filter coil ic M2303 juga saya pasang yang asli nya lagi setelah di tes pencet tombol power akhir nya setrum normal semua nya,.bisa di lihat di gambar di bawah untuk setrum normal nya dari mainboard head unit dobel dine cina merek X-DRIVE ini :

Setrum normal dan tempat mengukur nya
 Dan akhir nya setelah di pasang semua kabel flexibel dari pcb depan ke pcb main board nya dan tekan tombol power layar pun jadi keluar warna nya,touch screen masih respon smua normal dan di lanjut pengetesan di hidupin pake usb bagus,micro sd jalan dan di hidupin lama pun tak ada masalah,.
Akhir nya kelar juga dan tinggal ngopi dulu sambil di dengerin suara nya.

Gambar setelah di service
Okey itu lah pengalan cerita dari saya semoga bermanfaat untuk anda yg sudah mampir dan membaca nya di halaman saya ini.
Untuk pembaca yang senior dalam bidang service head unit ini mohon untuk koreksi nya karna tiada manusia yang sempurna yang ada juga (Ada band - manusia bodoh.mp3)hheehhee,.

Sekian dulu dari saya sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kunjungan anda di halaman saya ini.




SEKIAN DAN TERIMAKASIH WASSALAM

Komentar

  1. Siang mas Adi,
    Kebetulan saya punya double din merk cina F8 type 6991. Kasusnya layar gelap tiba2 pas nyetir dan bukan dari pengaturan layarnya, tp di layar masih bisa dipencet2. setelah saya test dengan adaptor 12v punya teman, gambarnya tiba2 muncul (normal) lalu saya pasang lagi ke dashboard dan tetap hidup layarnya. Nah pada satu saat penyakit layar gelapnya muncul lagi pas nyetir. Kira2 kurang setrum atau kasusnya seperti diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sing juga.. Periksa layar nya pas gelap sorot layar nya pake senter.atau dilihat di tempat gelap, klau masih ada bayangan gambar brrti yg masalah hanya lampu backlight nya aja. Bisa ada lampu yang kendor atau solderan kendor bagian inverter lampu backlight nya. Bsa jga flexibel kendor.harus di bongkar untuk pengetesan bya.

      Hapus
  2. Kalo DVD nya gak berfungsi priksa bagian APA ya om??

    BalasHapus
  3. Ganti aja optic nya gan.. Kalau usb memory masih jalan. Kalau usb memory gk jalan ya ganti empeg.

    BalasHapus
  4. Ane punya x drive juga om matot sya cek d ic ente bilang kaki no 3 4.2v tu hsilnya 0.4van.kira2 bener g tuh om ic tu yg bermasalah.klo ia ad g pasaranya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu aja ganti ic nya di pasaran ada yg jual online juga ada di buklpak. Dgn cttn 5v 9v masih pada bgus.

      Hapus
  5. Pagi Om..saya punya hu cina merk Evo..problemnya volumenya naik sendiri..udah di turunin tetep naik sendiri..kira2 rusak apnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti volume nya. Klau yg tombol ya gnti tombol nya klau yg potensio gnti potensio nya.

      Hapus
  6. Ane ubek2 d buka lapak g ad y om.om sendiri ada stok g klo ad kabarin d 085711286957 makasi om

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Ad persamaanya g om

      Hapus
    2. Gk ada lg setau saya bang

      Hapus
    3. Klo ente punya kirim bisa g om

      Hapus
    4. Saya lgi kosong blom nyetok lg bang..

      Hapus
    5. Ada persamaan nya M2303ADN bang

      Hapus
    6. Ud dapet bang cabutan dr HU lain alhamdulilah ud beres hehehe makasi atas infonya y.

      Hapus
    7. Okey bang.. Sama" terimaksh kmbli..

      Hapus
  8. Gan,kalau touch screen yang eror ada gantinya ngga yah?atau bisa diakali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di ganti sensor kaca nya aja klau d akalin lumayan susah soal nya klau eror biada nya jalur karbon nya udah pda renggang.

      Hapus
    2. Punya masukan ngga gan belinya dimana udah nyari ngga nemu juga

      Hapus
    3. Belom nemu tmpt yg jual baru biasa nya nyari di tukang service juga. Jkarta taman puring.

      Hapus
  9. HU saya mati lg om hadeh skr malah pas d tekan on/off biasa led idup ni g hidup.kira2 ap lg y bang power bagus flexile tombol ud d ganti jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5v nya juga ikut mati itu telusuri jalur nya sapa tau cuma jalur ny yg cropos.

      Hapus
    2. 5V dr mana om? Kmaren sempet shot znr diodanya yg 5v cuma ud d ganti v ttp g idup.sory om banyak nanya perdana bongkar HU

      Hapus
    3. 5V dr mana om? Kmaren sempet shot znr diodanya yg 5v cuma ud d ganti v ttp g idup.sory om banyak nanya perdana bongkar HU

      Hapus
    4. 5v yg jalur nya nyambumg ke colokan usb itu 5v utama hrus hidup trus biarpun posisi tape di matiin di tombol nya.

      Hapus
    5. Klau dioda nya short berrti ada ic atau transistor regulator yg short juga di jalur tersebut.

      Hapus
    6. 5v yg jalur nya nyambumg ke colokan usb itu 5v utama hrus hidup trus biarpun posisi tape di matiin di tombol nya.

      Hapus
  10. selamat malam .... mau tanya tape mobil sy merk skeleton type skt 8185g tiba" power,mode,navi tidak merespon bila di sentuh gan... mohon infonya trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset dlu atau cabut socket nya dlu trus pasang lg. Klau tape lg nyala mariin dlu sblum start mesin.

      Hapus
  11. mau tanya, kaya gambar di atas ada slot untuk GPS. bisa di pasang komponen gpsnya. kalau bisa, boardnya ada yang jual? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di tambah module gps cuman gk ada yg jual modul nya. Dan setiap merk punya modul sendiri" yg beda ukuran dan bentuk module nya. Yg jual di service center masing" merk. Tp biasa nya gk boleh beli klau di service center.klau gk punya kenaln orang dlm.

      Hapus
  12. misi bang.mau tanya kalo layar sentru blank putih kenapa .dan solusi di benerin gemnaa caranya..
    makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua merk cina cara nya sama kaya yg udah di tulis di atas kecuali yg udah built-in gps baru beda.

      Hapus
  13. saya punya doble din merk varity, tv nya no signal. napa ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antena udah pake yg bgus blom? Program ulang lg.

      Hapus
    2. antena nya msh bagus gan, diprogram ulang tetap gak muncul chanel tv nya gan. mohon pencerahan gan, makasih infonya

      Hapus
  14. antena nya msh bagus gan, diprogram ulang tetap gak muncul chanel tv nya gan. mohon pencerahan gan, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus d cek setrum yg ke tuner tv masuk ap gk.klau setrum masih bgus brrti tuner nya yg udh rusak.tuner hrus ganti.

      Hapus
  15. mau nanya nih bos..klo lcd ny mati..bisa diganti gk ya? ada yg jual lcd ny? HU ane mrz.. kejatuhan parfum..jd ngeblank..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa d ganti tp biasa ny second klau baru blom dapet penjual nya.

      Hapus
  16. Siang om..sy punya hu meek ultra dan orion..layar nya putih tp bergaris..bs dbantu..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah langkah nya sama kaya yg di atas periksa setrum yg buat ke empeg dan ke ic LCD nya.

      Hapus
  17. om layar blank putih.. gimana tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah langkah nya sama kaya yg di atas periksa setrum yg buat ke empeg dan ke ic LCD nya.

      Hapus
  18. bang mau tanya,klw DHD 3718 gak bluetoothnya gak suport gmana tu
    atau cara ngerestartnya gmana
    tolong ya bang solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulisan gk suport nya di layar tape nya apa di bar menu bluetooth nya? Klau di pencet icon bluetooth tapi gk. Masuk ke menu bluetooth brrti bluetooth nya gk ada.atau kalau td nya bluetooth jalan tapi skrng bgtu brrti modul bluetooth nya mati.

      Hapus
  19. Klo layar sentuhnya tdk bisa berfungsi...

    BalasHapus
  20. Gan.monitor sy untuk tipi dan radio ndk bs.volume suara jg kecil.td tak bw kepenjualnya katany masalah ic nya.bagaimana servisnya dan dimana ya gan..terimakasih..bs contak sy 085647067854

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic regulator mati buat suplay tuner tv dan tuner radio dan ic tone control. Posisi d daerah mna??

      Hapus
  21. Slmat mlm gan, ane punya doble din merk oxygen. Kalo dinyalakan hanya sebentar trus mati lagi kira2 gmn cara repair nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyalain posisi dibongkar cari ic atau resistor yg panas saat lg nyala dan langsung jd dingin,posisi mati. Klau udah ketemu periksa komponen di jalur nya. Biasa nya klau gk ic regulator nya yg udah short atau ic lain nya short di jalur itu.

      Hapus
    2. Sekrang udah bisa menyala tapi tape jump ke menu, ganti menu sendiri maksudnya.

      Hapus
    3. Ganti menu sendri gmna mksud nya? Pindah" sendri kah?

      Hapus
    4. Siang mas double din sy jg mengalami hal yg sm, sdh sy cek ic dan tr nya gk panas wkt sy nyalain hidup sbntr seteleh itu lngsung mati, wkt sy cb lg di dgn mencopot kbl + nya nyala sbntr trus mati lg,sy dengar ade sprti bunyi sprti relay di kompomen seperti kumparan kira2 itu mslhnya dimna ya trims

      Hapus
    5. Siang mas double din sy jg mengalami hal yg sm, sdh sy cek ic dan tr nya gk panas wkt sy nyalain hidup sbntr seteleh itu lngsung mati, wkt sy cb lg di dgn mencopot kbl + nya nyala sbntr trus mati lg,sy dengar ade sprti bunyi sprti relay di kompomen seperti kumparan kira2 itu mslhnya dimna ya trims

      Hapus
  22. om..
    ane kalau HU china brand mrz. gak ada suaranya mau stel musik dr sd card, dvd/radio. tapi ada bunyi click normal pas di sentuh pengaturan di screeen nya, ane kira ic tda 7388, trs dah ane ganti ic 7388 nya. masih sama gak ada suara musik nya, hanya click2 di sentuh touch screen nya. apa nya ya om? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa ic tone control nya.. 7313 atau kadang ada juga yg 084 nya.

      Hapus
    2. ic tone control?..
      posisi dibagian mn om?

      Hapus
    3. Di depan nya ic 7388. Ic smd nempel. Di pcb.

      Hapus
  23. Malam om.....saya ada audiobank ab-6510...lampu nyala tapi layar tidak mau hidup

    BalasHapus
  24. Malam om.....saya ada audiobank ab-6510...lampu nyala tapi layar tidak mau hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Regulator 5v nya mati.cari ic regulator nya.ukur 5v ke ic program.

      Hapus
  25. punten gan...audiobank double din awalnya ga ada suara keluar, setelah diservice & ganti IC suara..ada tapi jadi BRISIK BANGET...orang service nya angkat tangan, tapi gambar dll okey...eh satu hari stlhn itu, mati..hidup..mati hidup..
    mohon pencerahannya. trmks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti juga ic tone nya dan periksa driver nya klau ada driver ny biasa nya pake TL084

      Hapus
  26. Selamat siang om , lcd saya merk china om gatau merk apa , layar mati total , tapi suara masih lancar om , kadang2 pas start mesin nyala buram trus langsung mati om , gimana solusinya om

    BalasHapus
  27. Selamat siang om , lcd saya merk china om gatau merk apa , layar mati total , tapi suara masih lancar om , kadang2 pas start mesin nyala buram trus langsung mati om , gimana solusinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa transistor regulator 117 1,8v dan 117 3,3v di jalut setrum ke ic diaplay nya.

      Hapus
  28. mau tanya om, saya punya hu dobel din MRZ klo di tekan tombol power hanya nyala merah saja layar tdk mau nyala, normalnya warna power biru? bagaimana cara servisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic regulator gk bekerja. Ganti ic regulator kaki 5 smd.ada 2 biji.

      Hapus
    2. Klau msih gk bekerja jg ic program rusak,cek dlu komponen kecil sblm vonis ic program nya.

      Hapus
  29. Mau tanya dong. Saya pny headunit doubledin merk tanaka. Pas di nyalain cuma keluar bluescreen aja. Tapi suara radio tetep jalan. Sy pairing pake bluetooth tetap bisa tersambung musik pake bluetooth juga msh normal. Di kendalikan pake remote juga masih bisa. Itu kira2 kenapa ya? Bagaimana cara servicenya? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa dlu kabel" flexibel nya. Klau kabel flexibel di pastikan masih aman,cek jalur" pcb nya. Klau jalur pcb aman gk ada putus/karat ganti ic tampilan.smd 8pin dket ic empeg.

      Hapus
  30. Mlm gan, saya mau tanya? Saya punya tv double din mati tp udah di periksa jalur kabel ga ada yg putus, komponen2 ga ada yg mati? Menurut pengalaman km kerusakan pd apa ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mati total apa masih ada lampu hidup? Klau mati total periksa elco" nya. Dan ic dan transistor regulator periksa jg. Usahakn 5v keluar terlbih dlu buat suplay ic program dan ir receiver.

      Hapus
  31. Gan klo daubeldin cina cd gk baca apakah udh pasti optiknya n gmana cara gantinya.thanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau no disc,bad disc bisa d pastikn optic/kabel flexi putus.klau eror disc bisa ic driver motor atau kabel flexi yg masalah.vara ganti nya cabut mekanik.klau ada empeg nempel di mekanik cabut baut" ny aja. Trus buka baut motor mloptic lalu cabut optic,dan pasang yg baru.

      Hapus
  32. Sama punya saya juga x drive namun mati total sebelum itu jika hidup bisa mati sendiri dan sekarang msh nemplok di dasboard belom dilepas bisa minta petunjuknya, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bongkar dlu dan di cek sperti yg di atas.klau mati total periksa dlu setrum di kabel socket tape.klau setrum bgus brrti head unit yg maslh.periksa jga sikring di samping socket tape.

      Hapus
  33. Mohon saran, sy punya HU bawaan Toyota Rush, tiba-tiba ditengah jalan/disetel mati, langsung sy pijit lagi on off nya hidup lagi dan ini sering terjadi, sehingga memori radio menjadi dafoul harus di seting lagi, sudah sy servise tetap sama, sudah dibuatkan jalur sendiri catu dayanya, kira-kira apa penyebabnya, bagaimana mengatasinya, makasih (hersimkes@yahoo.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu maslah di setrum back up nya. Kalau gk ada kendor brrti ic regulator short klau udah kepanasan.klau bisa di tes dlu pke travo atau aki tp tidk d psang d mobil.di kira" nylain brpa lama biasa nya mati di mobil nya.

      Hapus
  34. Malam om..saya punya hu merk cina.pada posisi mati,tapi lcd tetap nyala terus dengan tampilan biru dan ada tulisan no vidio signal.kira2 apanya ya itu om..lcd on terus?

    BalasHapus
  35. Malam mas Adi HU saya xDrive, kalo nyalain tv tuner atau DVD nyalanya cuman 3 menit lalu langsung ada bacaan driving...tapi suara nyala....itu kenapa ya.....

    BalasHapus
  36. kok tidak keluar gambar saat nyetel tv atau mutar dvd, yang keluar suara saja dan tulisan di layar "Caution, for your safety do not watch while driving"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari kabel di socket yg tanda nya break/parking. Sambung ke ground

      Hapus
  37. malam gan...sy pakai doubledin oxygen..tombol nyala..tp layar mati..dan tombol dipencet2 gak fungsi..soale gak muncul suara sama sekali..kra2 apanya ya..?? mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu rusak di regulator utama nya gan,bongkar dlu periksa komponen" nya.

      Hapus
  38. om mau nanya, saya punya keluhan merk DHD , saat tv dinyalain audio gak kluar kenapa ya sedangkan gambarnya ada, tpi kalau radio normal audionya cuman saat mode tv az audionya gak keluar . makasih om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ubah mode suara nya ke PAL BG sblom auto search biar gk ngerubah satu persatu mode suara setiap stasion tv.

      Hapus
  39. MOhon bantu,
    Saya pakai head unit doubledin merk JEC, problemnya adalah video out tidak bisa keluar gambar kalau dari video in ( di monitor tampilannya AUX) sementara kalau stel dvd dan tv langsung dari unitnya gambar ada/keluar. mohon pencerahannya

    terima kasih

    salam

    Didi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikn nyolok di video out 1 atau 2. Dan periksa pengaturan video. Pastikn tv monitor yg dpke sdah bekerja di colok video lain.misal dvd ke 2.

      Hapus
    2. YTh. Pak Adi, untuk koneksi semua sudah ok, ketika saya stel musik yg sumbernya dari Video in, tampilan menu dan daftar lagunya muncul di monitor tambahan, tapi kalau untuk materi video/tv tidak ada gambar di monitor tambahan

      terima kasih

      Didi

      Hapus
    3. Mungkin maksud anda kalau nyetel usb/kaset/tv di head unit di dasbord di monitor tambahan nya gk muncul bgtu?

      Cba buka pengaturan video. Apa ada pilihan menu video output nya apa tidak. Kalau misal nyetel kaset vcd atau video di flash disk,di head unit dasbord keluar tampilan sementara di monitor tambahan tidk ada tampilan,itu bisa saja kerusakan di jalaur video prosesor.di dlm head unit.ada juga head unit yg gk kuat buat 2 monitor tambahan seperti tv monitor headress,kalau di pasang sblah saja bisa jalan tapi kalau di pasang 22 nya langsung hilang sinyal video ny.

      Hapus
  40. mohon bantuan nya gan,
    doubledin untuk layarnya nyala tapi touth screen nya tidak bisa di fungsikan, kadang kadang bisa tapi lebih banyak tak bisanya kalau di tekan, mohon bantuannya gan. trims ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kabel flexibel TC ny dlu klau masih bgus ya ganti TC nya.gk ada cra lain..??

      Hapus
  41. Malem om adi...HU saya layar ngeblur,suara masih bisa.Om adi bengkelnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di cinambo,bandung. Hu merk apa single apa dobel dine?

      Hapus
  42. Bang saya ada hu evo br 2 hari pasang layar blank,tdnya layar putih bergaris skrg gelap tp suara masih normal.msh bisa direpair? Dpt Beli online ktinggalan kartu garansinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bisa di service sekitar 250 -300rb an.cuma ic display gk bekerja.

      Hapus
  43. gan, awalnya layar blank putih.. lama2 sekarang blank bergaris warna warni kira di periksa di bagian mana ya.. soalnya tegangan suplay ada semua seperti gambar diatas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa socket nya dlu. Klau socket bagus brrti ic display nya mati.tinggal ganti ic display saja.dgn cattn setrum normal seperti di atas. Ingat di dkat ic display jga ada transistor regulator 117 nya.pastikan itu output nya 3.3v sama 1.8v gk boleh lebih gk boleh kurang.

      Hapus
  44. Saya punya double din tanpa merek,, saya bli di cina langsung via aplikasi shope.. Tapi ternyata tidak bisa video out,, padahal saya sudah bli monitor headrest.. Apakah bisa di fungsikan video out nya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di buatkan video out,tp perlu ke tukng service tdk bsa d pandu.saran saya bwa ke tkng service khusus audio mobil.

      Hapus
  45. Saya punya double din merk sdiqu.. Kadang layar nya suka blank kalau di pindah dari usb ke radio.. Kira apa kerusakan nyaa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa kabel flexibel dri empeg ke mainboard dan ke lcd.klau flexi dpastikan bagus brrti setrum ada yg drop biasa nya dari elco yg udah pada kering.

      Hapus
  46. Bang..hu sy xdrive gambar normal..tp tdiak mau keluar suaranya...klo radio ad suaranya
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gk ada suara apa aja?ada gps apa gk? Klau gk ada gps dan yg gk ada suara dvd,usb,memory aja.ganti ic tone nya.

      Hapus
  47. Permisi om mau tanya penyebab tape pioneer lcd nyala terus setiap 10 detik tiba" mati gara" apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dobel dine apa tape biasa? Klau tape biasa cabut aja socket nya tunggu 5 menit pasang lagi.kalau ada tombol reset reset aja.

      Hapus
  48. Mas, kalo touchscreen di pencet2 gak berfungsi, rusak apanya ya?, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panel touchscreen nya aja kudu ganti.

      Hapus
  49. Apa semua mrk cina sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk sama semua,keluaran baru ada yg pake ic tunggal untuk display dan empeg dvd,jd cuma pke 1 ic gk pke ic SUNPLUS.

      Hapus
  50. Mlm gan..saya punya head unit equinox.tdnya nyala setelah benerin motorizenya.trs kayaknya salah pasang tegangan api .kepasang ke kabel output amplifierny.trs kondisi trakir pasang api b+ lampu indikator di switch power nyala sebentar.danada nada beep unit langsung mati lagi gan..mihon petunjuknya.makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau salah pasang kabel B+ ke output speaker,itu bisa langsung mati ic suara nya.
      Klau d pasang B+ sempat bunyi beep trus mati lg itu bisa karena setrum acc blom masuk atau flexibel ke mesin depan ada yg kurang pas atau putus. Cba periksa lg.

      Hapus
  51. Mlm gan..saya punya head unit equinox.tdnya nyala setelah benerin motorizenya.trs kayaknya salah pasang tegangan api .kepasang ke kabel output amplifierny.trs kondisi trakir pasang api b+ lampu indikator di switch power nyala sebentar.danada nada beep unit langsung mati lagi gan..mihon petunjuknya.makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau salah pasang kabel B+ ke output speaker,itu bisa langsung mati ic suara nya.
      Klau d pasang B+ sempat bunyi beep trus mati lg itu bisa karena setrum acc blom masuk atau flexibel ke mesin depan ada yg kurang pas atau putus. Cba periksa lg.

      Hapus
  52. Mas adi, saya dr aceh,,
    Sekarang ne saya sring nemu tape 2din cina yang mati total, bukan karena salah pasang, emang tapenya yg gak tahan, kira" dimana letak masalah'a,,,
    Trima kasih sebelum'a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau mati total sama tombol dan suara juga gk ada kehidupan itu bisa regulator 5v ny mati.bnyak mati total di dobel dine cina yg pke ic regulator 5v ny mosfet kaki 8 kya ic 4558.klau yg pke ic regulator ic kaki/pin 5 kya 7805,itu jarang mati total,mati total itu di madukin kaset udah gk mau nyedot kaset.klau mati total tp masih bisa nyedot kaset biasa msalah di program entah mati ic ny atau setrum ny gk masuk.perlu pengecekan lebih lanjut.

      Hapus
  53. mas, HU clarion yg motorized. ada kendala dimana layar mati tapi touchscreen dll masih aktif. kenapa ya mas..? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pernah tanya di forum sblh katanya kena led. maksudnya bgmn ya mas?

      Hapus
    2. Bisa di perkirakan kena lampu black light nya. Mati black light itu bisa Lampu nya itu sendiri yg mati atau rangkaian driver lampu black light yg mati,rangkaian driver black light di pcb,dstu ada ic,capasitor,transistor,dioda,resistor dll,klau yg masih neon ada travi inverter ny jga. Lampu black light itu lampu yg di dlm lcd nya,fungsi nya buat nyorot lcd kira" bgtu kegunasn lmpu black light,lbih detail nya googling "fungsi black light pada lcd"

      Hapus
    3. Saran saya periksa dlu kabel flexibel ny,karna kabel flexibel rawan putus di tape" motorest

      Hapus
  54. pagi gan ane mau tanya, ane ada HU dhd 5718, layarnya kedip sebelah, tapi kl buat muter video lancar gk ads kedip cuma yg sebelah agak gelap gambarnya, kira" ada yg jual layarnya aja gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu di cek dlu itu lcd nya yg masalh atau ic display ny yg masalah atau flexibel ny yg putus atau renggang di lcd. Klau lcd baru nya masih susah setau saya blom ada kbar ada yg jual khusus buat tape mobil,klau second" tinggl datang ke tukang service bawa contoh nya biar di cari kn.

      Hapus
  55. pagi gan ane mau tanya, ane ada HU dhd 5718, layarnya kedip sebelah, tapi kl buat muter video lancar gk ads kedip cuma yg sebelah agak gelap gambarnya, kira" ada yg jual layarnya aja gk ya?

    BalasHapus
  56. Mobil sekitar seminggu ga dipake.. Double din saya cuma nyala tampilan logo doang.. Menu nya ga ada.
    Kira kira knp ya bang? Merek cina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di reset dlu atau cabut socket pasang lagi

      Hapus
  57. Asslm...mas double din hidup bisa play musik.cuma gak ada suaranya....kira2 apanya mas..sdh direset juga sama gak ada suaranya.tp kadang2 nyala sendiri suaranya

    BalasHapus
  58. Double Din Serena C26 saya Hidup hidup mati, tidak ada suaranya, begitu juga dengan kamera mundurnya. Mohon bantuannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa ic final suara sama ic tone suara nya.

      Hapus
  59. Pagi gan mohon bantuannya Doble Din saya blank hitam tapi suara masih ok trus tuchcreen nya masih bunyi apa yg harus di perbaiki thanks gun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampu black light mati,periksa driver lampu black light,atau lampu black light nya mati.

      Hapus
  60. Lokasi dimana nih mas

    BalasHapus
  61. Kang mau nanya hu sya merk sdiqu suaranya tiba"hilang tiba"ada lgi.kira apa nya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa socket sama speaker nya dlu dan sambungan" kabel speaker nya. Klau masih pada bagus,ic nya yg rusak,bisa ic final suara atau ic tone nya.

      Hapus
  62. Gan mau tanya hu ane x-drive 6990 kok gak bisa konek bluetooth ya? Gmn gan cr konekin ke hp... Pdhl settingan di hp udh visible... Tutorialnya gan. Hp ane mi note 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara nya :
      Pertama di hu di posisi bluetooth,dan pastikan di layar ada lambang bluetooth kecil di bgian atas biasa nya kedip,mnndakan bluetooth udah hidup.
      Kedua buka pengaturan bluetooth di hp,dan lakukan pencarian bluetooth head unit akan muncul dg nama "CAR KIT"
      Stop pencarian dan pasang kan dengan car kit tadi,klau minta kode/pin/sandi masukan "0000" atau "1234".setelah tersambung ke bluetooth head unit keluar dari menu setting bluetooth di hp dan di coba dengan menelfon dn stel musik nya.

      Hapus
    2. Sore om. Mau nanya hu saya merk hollywood. Taouchscreen. Usb. Volume.radio semua normal ga axa mslh. Cuma layarnya ja blank putih.kira2 apa yg mesti diganti ya om. Klo menggunakan tester saya ga terlalu mengerti om. Makasih sebelumnya

      Hapus
    3. Ic tampilan gk bekerja,bisa ic tampilan yg mati atau ic regulator ke ic tampilan yg mati,jadi ngetes setrum di bagian ic display nya dan tentu pake tester,saran saya mending serahin ke tukng service dripda mlah parah.

      Hapus
  63. Saya punya hu merk jec. Sebelumnya ga ada masalah, tapi setelah ada mmc yg masuk kedalam tiba2 sekarang sering ada semut2 layarnya, kadang juga kedap kedip berwarna kemudian mati dan ga ada suaranya lagi. Seperti itu terus, tapi kadang2 juga normal saja. Kira2 kenapa ya mas? Dan budget berapa kalau dibetulkan? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya mmc masuk ke dlm mesin tape nya? Klau iya tinggl bongkar dan ambil mmc nya,karena mmc ada seng ny dan klau nempel di kaki" ic atau jalur pcb bisa bikin konslet,usahain jgn di stel dlu tape nya lebih aman cabut socket nya,karna klau seng mmc nempel di ic regulator bisa mati total.

      Hapus
  64. Om saya mau tanya OEM din yaris saya, map tv tuner, SD card saya tidak berfungsi alias bluescrean. Itu harus digimnain yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bluescreen no signal ap bluescreen gk ada tulisan?

      Klau ada tulisan no signal periksa kabel" flexible dan solderan di bagian empeg nya.
      Klau udah d pastikan flexible
      Ama solderan gk ada kendor kerusakan bisa dari ic empeg atau ic prosesor/programe.di coba di reset aj dlu klau di reset gk mempan baru di bongkar periksa" lbih lanjut.

      Hapus
  65. Om mau tanya, head unit double din normal, hanya saja suaranya pecah dan kecil sebelah, knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kabel speaker konslet,bisa min plus beradu di sambungan,bisa kabel speaker nempel body mobil body tape atau speaker ny yg udah konslet spul nya.periksa aja kabel sama speaker nya yg suara ny kecil.cabut dlu speaker yg suara kecil baru periksa kabel, klau udah cabut speaker masih pecah suara ny.

      Hapus
  66. saya punya HU merk tanaka, yang bisa hidup hanya dari dvd, usb, dan bluetooth sedangkan tv, radio sama mmc gak mau hidup dan kadang kadang muncul no signal alias blue screen tapi usb bisa hidup, solusinya bagaimana om ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa dlu kabel" flexibel nya.sambil di hidupin radio tanpa di cabut empeg goyang" socket" flexibel.

      Hapus
  67. Om saya mau tanya dvd mobil sya double din tiba" mati nggak bisa di hidupkan merk equinox kira" di cek apanya dlu???
    Minta tolong infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama bongkar tape nya ukur setrum di socket tape nya,kabel kuning sama kabel merah di socket harus ada strum -/+12v klau setrum gk masalah pasang lagi socket ke tape,klau masih gk nyla brrti tape ny yg masalah,klau kabel kuning sama merah gk ada setrum periksa sikring yg untuk setrum(acc/radio dan sikring back up).

      Hapus
  68. Om sy mau nanya.tape say merk varity.kadang susah baca dvd/cd.udh ganti optik msh tetep.tolong solusinya.trims

    BalasHapus
  69. Om sy mau nanya.tape say merk varity.kadang susah baca dvd/cd.udh ganti optik msh tetep.tolong solusinya.trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti optic nya sama kabel flexibel ny gak? Periksa kabel flexibel ny dlu,ganti jga ic driver motor.

      Hapus
  70. Mas Adi, ni andri, ane ada HU merk Hollywood gax tau kenapa rusak....gax mau hidup bener on off nya....kemaren sempat bawa ke tukan servis elektronik biasa...katanya MICROCOM nya ... tapi gax tau juga.....bisa mtk alamat n no telpon mas Adi, rencana mau kirim ke mas adi saja

    BalasHapus
  71. Mas saya ada HU yang layarnya mati tapi touchscreen masih fungsi. Tapi kalo mobil abis diparkir dengan kabin keadaan panas (parkir luar) itu layar HU tiba2 hidup aja. Masalahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada solderan lembab atau bisa IC lemah,bongkar dan panasin smua solderan yang mencurigakan,pke solder uap.

      Hapus
  72. Bang adi.. doble din saya lcd blank tp suara masih normal. Klo disentuh layarnya juga normal. Merknya varity

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic display tdk bekerja atau mati bisa ic display ny sendri yg mati bisa jga transistor regulator nya.klau kaset,usb,memory ikut mati brrti empeg nya yg tdk bkerja.

      Hapus
  73. doubledin layar mati tapi suara masih ada apanya yg rusak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampu black light atau driver nya.

      Hapus
  74. Mas mau nanya, tv atap nissan kalo lewat jalan gelombang suka bergeter maumati tapi kalo jalan lempeng ga bergeter biasa aja, iku kenapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kbel kendor entah sambungan atau socket,bisa jga socket dlm tv ny atau solderan kendor.periksa setrum nya di atap sambil di gedor" tv nya.

      Hapus
  75. Ikutan nanya mas. HU livina caska touchscreen nya gak bereaksi apa2. Tetapi semua fumgsinya jalan. Kira2 bisa diperbaiki mas?

    BalasHapus
  76. malam bang , saya punya head unit merk kosher ketika dihidupkan logonya ndak muncul dan semua panel tochscreennya tidak bisa alias blank , mohon pencerahan

    BalasHapus
  77. Bisa empeg nya mati atau ic rgulator mti hrus periksa dlu setrum nya.

    BalasHapus
  78. Maaf om. Kalo boleh tau saya punya double din audiobank.. Mati total gara2 salah pasang kabel aki.. Alias kebalik.. Dn pas saya cek sekring putus.. Dan saya ganti kemudian putus lagi.. Kemungkinan kerusakan di dioda.. Yang saya bingung dioda yang seperti apa yang terdapat pada double din saya? Bisa di WA 085878484231. Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  79. Selamat Pagi, Saya dari Kalbar, headrest saya baru beli, audio/ suara bagus, layarnya nge-blank- putih hanya ada bayangan "gambar mp3" aja. Ada solusi om? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba bongkar kali cuma flexibel nya kendor,klau flexibel bgus ya bisa ic display short atau setrum nya turun/drop.saran si bwa ke penjual ny lg klau blom ada 1bln beli ny.klu baru biasa nya toko kasih garansi.

      Hapus
  80. sore gan,saya punya double din merk audio tone,kalau saya masukin sd card ,langsung hh,nyala mati trs,kalu pakai radio ok,mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau pke usb gmna jalan normal gk? Cba pke micro sd kpasitas kecil,periksa port micro sd dan jalur ny,reset hh dlu.

      Hapus
  81. Gan mau tanya dong, tape merk audiobank AB-8086 kendala lampu nyala semua gak ada masalah, cuma suaranya gak keluar kira2 apanya gan yg mesti di cek. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba pke ampli dlu lewat jack rca output ny,klau gk ad suara jg ganti ic suara,klau ganti ic suara masih gk ad suara perlu cek ic tone sama ic program.

      Hapus
  82. Gan numpang tanya..
    HU saya VTECH 6994, waktu itu saya coba kalibrasi, ikutin tanda + tapi belum selesai kalbrasi keburu di matiin anak ane tu HU nya... pas dinyalain lagi, eror dah layar nya g bisa di sentuh2..
    ada saran gmn baikinnya??? (kebetulan remotenya hilang)

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau cuma gagal kalibrasi cukup di reset aj.

      Hapus
  83. gan mau nanya head unit ane merek mtech
    beberapa hari ini penyakitnya aneh... kadang lcd nyala normal tapi pas dipindah ke gigi mundur layarnya gak diinterfensi sama kamera... trus klo dari posisi mati lgsg di masukin gigi mundur muncul gambar dari kameranya tapi pas dibalikin ke posisi netral muncul tulisan no signal
    kalo mobil seharian gak dipake, pas pertama kali dinyalain normal. tapi pas mobil udah jalan trus dimatiin trus dinyalain lagi malah error kayak gitu..
    itu kenapa ya? apa softwarenya yg error?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau tape cina gtu sering nya hardware yg eror,biasa itu dri empeg yg masalah,bisa ic regulator,kebnyakn si ic empeg yg rusak,dia udah emah atau ada putus di dlm ic nya pas temperatur ic naik.

      Hapus
  84. Malem Om mau tanya kalo HU sebagian di touchscreen nya ga mau fungsi yg rusak apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup ganti panel touch screen nya aj normal lg.

      Hapus
  85. pagi om salam kenal dari hery boyolali jateng...ni aku punya lcd caska 1 din,,awal layar blank putih. trs tk bersihin flexibelnya bs kluar gambar cm bbrp detik kembali blank putih.trs kmaren cb tk nyalain lg lcd bisa kluar gambar ampe skrng. cuma kl blm panas gambar bergaris putih tipis dan getar, lama lama normal tp kadang msh bergetar...ni yg rusak apanya y om....trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kmbli,.cba ganjal flexibel ny pke solasi dan ganti elco" voltase 5v,3,3v,1,8v,9v,10v nya.

      Hapus
  86. Salam kenal.. bagus sekali sharingnya.

    Kebetulan saya sdg punya masalah dengan Head Unit Android 5.1 dengan layar ukuran 10.1 inch.

    Awal kerusakan terjadi ketika aki mobil drop ga bisa start. Screen HU hang ga bisa dimatikan. Sampai akhirnya mati setelah kabel power dicabut.

    Setelah itu layar touch screen dan tombol2nya tidak ada yg berfungsi. Utk on/off harus menggunakan tombol Reset.

    Kira2 bisa perbaiki ga? Saya udah otak-atik seminggu gada progress.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinn udah eror software nya atau OS nya jadi bisa di softwre ulang atau ganti Ic empeg/prosesor nya.

      Hapus
  87. Sugeng Siang om..saya punya HU merk Vidic tdk kluar gambar vidoenya klo pas nyetel USB/DVD/TV tp keluar tulisan "video is disable d for your safety"...buat kamera mundur sama muter MP3 masih bisa & keluar gambarnya...kira2 cara ngatasinya bagaimana ya om....mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari kabel di socket yg tulisan nya break/parking sambung ke ground.

      Hapus
  88. sore om.
    aq bisa tlp kah
    ini masalah doubeldin q yg ic gak keluar 4,2 volt nya
    atau ente sms/wa ke no q nanti aq yg tlp
    ni no q....08123208377

    saya tunggu om....matur tengkiuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan gak bisa membantu dengan cepat,silahkan di WA aja pasti di bantu tp gk bisa fast respon kendala di kerjaan

      Hapus
  89. Malam om mau tanya, double din cina saya suatu hari layar nya redup, ga lama beberapa hari kemudian layar nya mati, tapi mash ada suara, dan kalo dipencet du layar masih bisa, kira2 apanya om, mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam jga gan

      Masalah di back light lcd nya,bisa lampu nya atau ic driver nya,periksa bagian itu saja.

      Hapus
  90. Assalamu alaikum..maaf om mau tanya..HU saya merk audio blank
    Kalau di operasikan yang stabil bunyinya hanya fitur radio sedangkan fitur CD, USB FLASHDISK dan memori card hanya main sebentar saja..kemudian keluar lagi dari tampilannya,suara juga hilang..yang lain oke2 saja..jadi selama ini HU saya hanya bisa dengar Radio tok..soalnya itu aja yg bagus..mohon saranx kira2 parts apa yg rusak

    BalasHapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"