Cara perbaiki CD,mp3,Usb kenwood DPX-MP6110U PROTECH

Selamat malam pengunjung yg terhormat kali ini saya mau bahas tentang cara memperbaiki head unit kenwood type;DPX-MP6110U yg ter PROTECH..!  Disini terjadi nya protech karna bekas terkena air,entah terkena air AC atau memang sengaja di siram,.hehehe,..




Langsung saja kita menuju pokok pembahasan,
Kebetulan dapet bekas servican yg mungkin udah putus asa yg nyervice nya terus di kembaliin ke yg punya nya dan akhir nya di bawa ke tempat saya,karna udah gk ada IC suara,IC memory,dan IF tuner radio sudah di copot solderan nya,
yg menjadi kan proses pengerjaan smakin mudah karna yg di copot tadi smua biang kerok protech di merk ini.




Kita langsung fokus ke bagian Strum nya kita cek 1 per satu tegangan nya di smua kaki TR yg lagi BBB(baris ber baris) berjejer 4 biji.
dan setelah pengecekan ada kaki tengah TR paling pojok tidak ter aliri tegangan/strum di situ lah mulai curiga mungkin ada jalur yg putus di jalan alias tidak tersambung karna korosi air tadi,setelah pembersihan PCB bagian strum tadi dan pengecekan jalur sungguh perlu mata yg masih normal karna tak punya loop kaca, dan ternyata ada jalur yg terputus beneran nih ketemu.




Lihat yg di kasih tanda panah gambar di atas 12v ke kaki IC driver TR pojok tp ternyata IC driver nya jenis tempel atau SMD bhsa micro nya.
Jalur nya sanggat dekat si tp harus hati" proses penyolderan nya karna IC jenis SMD ini sama mata solder gedean mata solder nya tuh,..
Setelah di kasih jumperan biar gampang gak usah ngerokin pcb terus nyambung lagi agak ribet.dan akhirnya tersambung juga walau sedikit susah nyambung jumperan nya karna ya gede solder nya sama IC nya jadi harus hati" agar tidak nempel ke kaki IC yg lain nya.




Setelah Berhasil menyolder nya kita coba lagi untuk mengetes alias di ukur tegangan nya keluar nya berapa,.Ternyata 11v lebih dikit lah karna tester nya masih yg jarum jadi tidak bgtu tepat anggp aja 12v,




Dengan rasa penasaran di pasang mesin depan dan di nyalakan ternyata langsung keluar lah tulisan FREED ENJOYED dan keluar tulisan Standby Ternyata ini head unit bawaan mobil FREED dari HONDA.

Dan di coba pencet tombol SRC ternyata keluar lah MENU'' nya.

Langkah terakhir adalah Pasang lagi IC suara yg sudah di cabut tadi Dan IF tuner radio nya.





Catattan:
Kalau IF tuner di pasang dan kembali protech maka lepas aja IF tuner nya tidak usah di pasang,kalau tidak ada ganti nya soal nya beli nya jga susah.

Ya begitu lah sedikit pengetahuan semoga bermanfaat pagi para newbi di elektronik karna untuk yg sudah senior pasti gk kan lihat post ini karna udah lebih pinter,. hehehehehe,..

Jangan lupa juga tonton video dan subscribe di youtube,komen lebih cepat di balas di youtube,karena komentar di sini masuk pberitahuan di email.



Komentar

  1. Misi bos,ane punya kenwood dpx-mp6110u ga mau hidup.

    Awalnya hidup,tapi suaranya kadang ilang sendiri,sekarang unitnya tiba2 mati total ga mau nyala.mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam A JIMI

      silahkan untuk di bongkar dulu dari dasboard nya, lalu coba pegang belakang tape nya ada panas apa ngk,setelah itu cba cabut socket nya periksa strum di kabel merah sama kabel kuning ada strum ya apa tidak,dan jangan lupa priksa sikring yg nempel di deket socket nya, usahakan terlebih dahulu ada strum masuk di kabel kuning dan merah tersebut, kabel merah baru ada strum pada posisi kontak di ACC.

      kalau masalah awal dari suara ilang" biasa nya IC suara nya mati, saat socket di pasang kembali akan menyala sebentar dan mati lagi,karna protech di IC suara, silahkan ganti IC suara nya yg nempel di bodi tape.

      Hapus
    2. boleh minta no kontaknya jenengan mas adi?
      posisi jnengan mana ya?

      Hapus
    3. mas, unitnya klo dah panas ko mati sendiri ya dan ga mau standby.
      trima kasih

      Hapus
    4. kontak saya di email aja di blog bagian bawah ada email nya,posisi saya kerja nya di bandung,tepat nya di google maps aja cari "yudi audio car" nanti kliatan lokasi nya.


      kalau panas mati brrti IC regulator nya ada yg udah lemah, coba di nyalain aja tapi gk usah di tutup,cari IC regulatornya yg paling panas, kalau gk ya pake tester saja biar lebih detail nyari strum nya.

      Hapus
  2. Trimakasih gan adi.
    Klo pesan ic regulator sama ic suara bisa ga gan?

    BalasHapus
  3. Trimakasih gan adi.
    Klo pesan ic regulator sama ic suara bisa ga gan?

    BalasHapus
  4. misi gan...kenwood DPX-U5120 hidup stanby aja semua tumbul tidak fungsi, kenapa yea gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam gan BORNEO

      coba di cek smua tombolada yg macet gk,setelah itu cabut socket 10 mnit pasang kan lagi jika masih standby coba di reset saja, kalau di reset malah tidak mau nyala atau masih standby berrti ada voltase short biasa nya ada dioda atau transistor regulator nya mati.

      Hapus
    2. mksh gan adi..
      udh ketemu gejala nya slh satu tombolnya ada menyatu diukur pkai multitester padahal dipencet dr panel luarnya normal aja engga macet/lengket..engga duga jg doubledin kenwwod kerusakan tombolnya sperti itu.......

      Hapus
    3. sama" smoga bermanfaat.

      Hapus
  5. maaf gan adi mau nanya lagi...
    doubledin merk cina atau merk lainnya suara nya tidak ada , dicoba pakai ampli power output RCA tidak ada suara jg, itu dibagian mana kerusakannya biasanya....dan 1 kasus lg gan doubledin display layar tidak nyala / lampu penerangnya dicek tegangan lampu layar hilang atau down biasa kerusakan dibagian mana gan...klau yg lainnya normal semua layar sentuh masih fungsi cuma layar gelap aja...mksh !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang gk ada suara coba aja di cek strum ke IC suara nya 12v dan 10v ada masuk gk kalaua masih ada masuk strum 12 sama 10v brrti kerusakan pada IC suara nya yg nempel di belakag,atau pendorong nya yg biasa nya D3818

      Hapus
    2. klau smua nyala layar aja mati brrti lampu LCD nya klau gk inverter nya,di lihat aj kabel lmpu di blackligt nya.

      Hapus
    3. mksh gan penjelasannya.....

      Hapus
  6. mohon bantuannya mas Doubledin kenwood bawaan mobil New crv saya rusak...bagian mekanik dvd ada yang patah..sehingga cd nya ga bisa keluar masuk lagi..selain ganti head unit...apa solusinya mas thank..

    BalasHapus
  7. Dari pada ganti head unit mending di pake USB nya aja, pake usb di isi musik yg ada gambar, format video yg biasa terbaca kenwood pake usb .DAT .AVI .MPG .DivX kalau mau nyala lagi kaset ttep harus ganti mekanik, bekas nya aja 300 orang jual tergantung seri HU.

    BalasHapus
  8. tape mobil saya colokin flashdisk load terus kira kira apanya yang rusak bang mohon bantuanx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk tape nya apa? coba dulu pake flashdisk 4GB ke bawah, usahakan pake merk bagus paling gk sandisk.

      kalau masih gk mau mutar flasdisk brrti ada setrum short ke port USB nya atau mmng udah short empeg nya.

      Hapus
  9. Gan kalo punya saya mati semua display , nyala cuma led merah 1mnt an trus mati lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba masukan kaset atau colok usb mau star apgk,klaugkmaustar brrti masalh di IC regulator nya,dan coba colokan usb buat carge hp kalau gk mau nge carge brrti 5v nya yg hilang.

      Hapus
  10. Mas saya coba colok usb untuk putar mp3.. tp tulisanya N/A apa maksudnya? Type DPX-MP6110U. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. N/A brrti tidak ada file yg bisa di baca head unit/file corup, silahkan di format dulu flasdisk nya lalu isi kan hanya file .mp3 dan di pisahkan dengan folder, kalau masihgk mau baca coba ganti flasdisk, saran pake flasdisk 8gb ke bawah. dan saran mengunakan flasdisk yg bermerk minim sandisk.

      Hapus
    2. Trims mas sudah bisa terbaca.. flasdisk kebesaran ternyata. Dan minta di format ulang.

      Hapus
    3. Trims mas sudah bisa terbaca.. flasdisk kebesaran ternyata. Dan minta di format ulang.

      Hapus
    4. sama" gan terimakasih kembali.

      Hapus
  11. Persis punya ane gan, tiba2 mati dan type HU nya sama banget. Mau dong servis gan. Minta alamatnya dong. Nuhun

    BalasHapus
  12. Persis punya ane gan, tiba2 mati dan type HU nya sama banget. Mau dong servis gan. Minta alamatnya dong. Nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat nya :
      jl.panghegar No.4 mekar mulya,ciambo,ujung berung bandung, depan pom bensin cinambo. di maps google kliatan.

      Hapus
  13. Kenwood kdc-mp4533 ditambahin usb bisa gak boz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa boss,.. tinggal carikan setrum dari tape nya usahakn setrum 9v untuk led key, output nya masukan di aux,kalau gk ada pilihan aux di SRC ambil kan vcc yg ke radio matikan/putus setrum ke ic radio nya,dan ambil input yg ke radio di putus sambung ke output modul usb. sekrng modul usb udah ada radio nya.

      Hapus
  14. Kang adi HU saya oem mobilio kenwood ddx3035 tiba tiba semua tombol volume dan
    Yang lain tidak berfungsi sudah saya reset masih tetep kira kira problem apanya yak
    Klo toucscreen smua lancar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problem tombol ada yg ngunci nempel terus,walau secara fisik di pencet masih bunyi klik.harap periksa setiap tombol pkai avo meter.

      Hapus
  15. Malam om, saya lg bermasalah dgn HU DD sansui. HU hidup keluar suara tp layarnya redup dan lama2 mati dgn kondisi HU msh hidup. Mohon Solusinya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msalah di lampu blacklight nya, bisa driver bisa lampu yg ada di dlm lcd nya,perlu pemeriksaan lbih lanjut,biasa nya dri driver ada yg short jdi tdk kluar strum untuk suplay blacklight.

      Hapus
  16. Malam om, berhubung TDA7850 susah nyarinya, kalo saya akalin pake TDA7388 bisa gak ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan..klau kurang yakin letak kaki nya lihat datasheet kedua ic tersebut.

      Hapus
  17. malam kang, kenwood dpx mp7090u, mode protect,... kata temen saya kena ic regulator nya... beli dimana yah ic tsb... nuhun

    BalasHapus
  18. IC Kenwood DPX MP5110U punya mas.tip saya mati gk gk bisa nyala.ktanya icny

    BalasHapus
  19. Sore mas adi, kenwood ddx 515bt bawaan brv hanya muncul logo honda dan tulisan "Update Recovery Please Insert Valid USB Memory", saya bawa ke beres tetap gak bisa detect usb data, tapi power yg masuk usb sih ada krn led yg diflashdisk kedip2, mohon solusinya mas..nuhun

    BalasHapus
  20. Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    BalasHapus
  21. Mau tanya bang. Blootot apa belum ya type ini soal nya punya temen mau di jual ke saya.

    BalasHapus
  22. hu saya DPX-Mp6110u ada tulisan protect udah direset ttp gak mau ms pdhal if tuner udah dilepas tapi ttp gak mau ms tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau protech error program nya ada code kusus untuk menghilangkan protech

      Hapus
  23. DPX MP5110 mati bisa service mas?,...minta nmr wa nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cek dulu parah gak nya 089623000637

      Hapus
  24. Pak minta nmr wa nya

    BalasHapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"