TAPE MOBIL MATI TOTAL MEREK PIONEER DAN CARA MEMPERBAIKI NYA


                                         

                                       Selamat datang di blog dan halaman kami yang alah kadar nya dan tanpa suguhan makanan dan minuman apapun, karna disini hanya disuguhin tulisan dan gambar yg akan menambah kegiatan anda yaitu membaca!. tapi jangan beranjak pergi dari disini dulu ya,karna saya di sini akan membagikan pengalaman saya, yah bagi-bagi pengalaman ajalah kalau bagi-bagi duit masih belom mampu,.hhhaaa,..




Okey selamat malam (nulis nya masih malam) kalau yg baca nya lagi siang selamat siang yah,.
selamat beraktifitas dan selamat bersantai dan selamat-selamat yg lain nya.disini saya akan membagikan pengalaman saya yg berjudul TAPE MOBIL MATI TOTAL MEREK PIONEER DAN CARA MEMPERBAIKI NYA.




Bearawal dari cerita yg mungkin anda tidak mau membaca nya,tapi karna dari awal saya mau membagikan pengalaman saya jadi mohon untuk di baca ya,.soalnya saya udah susah-susah nulis nih,.hhhheee,.Tapi saya yakin pemirsa yg mampir disini adalah orang-orang yg rajin dan pekerja keras,bukti nya mampir disini biarpun jauh-jauh dari tempat saya nulis ini,hhhaaa,..




Sipp langsung sajalah gk usah banyak dongeng udah tua gk butuh dongeng lagi cuman butuh dana.
Disini saya akan membahas tentang TAPE MOBIL MATI TOTAL MEREK PIONEER DAN CARA MEMPERBAIKI NYA,
karna nomer seri nya saya lupa nyatet,saya kasih spek nya aja disini :

Merk : Pioneer
Jenis : CD,mp3,Usb(colokan usb di belakang pake kabel)
Warna : Coklat ke hitaman
Kerusakan : Mati total.


HU diterima dalam kondisi mati total yang punya nya bilang tape mati total mau di service dan pinjam tape saya pioneer juga cd,mp3 aja belom ada buat colok usb nya
akhir nya saya pasang di mobilnya tape saya dan saya janjikan 3 hari beres dan yg punya bilang mau di ambil dlm 3 hari,ternyata eh ternyata di tungguin gk ada muncultuh yg punya nya mana tape saya di pake dan gk ada kabar nya sampai post ini di terbit kan,(kaya berita aja ya?).




Tapi gk apalah saya dapet tape lebih bagus karna sudah ada buat colok usb nya,jadi sebenernya yang punya tape yg rugi,buat pengalaman para pembaca kalau kiranya nyervice barang" anda rajin-rajin lah nanyain perkembangan nya dan ambilah barang anda demi kebaikan bersama ya,.
BerandaSetelah saya diemin lama HU itu karna saya mengira IC regulator nya yg mati/short,soalnya kalau kena IC nya lumayan susah dan mahal untuk HU bermerk,setelah saya pertimbang kan untuk menghidupkan yang sudah mati,(HU bukan nyawa,kalau nyawa saya nyerah) dan saya bongkar semua isi HU Pioneer cd,mp3,usb ini dan saya bersihkan kotoran,debu yang menempel biasa udah lama di tumpuk,lalu saya periksa bagian pcb main nya karna kalau mati total merk Pioneer ini yang masalah di Pcb main nya bukan di pcb board depan.




Setelah saya periksadengan seksama dan teliti sedetail-detail nya tidak ada di jumpai komponen yg mencurigakan bentuk fisiknya, dlm hati paling emang ic nya yang mati,terus saya lanjut kan memeriksa komponen dengan bantuan pendeteksi kematian disebut juga TESTER hhheee,..banyak juga bilan AVO METER itu si terserah anda mau namain apa alat itu gk ada masalah buat saya hhee,.

Di tes satu persatu komponen yg bisa di tes pake tester mulai dari transistor,dioda,elco,resistor cuman IC yg gk saya tes pake tester soalnya kaki IC itu banyak jadi bingung mau nester nya hhhaaa,.masih
dengan rasa penasaran yg tinggi saya aliri setrum di kabel socket nya saya tempel kepala tape(kepala tape bisa di lepas) dan saya coba pencet tombol power tetap saja tidak ada perubahan sama sekali,periksa setrum 12v normal masuk ke IC regulator,outpun 5v regulator keluar normal 9v belom nyala,(9v untuk lampu tombol baru nyala kalau ic control udah bisa nyala).




Dan saya berfikir kalau gk bisa nyala berrti control nya eror,saya periksa di pin IC control yg harus nya ada suplay masuk 5v dan yg di gabung untuk suplay menghidupkan regulator 5v untuk colokan USB juga belom ada tanda-tanda kehidupan,dan saya cek lagi di bagian Transistor yg berjejer 2 3 sama IC regulator utama untuk suplay ke empeg bentuk nya kaya transistor kaki nya 4 biji.Di antara
2 transistor saya cek kaki-kaki nya saya samain antara transistor sebelah nya ternyata ada perbedaan keluaran output yang hanya terdeteksi di tester cuman 2v seharus nya transistor swich ini edeal nya (input10-12v) (swich 5-9v) dan (output 9-11v),dan saya lepas setrum kembali cek ternyata tadi ada yg kelewat dioda belom ke cek karna betuk nya kecil dan letak nya juga gk menonjol dan saya cek dioda di dekat transistor memang short ke ground masih penasaran saya cabut kaki sebelah dioda dan di cek bolak balik memang benar" dioda ini sudah short.

Ketemu juga akhir nya penyebab kematian si HU ini,cuma karna dioda mati satu biji jadi tape mati total dan gk bisa di operasikan sebagaimana mesti nya fungsi sebagai tape di mobil (smua juga kalau mati gk ada fungsi nya kali).

Setelah saya lihat label di dioda zener tersebut ternyata dioda zener 5,3v karna gkpunya stok yg sama
saya ganti dengan dioda 5,1v yg ada di manfaatin aja.




Setelah di pasang dioda pengganti dan diperiksalagi kali ada bekas solderan yg nempel tidak si tempat seharus nya saya coba kembal pasang kepala tape dan saya masukin setrum langsung lah bunyi tiitt,.baru juga di kasih setrum udah keluar bunyi hatipun riang,pencet tombol power dan baryyy,.. keluar tulisan compact disk pioneer dll, intinya tampilan demo keluar,dan pencet tombol src keluar lah FM radio.









Hiduplah bangsa ku,negri ku smua nya pokok nya jadi hidup dehh,..

Kesimpulan artikel kali ini :

Penyebab mati nya tape mobil / HU Pioneer kali ini cuma,
gara-gara dioda zener untuk swich transistor yang udah short/is dead.
Diganti dioda langsung menyala normal kembali tanpa ada hambatan
di jalan,suara normal,tombol,kaset,radio,usb pun normal kembali.

Jangan pernah terpaku pada satu persoalan/masalah karna masalah yang ada di dunia ini sanggat lah
banyak dan harus lah mengetahui masalah itu,pahamilah dan cari lah solusi.

Jadi penyebab mati totalnya tape merk pioneer itu tidak hanya karna dioda satu yang mati saja,bisa
juga hanya resistor satu yang mati,jadi belajar lah mengetahui akar dari masalah yang sedang kita
coba untuk memperbaiki nya.

Terima kasih untuk kunjungan anda apa bila ada kata dan tulisan yang tidak berkenan atau tidak di mengerti oleh anda mohon dimaklumi dan jangan lupa untuk datang kembali di halaman-halaman
saya ini dan saya akan membagikan smua pengalaman tentang service tape mobil/HU di blog ini.

Komentar

  1. System tombol off tape pioneer 1 din gmn gan klo mo g dinyalaiin, punya saya ko on trs

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya gmna nih..😇mau matiin tape mksud nya? Tekan terus tombol SRC/source. Kalau lampu masih nyala tekan tombol disp/display.mati semua..

      Hapus
  2. Sdh gan tp msh ttp apa tombolnya sdh putus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja tes tombol nya pencet sebentar" masih pindah " ngk source nya. Midal pencet sekali radio prncet lagi cd atau aux atau usb. Kalau kalau gk pindah brrti tombol nya yg eror atau jalur tombol nya.

      Hapus
  3. Sip mas trnyt ada putus cable ke src,
    Sm mo nany lg mas :
    1. Klo pke usb putar lagu blm hbs kok loncat lagu brikutny ya
    2. Cabel biru untuk apa ya
    3. Putar radio kok g dpt snyal ya pdhl sdh pkai antena pnjang

    BalasHapus
  4. 1.bisa jadi file nya emng cuma separo atau bisa jga flasdisck. Nya yg error coba reset tape nya dan format dlu flashdisck ny.
    2.kabel biru untuk setrum atena.
    Biru garis putih untuk remote power.jngn terbalik.
    3.coba di gnti fm1 fm2 fm3 klau semua gk ada nangkep sinyal kemungkinan mati ic radio. Ic radio kalau hidup panas. Kalau panas banget atau dingin brrti mati.

    BalasHapus
  5. Yg kabel biru berarti g da hubungannya dg antena radio ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk ada klau pke antena radio biasa.klau antena radio ada booster dan butuh setrum baru kabel biru sambung ke kabel setrum booster antena

      Hapus
  6. Sama ic radio pionerr pake socket atau langsung ic disolder di pcbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tape mobil gak ada ic model socket smua langsung solder dan untuk pioner udah pasti ic jenis SMD.

      Hapus
  7. Mas bisa dikasih langkah2 detailnya setting radio pioner ni msh blm dpt sinyal,anten sdh sy pasang ke tape lain bisa dpt sinyal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah nya ya bongkar tape cabut ic radio nya ganti dgn yg nmer sama ic radio di deket socket antena radio.

      Hapus
  8. Om kalo pioneer sy....display nya cuma tampil BEQ aja...pencet sana sini gak ada perubahan...radio dapet tp samar2...mohon pencerahan nya thx ya Om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pioneer seri brpa? Cba cbut kpla nya dlu bersihin tpmbol" dan pin"..

      Hapus
    2. Maaf Om... Clarion sy salah ketik...tipe nya gak tau jg....masuk CD gak bs jg...cuma lampu aja nyala...display cuma BEQ kecil dbawah...mesti service kl y Om

      Hapus
    3. Sdh beres Om...cuma di reset pake jarum...thx ya Om

      Hapus
  9. dimana tempat service toskrin pioneer daerah depok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cba hubungi ini :
      Alamat: Jl. Margonda Raya Pertokoan Auto Parts Ramanda Blok B 1-2-3 Depok Jawa Barat.

      Telp: (021) 92900284
      Hp: 087-87-551-7070

      Hapus
  10. om bisa servis kenwood double din mati total?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di cek dlu kalau blom kena empeg nya masih bisa.

      Hapus
    2. empeg nya apa om?ada bengke sekitaran jakarta gak om?

      Hapus
    3. Empeg ic programer ic utama nya.
      Bengkel jkarta di taman puring tangerang cimoney.

      Hapus
  11. Gan mw tanya ni ane punya HU doble diin merk pioneer, setelah kontak mobil di hidupkan HU hidup normal tapi ga lama kemudian mati total, ane off in kontak dan di on in lg kontak hidup normal lagi tp ya ga lama kmudian matot lg, mohon pencerahan nya gan tks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu pemeriksaan lebih lanjut. Ada komponen klau panas short atau putus. Di nyalain posisi di bongkar. Cari komponen yg mencurigakan dengan bantuan multi tester. Saran bawa ke tukang service.klau masih baru msalah elektronik.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Fungsi 3 transistor a1757 pada head unit matsushita toyota sebagai saklar apa sebagai transistor power switching gan?,klo punya skema nya boleh minta gan?, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma transistor power swiching. Jarang mati nya. Kcuali konslet parah. Kalau skema gk ada gan..

      Hapus
  14. Mas sy punya HU skeleton tipenya kurang tau tiba2 gak bisa hidup. Gejala2 sblm matol ,klo tekan tombol on/off ( dlm posisi off ) lama baru hidup, trus kmrinnya niat mau putar musik lg tp sdh tdk bisa hidup. Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti dlu elko" nya gan. Pilih yg gede" aja yg d ganti. Kalau masih tdk mau star jga brrti ada ic regulator yg udah gk kuat ngeluarin setrum atau resistor putus bongkar saja dlu di tes setrum" yg drop. Biasa di pcb nya udah ada tulisan brpa vol nya per jalur kalau merk itu.

      Hapus
  15. Mas adi salam kenal ini saya ad tape lama kenwood krc187 mslh display gk mau nyala tegangan yg masuk di panel soket dpn gk ketemu 9v.nya trus sya cba jemper 9 ke panel soket yg hidup cuma lampu.nya sja tombol sma display gk fungsi kira" apanya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam

      Itu program blom bekerja,periksa 5v ke program dan ke tombol. Periksa jga tombol nya pastikan gk ada yg udah nempel trus/neken terus.

      Hapus
    2. Mas sy py HU nakamichi remote nyala Terus mohon solusinya

      Hapus
  16. Om, headunit Kenwood saya di display'a kluar tulisan update recovery..
    Ngatasi masalah'a gmna yaa?
    Mohon pencerahan..

    BalasHapus
  17. Firmware nya eror,coba di upgrade cari www2.jvckenwood.com/cs/ce/

    BalasHapus
  18. Kang adi mau nanya 2 din pioneer 3450 layar mati yg lain ok, pas dinyalain layar nyala cuma 1 detik trus gelap mohon pencerahan

    BalasHapus
  19. Kang adi mau nanya 2 din pioneer 3450 layar mati yg lain ok, pas dinyalain layar nyala cuma 1 detik trus gelap mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di reset atau cabut socket dlu. kalau masih tetep cuma hidup satu menit,brrti driver/inverter lampu blacklight lemah.atau lampu blacklight yg udah ada yg mati.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Bang Adi... Kalo lampu backlight mati sperti itu gmn solusinya bang? Apakah ada yg diganti atau gmn? Mohon pencerahnnya. Maaf sy ijin komen disini mumpung keluhan HU milik sy sama. 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

      Hapus
  20. Udah saya bongkar kang adi ic tda 7706 panas trus saya copot masih gitu, klo inverter backlight yg mana yah kang? Maklum baru belajar, saya mau servis ke kang adi klo saya ga bisa, kira 2 estimasi harganya berapa yah?

    BalasHapus
  21. mau tanya kang, saya ada head unit cina, mulanya kadang hidup kadang mati, dan sekarang mati total, setelah saya cek, di dekat dioda zener sekitar colokan power, ada fuse 1 yang terbakar, kira kira kerusakannya apa ya yang menyebabkan fuse tersebut terbakar, maaf masih awam.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Mlm om, sy pny Hu mrz, klo pencet tombol volume indikatornya di layar tidak muncul, gmn cr perbaikinya om..trimakasih

    BalasHapus
  24. maaf gan kalo 2din merk china kalo sdh nyala 5 menit/10 menit tiba2 suara hilang apanya gan? kalo awal2 dinyalain sura keluar normal tapi kalo agak lama dinyalain suara hilang

    BalasHapus
  25. mas kalau single din ga keluar suara kira2 apanya yg kena ya? kemarin abis ganti ic tda7388, tapi tetep ga ada suaranya

    BalasHapus
  26. maaf mas numpang tanya. kalau jalur strum tape mbl biasa nya di pcb tulisan nya apa ya..di sini ada tlsn acc.batt.gnd.tu+b.nc yang mana yang harus di smbgkan ya..

    BalasHapus
  27. maaf bos numpang tanya alamat rumahnya di mana tape saya rusak mati total

    BalasHapus
  28. Maaf gan mau tanya dikit nih saya punya 2 din pioner maxtrik mati total kira"apa nya ya sudah di cek ulang tapi belum nemu titik yerang nya..ya itung"bagi"pengalaman aja😂😂

    BalasHapus
  29. Mas mau tanya kenapa tape jvc Kenwood single Din matot
    Sudah di cabut IC suara
    Di cek dari IC regulator outputnya cuma 3volt

    BalasHapus
  30. Om .. klo kabel remot gk fungsi kira" rusak nya bagian mana ya ..??

    BalasHapus
  31. Om tape pioneer sy tiba2 ga bisa nyala,itu knp ya udh di cek semua sekringx ga ada mslh

    BalasHapus
  32. Tape mobil pioneer sy mati setelah colok charger hp itu knp ya om

    BalasHapus
  33. Gan.. mohon bantuannya, tape mobil Pioneer TYPE DEH-3050UB, kalo pagi bisa nyala.. namun selang 1 menit displaynya langsung mati dan tombol2 tidak berfungsi.. setelah di cabut panel HU.. dipasang lagi, tidak mau nyala.. kira2 masalahnya ada dimana ya ? Apa ada pengaruh kalo matiin mesin mobil suka lupa matiin tapenya.. terimakasih

    BalasHapus
  34. Mas tombol on nya pada tape mobil pioner keh-p4025 yg mana y

    BalasHapus
  35. Kang adi, saya punya HU AVH-X1750DVD Pioneer mati total, kalau diperbaiki dimana ya.tolong infonya dong.

    BalasHapus
  36. Gini nich, seorang teknisi yg seharusnya...., saya suka rasa penasarannya mas bro, bikin kita semangat untuk mencari suatu masalah. Tetap semangat mas bro..,

    BalasHapus
  37. Kalau mau service bagaimana ya dan dmn ?? Tape punya Saya terbuka pada bagian layarnya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://youtube.com/@Adiaudio?feature=shared

      Hapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"