Service tape mobil JVC,CD,MP3 yang Protect type:KD-R326M

        Seringkali masalah terjadi pada head unit Player di mobil anda,terutama yang banyak sekali saya jumpai adalah merk JVC,cd,mp3 dimna display nya muncul tulisan PROTECH,kalau masalah ini terjadi solusi nya sangat mudah,karna terjadi nya protech di head unit ini di sebabkan kelebihan/kekurangan arus yang mensuplay,yang mana head unit ini membutuh kan arus DC 12v-14v.







Solusi utama nya adalah me reset head unit tersebut,dengan membuka bagian depan head unit,maka disitu anda akan menemukan tombol RESET,dan hanya menekan tombol terseut maka akan menyala normal kembali seperti semula.




Dan ketika terjadi kerusakan yang lebih rumit.

Saat display menunjukan tulisan CECK WIRING INSTLASI
itu terjadi karena kerusakan pada ic eporm nya.

Langkah'' memperbaiki nya sbb :

1. Lepaskan Head unit/tape dari mobil anda dengan socket kabel" nya
2. Buka lah penutup seng bagian bawah
3. Periksa lah IC eporm(IC kecil 8 pin kanan kiri) letak nya di PCB bagian depan kanan.

Nah karena IC tersebut sangat kecil dan jarang di temukan maka kita akan susah untuk mencari ganti nya
yang anda lakukan hanya lah men copot IC tersebut dan rapihkan kembali bekas solderan nya jangan sampai ada yang menempel,setelah itu pasang kembali penutup seng nya,dan anda coba nyalakan kembali,pasti berhasil.


          



jika anda masih kurang paham dengan cara di atas anda bisa menghubungi saya langsung di email ADMIN.



Salam sukses selalu.


Mau download softwarepsr klik disini


Komentar

  1. malam gan mau tanya tape mobil saya jvc powernya berfungsi tp tombol2 yg lain ga berfungsi padahal suda di reset tp tetap ga berfungsi juga kira2 apa permasalshannya gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan baru bsa lg on,soal nya sbuk di darat, untuk JVC yg protech biasa nya terprotech dari IC suara TOSHIBA TB2926 nya coba di cabut dulu dari head unit dari mobil,dan di tes pake adaptor 12v, klau normal brrti ada speaker atau kabel yg konslet. kalau masih protech coba di pegang pendingin di belkng tape nya,kalau dingin dan ngk panas/anget berrti IC nya udah mati gan,.

      Hapus
  2. dvd merk DiViQ eror cuma keluar tulisan MUTE TEL...kira kira apanya bang...udah tak riset tetep aja gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam gan bang ANANG untuk merk nya itu ViDiQ apa emang DiViQ itu jenis nya reel apa yg celengan(kaset langsung masuk tnpa di buka) silahkan di coba masukin kaset dulu mau nyala norma gak,biasa nya kendala di key pad nya silah kan di priksa dulu key pad nya satu per satu..

      Hapus
  3. Halo mas adi. Saya mengalami hal serupa pada headunit mobil saya. Tetapi setelah saya reset beberapa kali fungsi resetnya tidak berfungsi lagi.dan hingga sekarang masih dalam kondisi PROTECT . Mohon bantuannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali Mas AURIGA untuk merk nya itu sama kenwood? kalau iya maka langkah nya harus di bongkar dulu dari mobil,protech di kenwood ada 3 permasalahan biasa nya ada VCC yg drop,IC suara konslet(karna menyalakn head unit volume tinggi),konslet terkena cairan yg mengakibat kn jalur putus. silahkn di copot dulu IC suara sama TUNER radio nya.kalau masih protech brrti ada VCC(strum) drop.Kalau masalah strum drop agak rumit soal nya harus mencari strum yg drop nya dalam head unit kenwood ada (9v,3v,12v,dan 5v)yg harus normal..smoga membantu,..

      Hapus
  4. Malam gan..
    Mau tanya...
    Speaker mobil saya kok hany bagian depan yg bunyi..
    Bagian belakang kadang mati kadang suaranya hanya kresek - kresek doang..
    Minta pencerahannya ya gan..
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga Gan Chandra,.
      Silahkan di head unit nya di ubah Fader nya ke (R) REAR jadi bagian depan akan mati dan harus nya belakang yg nyala. langkah selanjut nya bongkar speaker bagian belakang nya.jangan dulu lepas kabel nya coba tekan - tekan daun speaker nya.kalau kadang nyala kadang gk brrti kabel kumis kucing di speaker nya putus. paling gampang ya coba ganti dengn speaker yg baru.kalau setelah di ganti speaker baru tetep tidak nyala maka yg masalah kabel instalasi ke speaker nya. skoga membantu.

      Hapus
  5. Maaf gan,,ane mau nanya kalau daya JVC KD-R326M2 apa support dengan 24 volt?thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Vltase head unit smua mengunakan 12v gan kalau yg mobil aki dobel dia pasti ada kabel 12v kusus ke head unit,yg di ambil dari jumper antara kedua aki. kecuali power,kalau power ada yg 24v,biasa nya harga nya jga lumayan mahal..

      Hapus
    2. Malem mas,,,
      Mas saya mau minta tolong, barusan saya benerin audio di mbl,, cd player saya pake JVC,, saya haya benerin sambung kabel2 audionya, di sambung lagi ke speaker2 nya, pertama normal dan baik2 saja, ga lama (10menit) tiba2 lcd d playernya mati, tapi semua tobol berfungsi baik, hanya saja saya ga bisa liat, judul2 lagu, settingan2, (gara2 display nya mati)
      itu gimana solusinya???
      Terus kenapa LCD playernya mati, apa penyebabnya??
      Mohon d bantu,,

      Hapus
    3. Malem juga mas Firman

      silah kan di cek lagi kabel yg di socket nya,pastikan kabel warna : biru,biru/putih dan orange/putih tidak nempel ground/body tape atau sasis mobil.
      pertanyaan nya apa mati nya terus menerus,atau kadang nyala dan terulang stiap 10 menit mati?
      -jika stiap di cabut kabel di pasang lagi sempat nyala dan 10 mnit kemudian mati, itu dari pengaturan display nya on, silahkan di lihat di menu saat lampu nya nyala.
      -jika mati nya permanen,ada dua kemungkinan
      1.tegangan 9 volt ke display ilang, silahkan bongkar tip dan cari tulisan 9v yg arah nya ke panel depan,dan ukur dengan tester,dalam kondisi smua kabel strum tersambung dan suara musik sedang berjalan.jika 9v ilang maka ic/tr 9v short dan harus di ganti.

      Hapus
  6. Salam kenal gan........
    Tape ane jvc modelKD-DV5506H masalah pada tombol2 bagian depan g fungsi.cuman kalau pake remotnya bisa.... mohon pencerahan gan..... trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Gan LUDY
      silah kan bongkar panel depan dan ukur tombol" nya,jika pada waktu tombol di tester kaki tombol" nya jarum tester nya sampe mentok itu yg menjadi masalah nya, terutama pada tombol next dan forward dan tombol power,itu yang sering nyebelin,yg lain jarang gan,.
      karna tombol jenis itu susah di pasaran,saya aja udah nyari dari glodok sampe bandung,gk nemu yg sama kaya itu gan,. solusi nya panasin kaki tombol yg di tes mentok tadi,maka akan copot bagian atas nya,dan pasang lagi seperti semula dengan di tempel pake solasi bening saja,yg penting gk geser" saat di pencet",perlu hati,karna ada seng d dlm nya jgn sampe ilang,nanti malah gk berfungsi tombol nya.

      stiap tombol kalau di tester tidak ada yg nyambung sampe mentok jarum tester nya,paling 1/4 atau 1/2 kecuali kalau sambil di pencet tombol nya.

      Hapus
  7. Siang saya riswan ,gini gan kalo saya masukkan kaset mp3 keteap mobil muncul tulisan eror,teapnya masih bawaan innova tipe g,mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam mas Riswan
      solusi nya andan harus menyebutkan inova tahun berapa? hehehe,.
      soal nya stiap beda tahun beda" tape ori nya, tapi gk masalah lah,

      gini gan silahkan anda perhatikan tulisan" di tip itu sudah ada tulisan MP3 apa masih cuma ada tulisan CD atau COMPACT DISC aja, soal nya kalau yg belum ada tulisan MP3 di tape nya itu di pastikan tidak bisa muter kaset mp3,vcd,dvd. hanya bisa mutar kaset CD atau Compact disc saja gan.yg lain dia gk bisa,kadang bisa juga muter aj gk ada suara nya.

      -nah kalau udah ada tulisan MP3 di tip nya,tapi kaset MP3 tidak bisa ke baca atau eror itu karna optic udah kotor. biasa pada tape ori mobil tahun 2006 ke bawah,solusi nya silahkan bongkar aja mekanik kaset nya dan bersih kan optic pake cotton bat.

      Hapus
  8. Mas mintak bantuanya kalau di display kenwood setelah masukan vcd keluar E-05 itu masalah nya apaya, trus cara perbaikinya gimana.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mas UNKNOWN silahkan kasih nama nya kalau komen,biar enak manggil nya hehehe,.

      Silahkan anda lihat tulisan" di tape nya udah ada tulisan vcd atau dvd ap belum? kalau masih MP3 atau Compact disc gk bisa mutar kaset VCD. terpaksa anda harus beli kaset yg MP3 dan CD selama anda belum ganti tape nya yg DVD hehehe,.

      Hapus
  9. Mas mintak bantuanya kalau di display kenwood setelah masukan vcd keluar E-05 itu masalah nya apaya, trus cara perbaikinya gimana.makasih

    BalasHapus
  10. Mas mintak bantuanya kalau di display kenwood setelah masukan vcd keluar E-05 itu masalah nya apaya, trus cara perbaikinya gimana.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti pake CD/Mp3 jangan pke VCD.

      Hapus
  11. ic udah saya cabut rapihhh tp masih reset / cek kabel wiring mohon pencrahan kang????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kang PPK Jatisari
      kalau begitu anda harus siap" waspada pada component kecil" tester smua bagian strum cari 5v dan 3,5v arah ke ic Program IC kotak kecil/smd yg kaki nya banyak itu.
      biasa nya 5v ke program nya short.sering terjadi kerusakan di bagian rangkaian strum nya,kalau yg mengunakan IC strum dengan Kode BAxxx ganti dulu IC BA tersebut.pastikan ada 3,5v dan 5v ke ic program.kalau strum ada smua tp masih protech brrti ic program nya udah kena. mending beli tape lagi dari pada nyari ic program nya,soal nya susah di pasaran.

      [usahakan ic suara dan ic eprom di copot aja dulu]

      Hapus
  12. Siang mas adi.. mau tanya donk ni tape mobil ane jvc kd-r306 bagiam tombol putar untuk set volumenya rusak? Apakah bisa diperbaiki? Fungsi lain normal. Hanya tidak bisa set volume suara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga UNKNOWN
      tentu bisa kalau mau usaha hehehe,. silah bongkar aja potensio nya[bongkar potensio nya bukan hanya di cabut]
      bagian bawah potensio ada seng yg cepit nya itu lurusin smua 4 penjepit di bagian bawah potensio.setelah kebuka [jangan sampe pada ilang seng" yg di dlm potensi] bersihkan pake tinner sikat pake sikat gigi apa koas,setelah di pastikan bersih pasang sperti semula dan jepit kan lagi seng yg di luruskan tadi,dan pasang lagi potensio ke PCB nya, kalau gk jalan juga lebih baik ganti aja potensio nya banyak di pasaran sekitar 15.000 yg jenis plastic.klau yg almunium sekitar 20.000an.

      Hapus
  13. Siang mas adi.. mau tanya donk ni tape mobil ane jvc kd-r306 bagiam tombol putar untuk set volumenya rusak? Apakah bisa diperbaiki? Fungsi lain normal. Hanya tidak bisa set volume suara

    BalasHapus
  14. Siang mas adi.. mau tanya donk ni tape mobil ane jvc kd-r306 bagiam tombol putar untuk set volumenya rusak? Apakah bisa diperbaiki? Fungsi lain normal. Hanya tidak bisa set volume suara

    BalasHapus
  15. Malam gan,
    tape saya awalnya nyala, tapi tombol ga ada respon kalau dipencet. Trs saya coba lepas head dan di reset skrg malah mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,. memang menyebal kan itu gan,.
      tapi gak usah risau bongkar aja bagian depan nya cari tombol yg udah ngonci[mencet terus/gk balik lagi kalau di pencet] kalau kira nya tombol yg gk penting misal tombol BAND atau tombol MUTE cabut aja gk usah di pasang lagi,tapi kalau tombol yg ngunci itu tombol NEXT,POWER/SOURCE atau FORWARD ya terpaksa di ganti gan,.

      Hapus
  16. Gan tape kenwood saya eror pas dimasukin usb tulisan cunan reading terus, solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. erornya usb nya aja apa sama kaset nya?

      kalau usb nya aja coba ganti usb lain dulu dan pastikan isi usb nya pake file MP3 bukan yg lain,. hehe,.

      kalau masih gk nyala juga berrti mpeg tidak bekerja,mpeg tidak beker bisa karena gk ada tegangan/strum masuk
      bisa juga IC mpeg short.coba aja buat nge carger hp masih bisa ap gk kalau gk brrti strum 5v nya mati.

      Hapus
  17. Mlm gan...tape mbil sy br mngalami protech..smpe saat ini(bbrpa jam) msh lum bs aktif lg..untuk jenis tape dan merk nya sesuai dengan gmbar di atas..
    Trima ksih gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga gan
      kalau sama sperti di atas silahkan di coba dlu sperti cara" di atas gan,.

      kalau protech nya pada kondisi volume normal atau kecil,biasa nya tr atau ic strum nya short.

      Hapus
  18. pagi gan, saya punya head unit jvc kw-xr416s saat nyala semua tombol tidak fungsi dan kecuali volume, tapi 5 menit langsung hang..sudah saya reset tp tetap sama...mohon pencerahannya.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silah kan simak dan ikuti jawaban yg buat mas LUDY di atas gan,.

      Hapus
  19. Malam gan....masih kasus yg sama gan....protect kenwood...kalau head dilepas, ic tuner dan ic power supply nya dingin. Tapi kalo hednya dipasang ic tadi jadi panas.....apa ic suara di headnya itu rusak gan? Trus misal ganti ic...apakah sparepartnya di jual ditoko umum....trim banyak gan sharenya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam juga gan,.
      itu kemungkinan besar dari TUNER FM nya gan,. kecuali IC suara nya panas sekali walaupun gk dapasng speaker,brrti IC suara yg short, silahkan di cabut dulu TUNER FM nya terlebih dahulu baru IC suara, untuk spare part FM TUNER yg bentuk nya udah MODUL FM TUNER gk ada yg jual tapi kalau yg IC tuner nya nempel langsung di PCB main board ada di pasaran, Untuk IC suara nya toko" elektronic kecil tidak ada Karna IC suara nya beda sama IC IC suara tape rumahan,harus di toko" besar baru ada. contoh tempat yg khusus elektronik kaya di glodog jakarta.

      Hapus
  20. Gan JVC KD-R326M2 saya kok g konek ya jalur ke power amp buat subwoofer?? sw ga ada suaranya
    Knp ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan dulu di setingan menu nya gan di menu lalu cari Audio disitu ada pengaturan REAR atau SW pilih REAR,kalau masih gk keluar juga brrti ic ke RCA mati/short IC nya jenis SMD jadi kecil banget, mending pake converter audio aja jadi ke power amp lewat kabel speaker keluaran head unit.

      Hapus
  21. Maaf gan mau tanya kalo tip mobil gak bisa baca usb apa yang rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tape nya merek apa gan?
      kaset nya jalan gk?
      kalau kaset jalan usb gk jalan,langkah pertama pake usb yg lain dulu usahakan format dulu usb nya lalu isi file MP3.

      Hapus
  22. Malem mas,,,
    Mas saya mau minta tolong, barusan saya benerin audio di mbl,, cd player saya pake JVC,, saya haya benerin sambung kabel2 audionya, di sambung lagi ke speaker2 nya, pertama normal dan baik2 saja, ga lama (10menit) tiba2 lcd d playernya mati, tapi semua tobol berfungsi baik, hanya saja saya ga bisa liat, judul2 lagu, settingan2, (gara2 display nya mati)
    itu gimana solusinya???
    Terus kenapa LCD playernya mati, apa penyebabnya??
    Mohon d bantu,,

    BalasHapus
  23. Malem juga mas Firman

    silah kan di cek lagi kabel yg di socket nya,pastikan kabel warna : biru,biru/putih dan orange/putih tidak nempel ground/body tape atau sasis mobil.
    pertanyaan nya apa mati nya terus menerus,atau kadang nyala dan terulang stiap 10 menit mati?
    -jika stiap di cabut kabel di pasang lagi sempat nyala dan 10 mnit kemudian mati, itu dari pengaturan display nya on, silahkan di lihat di menu saat lampu nya nyala.
    -jika mati nya permanen,ada dua kemungkinan
    1.tegangan 9 volt ke display ilang, silahkan bongkar tip dan cari tulisan 9v yg arah nya ke panel depan,dan ukur dengan tester,dalam kondisi smua kabel strum tersambung dan suara musik sedang berjalan.jika 9v ilang maka ic/tr 9v short dan harus di ganti.

    BalasHapus
  24. gan cara mereset tape jvc type kw-xr416 gmn ya gan saya kok g paham dg gambar (search 3) mohon petunjuknya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan lihat di sebelah kanan deket potensio volume di situ ada lubang kecil,itu lah tombol reset nya gan,silahkan di pencet aja dengan bantuan lidi atau apa yg kecil lah.

      Hapus
  25. Malam Pak adi saya mau tanya saya kan beli mobil KIA bekas. Tapi CD Tape Radionya tidak mau hidup normal layaknya Tape pada umumnya. Nah yg sekarg saya Alami Cd Tape OEM KIA hanya lampu LCD nya dan lampu tombolnya saja yg nyala tetapi tanpa ada tulisan di monitor. Dan juga klo saya masukan CD normal CD bisa ketarik dan bisa keluar lagi. Tombol reset pun sudah saya coba tetapi masih sama saja klo di tekan tombol hanya terdengan mesin didalamnya berkerja . Mohon pencerahannya ya Pak. Terima kasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang bpk AZIZ

      untuk sekedar pencerahan silah kan pencet" smua tombol apa tombolmasih bagus smua atau ada yg macet,kalau ada salah satu tombol ada yg macet kemungkinan tombol ngonci,

      kemungkinan kedua silah kan di copot dulu tip nya dan periksaapa smua kabel tersambung smua, terutama kabel strum langsung,kabel acc/kontak tes kabel dua itu dan pastikan teraliri strum 12v. pastikanjuga kabel massa tersambung. soal nya kalau tip OEM lampu panel dan lampu tombol ada kabel sendiri di socket. bisa jadi karna yg tersambung strum nya hanya ke kabel lampu saja.

      Hapus
  26. Malam mas Adi.
    mau tanya knp tape di head unit sya ketika diplay, akan bolak-ik mencari ke side A dan B terus menerus ya? makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang mas SUNARTA

      Mungkin maksud anda head unit nya masih mengunakan kaset pita biasa? kalau iya berrti kerusakan pada mekanik kaset nya karna sudah terlalu lama plat" mekanik ada yg sudah mleot, coba saja di copot mekanik nya dan bersih kan sebersih mungkin,smua bagian mekanik termasuk karet"nya, tapi jangan di bongkar mekaniknya soalya kalau udah di bongkar susah dipasang lagi untuk kembali normal, kecuali sudah ada mekanik cadangan yg sama.

      Hapus
  27. Misi Master, mau tanya kalau tape mobil luxio dinyalain cuma jamnya aja yang nyala itu knapa ya? Apa direset doang atau ic program eror

    BalasHapus
  28. Misi Master, mau tanya kalau tape mobil luxio dinyalain cuma jamnya aja yang nyala itu knapa ya? Apa direset doang atau ic program eror

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang mas KUSWOYO

      silahkan di reset aja dulu gk masalah, kalau memang gk mau nyala juga coba di cek strum langsung yg masuk ke tip ada atau tidak,cek juga sikring" nya kalau ada sikring nya. biasa nya gk mau star begitu strum langsung yg masuk ke tip tidak ada hanya strum acc/kotak aja, tp bisa juga IC regulator
      pengolah strum langsung yg di dlm tip nya mati.

      Hapus
  29. pagi mas adi, saya punya tape mp3 jvc KDR 326,ic suaranya mati, kode ic jcv8031, mas adi punya sparepartnya? saya mau beli,...

    BalasHapus
  30. pagi mas adi, saya punya tape mp3 jvc KDR 326,ic suaranya mati, kode ic jcv8031, mas adi punya sparepartnya? saya mau beli,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas UJANG

      untuk tipe IC jvc8031/32/34 saya gk punya pake alternatif persamaan aj TB2926xx atau TDA 7388.

      Hapus
  31. Pak adi...head unit all new xenia 2014, tiba2 mati. Knapa ya ?

    BalasHapus
  32. Pak adi...head unit all new xenia 2014, tiba2 mati. Knapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak DIYAH

      all new xenia 2014 brrti yg sudah pake dobel dine layar sentuh.

      silahkan bongkar dulu frame head unit nya tingggal tarik dari bagian atas,terus ada baut 4 biji di mounting head unit,cabut socket yg masuk ke head unit, cek kabel warna kuning dan warna merah ada strum 12v nya gk posisi kontak mobil di ACC. kalau strum ada semua di kabel merah dan kuning berrti regulator power suplay di head unit nya yg rusak,bawa ke tukang service aja. kalau antara kabel merah dan kuning ada yg teraliri strum 12v berrti sikring putus, untuk warna merah/acc sikring nya di dalam di bawah steer,kalau warna kuning/back up sikring nya di ddekat aki buka cap depan.

      Hapus
  33. Pak kalo di mobilku akhir akhir ni kalo head unitnya di pasang. Aki suka tekor. Baru sehari dipasang esok sorenya ga bida stater. Apanya ya yg perlu di priksa. Haturnuhun

    BalasHapus
  34. Pak kalo di mobilku akhir akhir ni kalo head unitnya di pasang. Aki suka tekor. Baru sehari dipasang esok sorenya ga bida stater. Apanya ya yg perlu di priksa. Haturnuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam bpk M DOR

      apa anda hanya memasang tape saja/standard atau ada power ampli nya yg lain?

      kalau hanya ada tape saja tanpa power,silahkan priksa dulu aki nya,coba tanpa di pasang tape dalam 3 hari apa kah masih bisa starter atau tidak.

      kalau dalam 3 hari masih bisa starter brrti masalah pada tape nya,tapi kalau ada power ampli nya, biasa nya power ampli nyala terus walaupun tape kondisi mati.
      kalau dlm 3 hari tidak bisa starter,tnpa tape di pasang,berrti aki sudah mau soak, apalagi aki pernah kehabisan strum,dalam 2-3bln aki pasti akan soak/menurun kualitas ampere nya.

      kalau masalah pada tape,
      anda pasang saja tape nya mengunakan relay,dan pake sklar manual.posisi kabel merah dan kuning dari tape masuk relay smua terlebih dahulu.pastikan posisi relay mati tidak ada strum masuk ke tape.

      Hapus
  35. Hallo mas adi saya punya hu jvc kd-sx985 tiba2 mati total mas belakangnya panas gtuu. Kenapa ya itu? Kalo di servis bisa ga ya? Thankss mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo juga Unknown

      Silahkan pastikan dulu smua strum nya masih mengalir ke tape,kalau tape baru mati langsung di pegang belakang nya pasti panas apalagi baru nyetel volume gede,

      biasa nya kalau baru nyetel suara gede langsung mati,ada sikring strum yg putus,terutama sikring kabel back up nya/kabel warna kuning.
      silahkan periksa dulu strum nya pastikan ada strum smua di kabel kuning dan merah,dan periksa sikring yg nempel di dekat socket nya.kalau adasikring yg putus ganti sikring nya yg lebih gede,misal 10A ganti 15A.

      Hapus
  36. Salam kenal mas.
    Saya punya kenwood dpx mp6110u, tiba2 mati total.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga AA JIMI

      silahkan untuk di bongkar dulu dari dasboard nya, lalu coba pegang belakang tape nya ada panas apa ngk,setelah itu cba cabut socket nya periksa strum di kabel merah sama kabel kuning ada strum ya apa tidak,dan jangan lupa priksa sikring yg nempel di deket socket nya, usahakan terlebih dahulu ada strum masuk di kabel kuning dan merah tersebut, kabel merah baru ada strum pada posisi kontak di ACC.

      kalau masalah awal dari suara ilang" biasa nya IC suara nya mati, saat socket di pasang kembali akan menyala sebentar dan mati lagi,karna protech di IC suara, silahkan ganti IC suara nya yg nempel di bodi tape.

      Hapus
  37. Salam mas adi, mohon bantuanya.. head unit audio saya jvc tipe dan merknya sama seperti gambar diatas, saya pasang di mobil kijang rover th 94, sebelumnya saya sering mengalami masalah protect di displaynya dan selalu berhasil setelah mereset dg tombol yg kecil itu, tapi sekarang dg permasalahan yg sama walaupun sudah di reset berulang" tetap tidak mau nyala, sebenarnya masalah apa ya mas? Tenkiu

    BalasHapus
  38. Salam mas adi, mohon bantuanya.. head unit audio saya jvc tipe dan merknya sama seperti gambar diatas, saya pasang di mobil kijang rover th 94, sebelumnya saya sering mengalami masalah protect di displaynya dan selalu berhasil setelah mereset dg tombol yg kecil itu, tapi sekarang dg permasalahan yg sama walaupun sudah di reset berulang" tetap tidak mau nyala, sebenarnya masalah apa ya mas? Tenkiu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mas PRICHO

      Jika masalah terusterjadi seperti itu biasa nya IC protech nya semakin lemah,silahkan bongkar tape nya dan cabut saja IC protech nya, cara nya sperti di article,

      dan jangan lupa untuk memeriksa smua kabel yg ke speaker, harus rapi dan tidak ada yg ter kelupas apalagi tidak tersolasi sambungan nya.kalau bisa baru kan smua kabel yg ke speaker/ke twiter.

      Hapus
  39. Saya baru pasang hu china merk priority ptv-651G..saya masang ndiri...hidup seh,cuma gk keluar suara...saya bawa ke tukang servis,katanya ic suara ny kena...mungkin karena ada salah nyambung kabel setrum sayanya.hehe...kira2 ic nya jenis apa n bisa beli dimana ya om adi?thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam OM TRIJO

      Sungguh disayang kan itu dobel baru langsung mati :D

      IC nya mengunakan type TDA 7388
      dan untuk pembelian posisi anda di daerah mna mungkin saya bisa kasih saran tempatnya.

      Atau andatanyakan ke tukang service nya yg jual komponen elektronik terlengkap di deket daerh anda.

      karna di toko komponen kecil tidak tersedia untuk tipe ini. kalau tidak saya sarankan beli online di tetangga bnyak yg jual,tinggal googling,dan ttep berhati" belanja di pasar online.

      Hapus
  40. Siang mas... mhn bantuanya, fungsi kabel warna orange tulisanya key1 itu utk apa ya..? lalu kalo radio, eq dll sudah diseeting, trs kalo di off lalu di on smua seetingany hilang itu apa nya mas..?
    Trmkh banyak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam MAS UDIN

      mungkin maksud andaitu tape dobel dine merk cina?

      Kalau masalah memory dan setingan pada nol lagi,anda salah masah kabel strum nya.

      silahkan di pisahkan kabel merah dan kuning, yg merah ttep tersambung seperti tadi nya,dan yg kuning carikan strum yg tanpa ada saklar ataupun kontak mobil,
      atau bisa sambung langsung ke aki tanpa di saklar atau sejenisnya.

      Hapus
    2. Kabel dengan tulisan key 1 key 2 itu untuk tombol di steer contoh nya avanza all new tipe paling tinggi ada tombol volumemodedan track di steer nya.

      Hapus
    3. Kabel dengan tulisan key 1 key 2 itu untuk tombol di steer contoh nya avanza all new tipe paling tinggi ada tombol volumemodedan track di steer nya.

      Hapus
  41. Sore mas tape jvc kd r246 saya semua timbol gak berfungsi.. dua hari yg lalu tombol gak fungsi kemudian head nya saya jemur.. tombol kembali normal.. dan sekarang balik lagi.. semua tombol gak funsi.. secara tiba.. saya sudah jemur lagi seperti sebelumnya tetapi tdk berhasil.. mohon bantuannya gan...

    BalasHapus
  42. Sore mas tape jvc kd r246 saya semua timbol gak berfungsi.. dua hari yg lalu tombol gak fungsi kemudian head nya saya jemur.. tombol kembali normal.. dan sekarang balik lagi.. semua tombol gak funsi.. secara tiba.. saya sudah jemur lagi seperti sebelumnya tetapi tdk berhasil.. mohon bantuannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore mas WALIYUL

      silah kan bongkar panel depan dan ukur tombol" nya,jika pada waktu tombol di tester kaki tombol" nya jarum tester nya sampe mentok itu yg menjadi masalah nya, terutama pada tombol next dan forward dan tombol power,itu yang sering nyebelin,yg lain jarang gan,.
      karna tombol jenis itu susah di pasaran,saya aja udah nyari dari glodok sampe bandung,gk nemu yg sama kaya itu gan,. solusi nya panasin kaki tombol yg di tes mentok tadi,maka akan copot bagian atas nya,dan pasang lagi seperti semula dengan di tempel pake solasi bening saja,yg penting gk geser" saat di pencet",perlu hati,karna ada seng d dlm nya jgn sampe ilang,nanti malah gk berfungsi tombol nya.

      stiap tombol kalau di tester tidak ada yg nyambung sampe mentok jarum tester nya,paling 1/4 atau 1/2 kecuali kalau sambil di pencet tombol nya.

      Hapus
  43. saya pny jvc kd x110, muncul warning chk wiring then reset unit apakah dpt dipastikan ic epormnya jg? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa di pastikan IC protech nya gan, bisa ada kabel speaker short,kabel speaker nempel bodi,dan ada strum 5v,3v tidak keluar,silahkan di reset dulu.kalau masih keluar tulisan chek wiring,brrti ada kabel speaker konslet,atau IC regulator short.

      Hapus
  44. saya copot HU dari mobil, trs saya intalasi pakai aki mobil cadangan, kabel acc dan power saya satukan sambung ke (+) aki, trs kabel body HU saya sambung ke (-) aki, brarti tanpa kabel speaker kan, tetep kaya gt displaynya, brarti emang HU nya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud nya masih kaya gitu gmna nih, komentar pertama aganyg mna,.? soal nya gk ada nama jadi bingung bls nya.

      Hapus
  45. Mlm maz, mhn pencerahaany aq dksh tape mobil kenwood jadul, wktu dpasang dmobil normal rncana mo aq psangin mp3 player, aq bongkar aq buang mekanikny truz saat mo nyari inputny, aq psang head setnya arus pke adaptor 2amper 12v, aq nyalain g bsa cm suara jeduk dspeker tp dsplay g nyala tmbol g fungsi, mhon pncerahany maz coz dah pusing,mentok, truz pin yg dkasih arus yg mana ja maz kmrn aq sambung ke elco arus dlm rangkaian, mksh maz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang mas ujang,

      pastikan dulu kabel yg ke strum + warna kuning dan merah,
      kalau gk cari kabel yg tulisan nya B+ sama ACC.

      untuk antisipasi mekanik pasang dulu sperti semula jangan ada socket tertinggal.dan cari" kala" ada solderan yg copot pas bongkar nya.

      Hapus
  46. Malam master... Saya pakai tape rockgate DV8506, pemutar cd maupun usbnya kok loading nya lama banget, malah kadang gak mau gak mau baca, keduanya sama.. Mohon pencerahan apa yang perlu diperbaiki atau diganti, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang gan JAY
      kalau udah dua" nya loading lama bgtu kemungkinan besar IC empeg nya udah rusak/biasa nya panas bnget, coba saja bongkar dulu gnti Transistor regulator SMD B/C 117 di deket IC empegnya, dan tmbahkn heatshing/pendingin pada IC empeg nya,bila perlu/muat kasih kipas.

      Hapus
  47. ottihendro16/04/16, 00.17

    Malam master audio.
    Mo tanya kenapa power & subwoofer audio nyala hanya kalau pakai fm modulator. Sedangkan ganti channel Tape, power mati & subwoofer tidak keluar bassnya. hanya speaker bawaan mobil yg keluar suaranya. HU standart mobil innova'05. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang gan HENDRO
      mungkin anda mengunakan head unit bawaan pabrik mobil tertentu kalau memang sudah di ganti.

      solusinya lihat di power dibagian input setrum ada tiga baut yaitu : B+ REM GND.
      silahkan pake sklar saja dari power yg (REM) di smbungkan ke B+ atau bisa strum lain nya di dlm dasbor yg penting 12v.

      Hapus
  48. Pagi master,mo tanya kenapa tape mobil saya kenwood kdc 226 untuk vcdnya gak keluar suara tapi cd bisa berputar dan apa bila dipake radio suara normal aja terus ic BA5824FP panas.tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang gan BAMBANG
      bersyukurlah kalau masih mutar disc nya dan masih keluar angka di display nya, anda tinggal beli piringan music yg logo nya COMPACT DISC/CD jangan pake MP3,VCD,DVD.
      karna gk bakalan keluar suara biarpun display nya jalan.
      Head unit tipe itu masih mengunakan CD/COMPACT DISC. blom bisa VCD, soal IC itu panas biarkan saja Karna itu IC regulator pasti panas posisi sedang di nyalakn.

      Hapus
  49. gan gimana cara merubah logo tape double din v-tech...passwordnya terkunci gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi REZA untuk hal itu saya sendiri blom pernah mengotak atik,biasa nya di buku panduan tersedia password ny,kalau memang gk ada brrti harus coba mengacak nya sendiri mulai dari 0 4x sampai 9 4x, saya sendiri blom pernh mencoba nya, nanti kalau saya sudah mencoba nya akan saya post.

      terima kasih.

      Hapus
  50. Sore Mas Adi
    Mau nanya nih , saya punya HU double din merk syimbion touch screen , permasalahnnya sudah 2 minggu layar menjadi biru ,tidak berubah sama sekali padahal sudah di reset berkali2 , suara tidak ada yg masih berfungsi : volume hanya tampilan di layar, menu sperti radio , dvd , dll dan hanya tulisan di layar ,
    contohnya menu di radio , tapi radionya tidak berfungsi sama sekali

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam A ABLO

      itu bisa di pastikan EMPEG nya yg mati,bisa saja IC regulator nya yg mati bisa juga emang IC empeg yg udah mati,bongkar saja dan coba di nyalakan,dan periksa apa IC empeg nya panas atau tidak,kalau tidak panas berrti TR regulator B/? 117 ada yg short/rusak, periksa saja dan kalau punya speartpart nya ganti saja langsung,kalau IC empeg nya panas brrti memang IC empeg nya yg udah short,bisa di ganti dengan merk dan nomor seri yg sama kalau symbion tipe baru biasa nya pake IC empeg dari SUNPLUS, dan jangan lupa juga periksa tegangan voltase di board depan,dan pastikan kabel flexibel smua tersambung dengan benar.

      Hapus
  51. Pagi mas, mau tanya . tape sya merk jvc . Awalnya tombolnya ga ada yg bisa dipencet, cm bisa tombol close CD sm muter volume. Trus sya coba reset tp malah ga nyala mas. Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malem mas Ihksan

      silahkan anda baca dan cermati post saya yg terakhir kemaren.

      terimakasih.

      Hapus
  52. Permisi gan tape mobil jvc ane copotan dr L300 mati total gk nyala sama sekali. Sebelumnya pernah nyala trus mati. Ada tulisan chck wiring bla..bla.. gtu. Mohon pencerahannya gan...? Pleaseee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan simak di post terakhir saya
      DISINI

      Hapus
  53. master ni baru galau tape tape jvc player kaset di ganti modul mp3 pertama
    pasang berhasil tp speker terdengar pincang ,buka lagi lalu pasang lagi display tape jadi mati tp tombol power fungsi modul mp3 jalan ,kira2 cara mengatasi gimana ya master dan suara pincang dari spiker apa salah pasang ya output e modul mp3 dipasang di ic910 dengan 8 pin / kaki .R saya pasang di pin /kaki no 3 dan L dikaki no 8 merk tape jvc ks f150 kijang krista,terima kasih bantuan nya master .ninggal pin bb sapa tahu berguna 5B767D19.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk display nya saja apa sama lampu tombol yg mati nya? kalau display nya saja coba periksa strum 5 volt yg masuk ke IC display nya ada apa gak, kalau mati smua sama lampu tombol,brrti vcc 9v nya ilang,biasa nya di barengin strum output untuk untuk (rem) power juga mati, dan coba kabel di socket warna orange-putih (kalau masih ada) sambung ke vcc 12v lampu nya mau nyala atau gk.

      Suara pincang bisa juga salah pasang output dari modul mp3 nya bisa juga salah pasang,kabel ke speaker nya.

      untuk tes suara nya manual saja pasang speaker di kabel putih dan abu yg hijau sama ungu di kosongin saja, lalu coba di cari di kaki IC nya yg di sambung ke output modul mp3.

      Hapus
  54. Siang Bro...
    Mau tanya, aku punya serena c24 2011 head unitnya bermasalah, jadi lampu on nya nyala (standby) tapi pas di pencet ga bisa nyala sama sekali padahal 2 layar di belakang headrest bisa dinyalakan, trus aku pernah coba nyalakan pake remote sempat respon keluar lambang jvc seperti biasa tapi habis itu langsung mati lagi kyk ga kuat gitu kira2 kenapa ya?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam mas ANGGORO

      apa Head unit nya JVC Single Biasa apa Dobel dine?
      kalau yg single dine coba dulu periksa tombol" nya apa ada yg maet atau tidak,dan coba reset dulu.
      kalau dobel dine/yg ada layar itu biasa nya ic regulator nya udah short jadi ada strum yg gk keluar dari rangkaian regulator nya.

      dan coba bongkar dulu apa kabel warna kuning ada strum 12v nya apa gak,kalau strum di kabel kuning ada,brrti head unit nya yg masalh,

      saran :
      silahan di bawa ke tukang service khusus audio mobil,jgan tukang service audio rumahan.

      Hapus
  55. sore bossss
    mo tanya nich. aku punya HU kenwood KDV-U4349. monitornya ga ada nyala lampu, gelap gulita. jadi ga bisa operasional HU, tapi masih bisa bunyi. setelah aku buka bagian monitor ada yang gosong, gemana solusinya nich bosss, service dimana.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam bang DANI

      Bagian yg gosong nya kompone apa PCB nya yg gosong? kalau komponen yg gosong bisa ganti sendiri aja minta referensi dari penjual kompoen,kalau memang gosong pcb nya mending ke tukang service aja,posisi di mna mungkin saya bisa kasih referensi tempat sevice nya.?

      Hapus
  56. Salam master,numpang tanya.tape mobil saya merk ultra linear,arus listrik d dasboard kabel negatif dan positif ada,skring bgus,tapi kok gak mau hidup,kemaren hidp bentar trus mati lagi.mohon penjelasannya master,thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam PUTRA ALLBANJARI

      apa kabel kuning dan merah nya teraliri strum 12v smua?di saran kan mengunakan multi tester agar akurat berapa volt strum yg masuk dan pastikan 12vjgn kurang dari itu,dan lakukan pengecekan strum nya dengan posisi socket di colokan ke HU,kalau strum di kabel merah dan kuning teraliri strum 12v tpi ttep gk nyala,coba di bongkar saja HU nya dan periksa strum harus ada yg standby ke panel depan sekitar 5v atau 6v. kalau tidak ada strum standby di panel depan brrti ic regulator nya mati,kebnyakan ultra linear dobel dine kerusakn di ic regulator untuk keluaran 5v satandby nya.biasa nya di setiap socket kabel flexibel ada label nya,di pcb.

      Hapus
  57. Mas mau nanya ini dvd bawaan livina sv type jvc kd 5*** tombol dan remote berfungsi normal,video juga tampil di layar, tapi suaranya ga muncul sudah reset tetep ga bunyi, awalnya gpp habis dimatikan dihidupkan sudah ga mau bunyi sampai sekarang, mohon vantuan infonya kira kira rusak apanya ya?terima kasih sblmnya

    BalasHapus
  58. Tadi sempat saya bongkar lalu sy pasang sempat bisa lagi,eh sore dihidupin ga mau ada suara lagi,mohon petunjuknya master?

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam mas INDRA

      silahkan di periksa smua speaker nya,bongkar smua speaker dulu,dan pastikan kabel dari socket tape ke kabel ori mobil tidak ada lecet,atau ada sambungan terbuka tanpa solasi.kerusakan biasa nya dari speaker yg sudah konslet,atau kabel speaker yg konslet,nempel bodi,atau socket kendor. kalau cara tersebut sudah di pastikan aman dan masih tidak keluar suara,brrti ic suara mati atau ada solderan yg renggang,silahkan di bongkar saja ic suara dan ganti yg baru,ciri" ic suara mati kalau tape di nyalakan ic suara atau bagian pendingin tidak ada panas,tapi kalaua baru di nyalkan tape ya terus ic suaranya panas banget itu juga rusak.

      Hapus
  59. Malem mas Adi...
    Untuk jvc KD-R306 yang mati total...
    Langkah pertama untuk ngcek nya dari mna dlu ya mas...
    Mohon pencerahan nya mas...
    Thnx...

    BalasHapus
  60. Malem mas Adi...
    Untuk jvc KD-R306 yang mati total...
    Langkah pertama untuk ngcek nya dari mna dlu ya mas...
    Mohon pencerahan nya mas...
    Thnx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan simak di post terakhir saya
      DISINI

      Hapus
  61. Malem mas Adi...
    Untuk jvc KD-R306 yang mati total...
    Langkah pertama untuk ngcek nya dari mna dlu ya mas...
    Mohon pencerahan nya mas...
    Thnx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan simak di post terakhir saya
      DISINI

      Hapus
  62. Master,mobil sy xenia x 2012,tape ya semua tombol tidak berfungsi dan yang berfungsi hanya puteran suara besar kecil,tetapi untuk cd dan usb bisa bekerja baik tetapi cd tudak bisa di keluarkan karna tombol tidak berfungsi semua,mohon pencerahan master

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk tape nya apa gan?
      soalnya ori xenia 2012 blom usb,
      untuk kasus tombol tidak fungsi silah kan baca post ini :
      DISINI

      Hapus
  63. Mas sya punya tape jvc,tp di layar hanya muncul pilihan am/fm/aux,sedangkan mode usb nya hilang,itu knapa y mas,awalny pilihanny lengkap am/fm/usb/aux stlah 2thn pemakaian tiba" pilihan usb d layar hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di coba dulu buat ngecarge HP masih mau nyala ngisi ngak, kalau masih mau nyala coba lihat di pengaturan tekan lama tombol MENU cari pegatran on/of USB nya,kalau di pengaturan sudah on tp gk nyala berrti IC untuk USB nya sudah mati.

      Hapus
    2. Mas Adi, audio jvc kd-dv5605 saya sama kerusakannya; saya pakai charger hp bisa! Usb dan player gak fungsi, jika perlu di ganti apa spec. Spare partnya ya?

      Hapus
    3. Mas Adi, audio jvc kd-dv5605 saya sama kerusakannya display hanya muncul am/fm/aux; saya pakai charger hp bisa! Usb dan player gak fungsi, jika perlu di ganti apa spec. Spare partnya ya?

      Hapus
  64. Pagi Mas Adi, kalau HU Mazda OEM tiba2 touchscreennya tidak fungsi, kira2 apa yang rusak dan harus diperbaiki ya? kira2 biayanya berapa ya Mas? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba untuk di reset dulu atau di cabut socket ke HU nya sekitar 10-15 menit pasang lagi, kalau masih gk fungsi,biasa kerusakan pada sensor panel nya,ganti Kaca layar sentuh nya, untuk harga nya tergantung besar kecil nya panel layar sentuh, dari paling murah 150-400 plus pasang.

      Hapus
    2. Gan saya punya singledin jvc dvd menu disc nya gak tampil d layar,sama lampu lcd nya stemby terus walaupun dah d off

      Hapus
    3. Gan saya punya singledin jvc dvd menu disc nya gak tampil d layar,sama lampu lcd nya stemby terus walaupun dah d off

      Hapus
  65. Selamat sore pak Adi,pak saya mau tanya saya punya tape mobil bawaan avansa feloz untuk dimasukkan kaset disc loading lalu kaset keluar lagi kira2 yg russak apanya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bawa'n feloz mungkin yg sudah ada layar monitor nya? bisa kerusakan dari optic atau juga dari mekanik,kebanyakan kerusakn sperti itu dari sensor dan optic, bongkar dulu dan cobain kaset nya mutar atau gk,dan kalau optic nyala terang terus berrti opticnya yg rusak,dan jgan lupa bersihkan mekanik nya dari debu,mengunakan kuas saja.

      Hapus
  66. salam kenal master, mas saya punya dvdd kenwoodd,, sama juga mas protek,, terus saya coba reset mas,, saya pasang lagi ,, bisa stanbay mas tapi berapa detik protek lagi mas.. mohon pencerahanya,, 5ffa4efd ini pin saya mas,, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu di putus dulu smua kabel yg ke speaker nya kabel warna hijau,ungu,putih,abu".dan coba reset lagi,kalau protech lagi brrti ada icmati antara IC regulator,Tuner radio,dan IC suara.

      Hapus
  67. salam kenal master, mas saya punya dvdd kenwoodd,, sama juga mas protek,, terus saya coba reset mas,, saya pasang lagi ,, bisa stanbay mas tapi berapa detik protek lagi mas.. mohon pencerahanya,, 5ffa4efd ini pin saya mas,, makasih

    BalasHapus
  68. salam kenal master, mas saya punya dvdd kenwoodd,, sama juga mas protek,, terus saya coba reset mas,, saya pasang lagi ,, bisa stanbay mas tapi berapa detik protek lagi mas.. mohon pencerahanya,, 5ffa4efd ini pin saya mas,, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf untuk pin kebetulan HP lg rusak blom on lagi BBM nya.

      Hapus
  69. mas saya mau nanya. kerusakan yang terjadi pada tape merk jvc KD-R326 akibat salah nyambung kabel strum. B saya sambung ke kabel hitam dan negative nya saya sambung ke kabel kuning dan merah. dengan masalah seperti itu komponen apanya yg mau di ganti, soalnya penyambungan powernya sya ubah lagi tapi gak bisa on. mohon penjelasan nya mas. trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah kebalik berrti udah ada yg mati diantara nya : sikring di seblah socket,IC regulator,IC suara/yg nempel di heatshing/bodi,Dioda jumper. silahkan periksa satu".cabut dulu IC suara nya jgan pasang dulu sblom tape nyala kembali.

      Hapus
  70. Selamat sore Mas Adi, tape saya buatan Cina merk GMC BM 101TV Double Din semua tombol tidak berfungsi dan yang berfungsi hanya puteran suara besar kecil,tetapi untuk TV bisa bekerja baik pindah chanel gak ada masalah tetapi untuk pindah menu Radio tidak bisa dikarnakan tombol tidak berfungsi semua,mohon pencerahan master. untuk catatan saya belum pernah menggunakan tombol reset.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk layar sentuh nya ada gk/fungsi ap ngak?
      coba periksa kabel flexibel ke tombol dan cari jalur key1 dan key2 nya dan tes pake tester keluar strum 3-4v ap gk dan juga di kaki tombol harus sama ada strum 3-4v,periksa juga jalur key1 key2 harus nymbung ke tombol,pastikan jalur PCB gk ada yg putus di jalan. kalau di tombol ada strum tersebut,coba di reset atau cabut socket nya, kalau masih gk fungsi juga brrti IC program nya.

      Hapus
  71. Maap pa sy mau tanya...tentang jvc...conector belakang rusak gana cara gantinya jvc rd 326

    BalasHapus
  72. mas saya ada problem di HU saya...baru2 saya pasang karpet mobil dan semua jok saya liat dibongkar pas saya keluar dari bengkel HU tidak bisa menyala hanya ada simbol Honda doank.dan saya kembali kata teknisi g ada hubungannya dengan pekerjaan.tolong solusinya donk apa kira2 penyebabnya HU merk Kenwood DDX5151BT pada Mobilio.
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu untuk cabut socket kabel strum nya dulu terus di reset, kemungkinan pasang karpet nya bongkar plastik yg di bawah tape dan ada kabel yg tertarik atau terlepas lalu, kalau di reset tidak bisa hidup berarrti HU yg rusak bukan dari kabel, cari lubang kecil unutk reset nya di bagian depan HU nya.

      Hapus
  73. sehingga tidak bisa berfungsi hanya ada tulisan Please update Recovery USB Valid

    BalasHapus
  74. sehingga tidak bisa berfungsi hanya ada tulisan Please update Recovery USB Valid

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu di reset tombol reset nya di bawah potensio volume, kalau masih tidak mau star brrti harus di update firmware nya. cara update dan download firmware nya baca di buku manual tape nya kalau masih ada.

      Hapus
  75. om...saya punya HU jvc kd x100m
    nah... masalah yang muncul suara dari USB dan radio kok keluar jadi satu...
    kira2 apanya ya om yg perlu diperbaiki
    mohon pencerahannya...
    terima kasih sblmx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset dulu kalau masih belum normal ganti IC TDA.7718 nya.

      Hapus
    2. Om...persamaan IC TDA.7718 apa ya...
      Coz d malang gk ada...
      Trims

      Hapus
  76. Perkenalkan saya Hardi mas. Mohon pencerahannya mas Adi. Saya pny double Din Tanaka MH-DT623. Pas baru pasang, coba kutak-katik kepencet kalibrasi. Setelah itu sampe skrg setiap mencet touchscreen tidak bereaksi, tetapi ada suara klikny. Bagaimana memperbaikinya mas? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas HARDI

      itu masalah yg mudah asalkan HU baru.
      saat ke pencet kalibrasi selanjutnya anda harus mencet juga tanda + nya di layar biasa nya 5 kali pindah tanda + tersebut,setelah selesai kalibrasi akan normal kembali, kalau gk mau susah tinggal reset aja cari tombol reset nya,kalau gk cabut socket nya tunggu 1 menit pasang lagi dan normal,

      (email) sikrig di cabut gk ke bawa sama almunium nya gk masalah asalkan tidak putus almunium skring nya.

      Hapus
  77. Maav gan numpang nanya... mobil ane inova 2007 head unit uda saya reset kok gak nyala sama sekali.apakah untuk kembali ke normal itu butuh waktu loading berapa lama. Mohon infonya gan. Makasih

    BalasHapus
  78. Numpang nanya gan. HU original inova 2007 saya reset ulang kok tambah tidak bisa nyala kembali ke semula. Malah nge blank. Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya reset dari mna? tombol reset ap dari mna,?soal nya kalau yg bawaan original toyota gk ada tombol reset nya.dari yg bawaan 2005 sampai 2010. kalau reset biasa nya gk butuh waktu lama untuk boot loading,begitu tombol reset di tekan tape langsung mati.

      kalau jadi blank mungkin maksud anda tape nya yg dobel dine pake lcd, brrti itu OEM/merk china tapi khusus inova.
      coba di cabut socket dulu lalu pasang lagi,kalau masih blank brrti ada short di IC suplay regulator ny/atau bisa juga Flexibel lepas atau kendor. kalau original nya yg masih CD,mp3/Kaset pita. kemungkinan besar dari tombol atau potensio yg short atau nyambung terus,bisa lihat DISINI

      Hapus
  79. selamat siang mas adi saya minta atau bimbingan cara reset equalizer hinda mbilio e manual dong mas,,soalnya suara bass di bass boster kurang pas kalau di gedein volume malah sember.
    adakah cara manual reset menaikan menurunkan bass tersebut.mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan masuk di menu pengaturan,cari pengaturan audio/gambar speaker,cari equalizer,pilih custom,disitu muncul custtombaru keluar grafik equalizer nya,turn off loudnees nya.

      Hapus
  80. #ask mas bro.
    saya pke mobil toyota yaris 2008 tapi ada problem di dvd orisinilnya yaitu gk bisa masukkin kasetnya,klo dimasukin kaset nolak mulu.
    mohon arahannya..
    apakah bisa di reset???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaris masih HU original atau udah oem dobeldin tv yaris? kerusakn tersebut gk bisadi reset harus di ganti mekanik atau optic,kalau di masukin kaset langsung keluar itu mekanik sudah rusak.

      Hapus
  81. Bang, audio jvc sya di mobil L300 hang,, keluar tulisan USB reading..., meskpun sdh di lepas flasdiskx tetap saja tilisannya reading, tombol2nya jg gak bisa,, kira2 knp ya bang???

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba dulu di reset, buka kepala depan baru kelihatan tombol reset nya.

      semoga membantu.

      Hapus
  82. Head unit 2din bawaan mobil allnew 2013 xenia sy tiba2 ga bisa keluar suara,sy udah cek speaker na ms ok!kira2 apanya ya bang yg rusak/sy cek lebih dahulu?mohon solusi na

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di lepas dulu smua kabel ke speaker nya,yg di lepas di deket socket HU nya/potong saja dulu cobain sambung satu speaker saja, dan coba pegang bagian belakang HU panas atau hangat, kalau hangat berrti ada IC kontrol audio mati, kalau gk hanggat sama sekali,brrti IC suara belakan mati, biasa nya karna nyetel terlalu kencang.

      Hapus
  83. Malam bang,audio mobil saya kenwood.mobil saya ganti akinya tapi audio malah rusak ya bang.displaynya tidak nyala terus tombol volumenya jadi tidak fungsi.gimana benerinnya ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan cek dulu sikring yang nempel di belakang HU nya,dan priksa sikring di bok sikring mobil, cek sikring label ACC dan BACK UP. kalau smua sikring bagus berrti IC regulator ada yg short/konslet.

      Hapus
  84. Master, saya punya honda hrv baru audionya jvc TW-V220BT (kalau ggk salah) saya sudah update systemnya tapi pas saya reset malah ggk nyala kembali, saya sudah tu ggu sekitar 5 menit. Mohon bantuannya master. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di cek dulu Kabel setrum masuk ke tape nya dulu Kabel kuning dan merah nya harus ada strum. dan cabut dulu socket nya tunggu 10 menit pasang lagi. kalau masih gk nyala isntal ulang firmware nya, silahkan donwload manual book nya di DISINI"

      Hapus
    2. Kalau mau buka socket harus dilepas dulu yah lcdnya?

      Hapus
  85. Bayu noristyandi08/07/16, 01.33

    Malam mas adi.. saya baru beli symbion double din mas.. belum ada 1 minggu..awalnya normal,,begitu mesin dimatiin,,display LCD nya mati mas.. padahal touchscreen fungsi,,suara keluar..semua tombol normal.. itu apanya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu di sorot pake lampu senter dari bagian bawah atau samping layar,kalau masih kelihatan gambar nya gelap brrti cuma lampu backlight nya mati,tapi kalau posisi d dlm mobil gelap terus layar keluar cahaya sedikit brrti LCD ny mati.di saran kan kalau mau hidupkan atau matikan mesin mobil posisi HU di matikan dulu dengan tombol nya.

      Hapus
  86. Mas adi, sayakan punya jvc KW-V11 saya sudah update ternyata software yang saya pake update punya KW-V220 alhasil pas di restart tidak mau nyala, saya harus gimana mas? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. di intal ulan denan software yg sama dgn seri nya lagi coba cari software nya di SINI

      Hapus
    2. cara instalnya gimana mas kalau unitnya ggk mau nyala?

      Hapus
    3. Langsaung colok Usb nya posisi socket di cabut,terus pasang kan socket nya lagi,kalau unitgk ada masalah Langsung loading. kalau perlu reset dulu posisi usb sudah nempal.

      Hapus
    4. Oke, makasih banyak mas

      Hapus
    5. Mas adi kira2 bisa enggak cabut soket diganti ama cabut kabel aki negatif, soalnya cabut soket ribet mas

      Hapus
    6. Mas adi kira2 bisa enggak cabut soket diganti ama cabut kabel aki negatif, soalnya cabut soket ribet mas

      Hapus
    7. Bisa sama saja tapi tunggu kira" 10menit baru pasang lagi.

      Hapus
  87. maaf mas adi saya mau tanya, hu sansui sca 8177 double din, kalau dinyalakan tv nya gambar biru dan ada tulisam, atention dalam keadaan nyetir, terus usb nya kebaca dulu, terus layar nya biru dan ada atention lg, dan kasetnya gak mau baca, kl radio nya nyala, mohon tolong pencerahannya mas adi

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAS INDRA GUNAWAN

      silahkan di cari kabel di socket nya yg tulisan nya BRAKE dan sambungkan ke bodi atau ground

      Hapus
  88. Nambah ilmu nih makasih impohnya mas adi. Mau tanya nih, saya punya Hu kenwood ddx5035bt. 4 bulan yang lalu pecah ketimpa botol susu anak pas nge rim mendadak. Setelah cek ternyata hanya pecah touch screen nya. Krn gambar masih muncul. Tanya di service center suruh tunggu sp skr ga ada jawaban.bisa kasih solusi untuk penggantian part tersebut mas adi. Kira kira bisa beli atau pesen dimana ya. Terima kasih banyak mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuklayar sentuh nya jarang rusak maka nya susah spearpart nya,kalau gk di center kenwood cari saja bekas" di taman puring atau di senin atau di cimone.cari yg lebih dekat.kalau pake merk cina juga bisa asal sama lebar nya.

      Hapus
  89. salamlekom bang,DVD rockgate ,loading-radio,loading-radio,gitu terus..mekanik udah dilepas,kabel flexy ke usb udah lepas..masih tetap.di cek vcc 3,3v yg ke ic program timbul tenggelam(naik turun).masalahnya dimana ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa udah kena program,tapi di cek dulu kondisi nyala terus cabut flexibel yg ke depan ukur lagi vcc ke program ganti juga elco vcc ke program.siapa tau blom short ic programnya.

      Hapus
  90. Mobil saya Nissan GL 2013 problem pada head unit dengan gejala semua tombol manual tidak berfungsi, head unit hanya bisa dioperasikan melalui remote control, kira kira problemnya ada dimana ya? Just info, mobil baru dibawa mudik ke Jawa, dan boleh dibilang hampir selama 24 jam gak dimatikan.

    BalasHapus
  91. Tambahan info, head unit Nissan GL XV, Merk JVC 1 Din

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset dulu kalau di reset mati,dan di hidupin lewat tombol manual gk nyala lihat di <"SINI>

      Hapus
  92. saya mengalami masalah EROR merek JVC Model No. KW-AVX700
    SERIAL NO. 081X1685, mohon solusi..., terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eror smua nya apa eror dvd nya aja apa eror micro SD nya?

      Hapus
  93. mas.. hu avt kalodinyalakan bluscreen . ada tulisan "insert sdcard install applikasi" ini mksdnya firmwerenya/ app gpsnya mas atau ic . mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di nyalakan tip nya apa kalau di nyalakan gps nya?
      kalau di nyalakan tip keluar tulisanbgtu berrti firmware nya yg error,coba di reset dulu. kalau kluar tulisan nya pas di nyalakan gps nya,brrti kartu gps nya gk ada atau file nya korup di micro sd gpsnya. ada pun kalau kerusan IC bisa juga short IC memory nya.

      Hapus
  94. salam kenal mas Adi, mas head unit saya JVC KW R500 bawaan Brio, saat ini mengalami eror kluar tulisan MISWIRING CHK WIRING THEN RESET UNIT, semua tombol tidak berfungsi, sudah saya reset tetep gk bisa, IC yg belakang ada penutup Pendinginnya itu kaki kakinya ada yg pd gosong, apa itu yg rusak terus itu tipenya berapa, terima kasih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas TAN


      Kalau IC yg di belkang hu udah kelihatan kaki" nya gosong itu sudah bisa di pastikan bahwa IC tersebut rusak, untuk tipe IC biasa nya mengunakan IC suara tipe TB2926HQ tinggl di copot aj dlu.

      Hapus
  95. Bos, audio Mobil saya kalo masukin kaset volume nya udah penuh tapi suara nya kecil, kira2 itu knapa bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi ada konslet dikabel speaker atau emng IC suara sudah lemah. kalau radio tidak suara nya masih normal berrti IC tone nya yg short,.

      Hapus
  96. Mutipertiwi16/08/16, 09.43

    Mas, audio di mobil saya merk jvc, selalu ad tulisan production mode dan serjng tiba tiba mati, solusinya gimana ya? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk seri HU nya berapa mas?

      Di reset saja dulu atau cabut socket.

      Hapus
  97. halo mas yang hebat dan banyak pahala.
    kalau HU oxygen doubledin blank kayak pelangi tapi suara masih ada dan layar masih respon kalo di pencet2 dan camera mundur masih tampil jelas itu kenapakah? solusi sederhana di apakan ,terus kalo servis biaya berapaan ya hehehe terimakasih mas,dapet pahala lagi ini nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga bos,. alhamdulillah nih pahala nyadobel,. :V

      Blank LCD nya berrti antara 2 masalah,.
      1. kabel flexi dari board empeg ke bagian apalah saya lupa nama nya yg penting yg ke pcb nempel di LCD kendor/ada yg putus.
      2. teganaggan supaly 5v ke control gambar mati, IC nya di main board di deket gulungan penghambat di belakang socket tapi di pcb main board.

      Biaya service kisaran 150 - 300 di saya 200 saja :V semoga menolong,..

      Hapus
  98. Permisi mas saya punya head unit jvc kw avx 820.
    Saya mau tanya, cara menghilangkan suara vokal nya buat karaoke dimana ya?
    Di remote saya gk ada melihat tombol audio R/l nya.
    Mohon panduannya cara mengilangkan suara vokalnya agar bisa karaokekan melalui kase vcd maupun dvd
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhh,. kalau masalah nya sperti itu saya tidk bisa menolong banyak,. karena saya pernah coba pengaturan nya di kunci, mungkinpunya anda gk di kunci buka pengaturan DVD cari output dari auto ganti manual L atau R.

      saran : pake crosover/prosesor yg sudah suport karouke,tinggal geser sklar langsung ilang suara nyanyi.

      Hapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"