SERVICE TAPE JVC MOBIL,MATI TOTAL DAN SEMUA TOMBOL TIDAK FUNGSI

Salam buat pemirsa setia sebelum nya saya ucapka terima kasih karena telah berkunjung di blog" kan saya.


        Langsung saja saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang Cara service tape mobil JVC yg tombol nya pada macet alias tidak fungsi.

Menurut pengetahuan dan pengalaman saya sendiri,penyebab MATI TOTAL
dan tidak fungsi nya tombol" pada head unit/tape itu di sebabkan karena :


  • 1.Jalur kabel strum dan masa dari intalasi mobil putus.
  • 2.Ada sikring yg putus.
  • 3.Jalur PCB mark (5v,KEY1,KEY2,GND,DATA) tidak tersambung ke bagian front panel/PCB tombol lah biar gampang.
  • 4.Terdapat tombol itu sendiri yg memang sudah rusak,tapi tidak mungkinlah sekali rusak smua nya,"iya kan?".




Disini saya punya maslah yg di sebabkan karna tombol/keypad itu sendiri yg rusak bukan karena jalur Kabel atau sikring dan ataupun jalur PCB yg putus.

Langkah" yg harus dilakukan pertama kali pasti nya membongkar Head unit/tape mobil tersebut.




Berikut cara" nya di bawah sana :

1.Membuka head panel pada tape JVC/nyoplokin nya kalau belom pernah di bongkar biasa nya terdapat baut kecil di sebelah kanan Head unit/tape,buka baut nya dan tekan open rel nya, dan apabila sudah pernah di bongkar biasa nya sudah tidak di pasang lagi baut nya tinggal tekan open rel langsung.
Biar lebih jelas lihat gambar di bawah ini :







2.Buka baut casing panel PCB/bongkar saja smua baut nya dan jangan lupa copot terlebih dahulu Knop potensio nya.
Gambar :

3.Periksa smua tombol nya dengan mengunakan multi tester,arah kan multi tester di posisi x10.
dan mulai lah periksa smua keypad/tombol nya,pada posisi tombol tidak di pencet/tekan, jarum multi tester tidak akan bergerak atau bisa juga bergerak tapi hanya sedikit,dan jika tombol/keypad di pencet maka jarum multi tester akan bergerak ke kanan sampai nol (0). (jika sebelum nya multi tester nya di set ke nol (0).)




Hal di atas menanda kan bahwa tombo/keypad tersebut NORMAL.

Jika pada saat pengukuran/pengetesan tombol/keypad terdapat hasil kebalikan nya dari di atas maka tombol tersebut di nyatakan RUSAK/short.




Sebagai contoh yg saya dapati disini yg tombol/keypad sering rusak/short pada bagia tombol (NEXT,FWD,POWER/source),itu yang palig sering rusak nya tapi bisa kemungkinan juga tombol" lain rusak,maka dari itu harus di cek smua,karna 1 tombol/rusak maka dia akan mengunci smua tombol lain nya, biasa nya hanya potensio dan open disc yg berfungsi.

Di sini setelah saya cek smua tombol saya menemukan hanya 1 tombol/keypad yg rusak/short yaitu tombol power/source saja.
Gambar :

 Tombol teridentifikasi rusak.
    Setelah ketemu tombol short nya,
silahkan solder ulang kaki tombol tersebut sambil di tekan tombol nya bukan solder nya..dan silah kan di coba dulu berhasil atau tidak.




Jika masih tidak pengaruh ya terpaksa harus di ganti tombol nya,
yg jadi masalah saya setelah cari spearpart dimana" ternyata tidak ada yg jual
keypad yg sama seperti itu.
Tapi tidak masalah cari lah keypad yg lain saja yg penting tinggi keypad sama dengan yg asli nya,kalau panjang nya atau lebar nya gk jadi masalah bisa atur" posisi masang nya.
Gambar :
Hasil pengantian tombol/keypad











Dan setelah di pasang dan di pastikan tidak ada solderan yg menempel ke jalur PCB lain nya,lalu kita cobain lagi dan hasil nya mengejutkan..!! ternyata
Head unit/tape JVC kembali menyala dengan smua tombol" berfungsi seperti
fungsi asli nya.
Gambar :
Dan cukup sekian dulu untuk pertemuan kali ini semoga bisa membantu
dan semoga pemirsa setia tidak bosan mengunjungi blog"kan saya ini.

Terimakasih untuk anda sekalian.




Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. kenwood DFX U5120 hidup stanby cuma semua tombol tidak fungsi kenapa yea gan......

    BalasHapus
  3. Coba di masukan kaset apa masih mau star atau tidak,kalau masih star brrti ada tombol yg macet atau jalur tombol atau key yg putus,periksa sperti langkah" di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh ketemu gan, dicek pkai multitester ternyata salah satu tombol menyatu, padahal tombol dipencet normal aja engga lengket keypetnya, engga menduga juga tombol kenwood sperti itu kerusakannya...mksh gan infonya...

      Hapus
    2. punya saya juga gitu, merk sony. orang bengkel bilang suruh ganti karena penyakitnya hu sony, pioneer, kenwood yang model kayak ini ya gitu, jelek kualitasnya. hahaha mau ketawa kek gimana lagi masa insinyur yg bikin hu sony lebih bego dari tukang bengkel. ga tak turuti soalnya setel dvd masih bisa play cuma tombolnya aja yang ga berfungsi. akhirnya ngikuti ilmunya mas adi, sukses ketemu tombol short 1 yg bagian source cuma cara saya sudah tak semprot semprot contact cleaner ga mempan akhirnya tombolnya tak bongkar belah pakai silet pelan pelan, tak bersihkan kerik kerik pakai jarum kemudian disatukan lagi pakai lem G/ alteco ditutul tutul pakai ujung jarum dengan sangat hati hati. trimakasih mas adi.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. mas saya mau nanya. kerusakan yang terjadi pada tape merk jvc KD-R326 akibat salah nyambung kabel strum. B saya sambung ke kabel hitam dan negative nya saya sambung ke kabel kuning dan merah. dengan masalah seperti itu komponen apanya yg mau di ganti, soalnya penyambungan powernya sya ubah lagi tapi gak bisa on. mohon penjelasan nya mas. trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berrti itu disebabkan karna terbalik strum, yang harus di periksa terlebih dahulu ada lah sikring di sebelah socket,dioda silicon 5ampere jumper (+ ke -) IC suara dan IC regulator Yg nempel heatshing berdiri di samping, cobalah dulu untuk ganti Dioda jumper dan cabut dulu IC suara nya, kalau gk nyala juga berrti IC regulator nya mati.

      Hapus
    2. hu udah nyala gan, cuman masalahnya di displaynya tertulis then reset dan miswiring. meski saya sudah reset berkali kali, masih tetap miswiring dan then reset. dengan masalah ini apanya yang bermasalah gan. trims sebelumnya

      Hapus
    3. Coba posisi IC suara di cabut dan Strum ke arah IC radio di putus dulu, lalu reset unit, kalau masih muncul check wiring cabut IC eporm nya yg 8 pin Kanan kiri, kalau masih saja blom star brrti ada Strum yg masih terproteck di bagian Regulator,silahkan di cari" Lagi.

      Hapus
    4. Gan cara buka tombol panel open/close yg terkunci gmna ya... Punya ane dvd kompo merk jvc tombol panel'y Locked... Mohon bantuan'y gan

      Hapus
    5. Kalau kompo saya kurang paham,tapi sistem nya sama aja kaya tape mobil,jadi kalau tombol gk ada yg fungsi,tahap pertama periksa tombol" nya dlu atau ganti langsung smua nya dgn yg baru,setlah ganti semua tombol ttep gk fungsi brrti dari ic program yg masalh,bisa setrum ke ic program short atau ic nya yg mati.

      Hapus
  6. masalah check wiring udah aman setelah ic suara saya cabut. dan ic suaranya saya ganti dngn type yg sama TB 2926 xx tapi kaki ic yg terpasang sekarang kaki ic nya ada yg copot 2 batang. dan setelah saya nyalakan lagi hasilnya tdk mengeluarkan suara seperti semestinya.
    -apa itu kerusakanya masih tetap pada ic suara ya gan. tolong pencerahanya, naklum masih pemula pak boss

    BalasHapus
  7. IC suara harus komplit kaki/pin nya dan harus hati" bongkar dan pasang nya, karna kalau ada jalur PCB yg putus satu saja gk keluar suara, apalagi kaki nya gk ada 2 jelas gk akan nyala kalau kaki yg patah nya bagian input data dari IC pendorong.

    BalasHapus
  8. Mlm master., tape jvc saya kadang nyala kadang tidak itu knp ya master??
    Thanks infonya sasi scoen

    BalasHapus
    Balasan
    1. malam juga gan


      periksa dulu socket nya di oyak sebari di nyalain, dan periksa kabel masa kabel setrum merah sama kuning, pastikan smua nyambung dengan kuat kencng..

      Hapus
  9. Sudah saya coba tp msih blum bza.,apakah kira" komponen tape nya ada yg bermasalah??thanks

    BalasHapus
  10. Kemungkinan besar komponen / ic ada yg short atau elco nya, coba dulu cabut dari mobil nyalakn pake adaptor 12v min 2Ampere.

    BalasHapus
  11. Mas Adi salam kenal, saya punya JVC CD RECEIVER KD-R325P Kalo disambung ke 12v tombol langsung nyala kedip-kedip dan gak fungsi, layar panel juga gak nyala. Mohon penjelasannya Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa pengecekan seperti artikel sudahdi lakukan?

      kalau sudah di cek dengean cara yg di jelaskan di atas, kemungkinan besar IC,resistor atau elco ada yg short bongkar dan periksa voltase dari kabel vcc/kabel merah masuk ke control.
      periksa smua output dari ic rgulator pake tester. output ic regulator posisi stanby keluar 10/9v 3.7v 5/6v.

      Hapus
  12. Mas Adi saya punya pioneer DEH-1550UB Mati total,akibat salah nyambung kabelnya.kira2 apanya ya mas? Setelah sy buka ada TR kaki tiga dgn kode D239, apakah itu IC regolator mas?

    BalasHapus
  13. Mas Adi saya punya pioneer DEH-1550UB Mati total,akibat salah nyambung kabelnya.kira2 apanya ya mas? Setelah sy buka ada TR kaki tiga dgn kode D239, apakah itu IC regolator mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu transistor regulator unutk penurun tegangan dan kadang juga di pake buat swicth tegangan, tapi bukan regulator utama nya, yg utama nya pake IC yg nempel di pendingin kecilnya.

      biasa nya kalau merk" pioneer gk langsung kena regultor, apa sikring yg Di socket belkng tape masih nyambung? biasa nya itu putus, kecuali masang nya kebalik kabel speaker yg di masukin setrum,sikring gk putus.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Mas adi Saya punya tape merk JEC Type GE-208. Tapi kalau di on trus aux, usb, atau cd nya di gunakan tape nya mati menyala. Kira kira apa penyebabnya gan. Mohon penjelasan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penjelasan nya adalah setrum tekor atau kurang masa,.
      cekdulu smua strummasuk ke socket nya,harus 11,5 minim, kalau kurang biasa nya ada sambungan kendor entah masanya atau setrumnya di telusuri, kalau setrum di socket udah normal 11,5v bahkan sampai 12v maka kerusakan di pcb nya, ada strum tekor, biasa nya sering terjadi di vcc 5v nya yang cepet short, ngetes setrum di socket posisi di colok di tape nya dan di nyalain,pake testes biar lebih gampang nge tes nya.

      Hapus
  16. Mas saya mau tanya saya punya tape mobil jvc tipr kd-dv5605 lah tadinys lagi tekan tombol next nyari gelombang ntah klamaan atau gmn dia g mau berhenti dan g lama dari semua tombol yang ada di tape g ada fungsi sama sekali....tapi kalo pake remot masih bisa...gmn cara memperbaikinya ya mas..makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan ikuti cara" di atas,biasa nya tombol next nya yg rusak.kalau udah ganti tombol masih belom fungsijuga bisa di tnyakan kembali gan,.

      Hapus
  17. Jvc saya nagadat gak mau play film dvd lagi, kl dimasukin dvd bunyi srekk..srek..srek.. dari dlm. Apanya yg rusak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bongkar aja bersihin dulu optic nya,kalau udah di bersihin optic masih gk mau baca dvd brti optic harus ganti,sensor buat kaset dvd udah lemah,biasa nya vcd atau mp3 masih bisa baca.

      Hapus
  18. Mas mau tanya nih...salah satu speaker ga nyala..setelah ditelusuri ternyata tidak ada input dr salah satu socket yg nempel ditape..kebetulan pas kabel yg warna abu abu...sy cek nya pakai tester satu persatu..hnaya jalur socket kabel abu2 aja yg jarum testernya tidak bergerak..apakah didalam tapenya ada masalah di socket ajah atau apa yaak....sy blom bongkar sih tapenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di cek dulu pin socekt abu" nya ada renggang apa gk,dan cek solderan socket di pcb nya, kalau smua normal berrti ic suara nya yg short ke kabel abu" front nya.

      Hapus
  19. Salam kenal mas adi, saya mau tanya kalo radionya saja yg mati itu kenapa ya, sumber yg lain sih masih fungsi normal,,
    Radionya gak ada suaranya, tp kalo cari chanel bisa itu masalah ada di mananya,,teri.a kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga

      Sumber masalah nya ada 3 :

      1.bisa ic control suara nya => pin input ke radio mati.
      2.bisa ic radio nya => pin output ic radio ke ic control suara mati,
      3.jalur putus atau komponent short di jalur antara pin out ic radio ke pin in ke ic control suara nya.

      kalau mau bongkar, langkah pertama tes jalur nya,kalau jalur okey baru ganti ic control suara nya,kalau ic control okey ganti ic radio nya,

      kalau masih bisa cari chanel tapi gak dapet sinyal radio/gk berhenti saat di search otomatis brrti ic radio nya yg rusak.

      Hapus
    2. Salam mas adi, maaf kmaren baru coba bongkar head unitnya, saya cek jalur ok semua , cek semua input di ic kontrol dan ic suara ok smua, yang jadi masalah saya tidak menemukan ic radionya, apa ic nya gabung sama ic dvd atau gimana saya gak ngerti,,
      Biasanya ic radio pake seri yg berapa ya mas adi
      Terima kasih sebelumnya ,

      Hapus
    3. merk tape nya apa'seri nya berapa?

      Hapus
    4. Hu nya merk JEC serinya GE-303

      Hapus
    5. Merk itu ic tuner nya kecil banget,di deket colokan antena nya.

      Hapus
    6. Ada yg jual gak ya sparepartnya di toko elektronik,,
      Kalo mas adi buka servis gak, ada didaerah mana,,
      Makasih,,

      Hapus
    7. Untuk componen radio sementara belom ada yg jual nya,ngk tau kalau di glodog,soal nya radio jarang mati jadi blom pernh nanyain komponen radio nya,saya buka service di bandung,ujung berung.

      Hapus
  20. Salam kenal mas Adi, saya ada HU merek DHD9818 yg rusaknya tidak bisa mutar cd/fd. Radio bisa, touchscreen tdk respon dan remote jg tdk respon. Tolong pencerahannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kerusakan di empeg nya,bsa vcc untuksuplay empeg short bisa juga ic empeg nya emng yg short,periksa dulu setrum ke empeg nya.

      Hapus
  21. om andi... kl beli IC TDA7718 dimana ya...
    saya nyari di toko elektroni tempat saya sulit banget gk ada yang punya...
    atau kl ada persamaannya apa om...
    trims sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli online saja di DI KLIK SAJA, kalau persamaan nya tda7311 tp pin" beda posisi.

      Hapus
  22. Slm knal mas adi... sya pnya tape merk divx.. semuanya pungsi cuma tombolnya gk bisa di gunakan klo udh nyala gk bisa di kecilin gk bisa di kencengin suaranya penyebabnya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tombol volume nya masih normal atau kalau di pencet maih cetek" ngak? kalau masih berrti ada jalur pcb yg putus,atau resistor putus. di jalur volume min/plus.

      Hapus
  23. ass. slmat pagi ms Adi lam knal mw nanya nih tpe mobil kenwod KRC 289.tombol source hanya bfungsi tuner saja,tape tdak bisa kerusakannya tltak dman trims sukses sllalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr.wb,..

      Kalau kaset nya gk di masukin source nya cuman radio.kalau kaset nya masih ddlm tap egk mau pindah ke kaset brrti rusak nya di pcb nempel di mekanik,disitu ada sensor atau swich untuk idupin tape mungkin udh kotor atau patah dlm swich nya.kalau gk ic control nya mati.

      Hapus
  24. Mas adi mau nanya JVC KD-X100M2 bawaan L300 mati total, gejala awal kadang mau hidup kadang gak. Cek teg 12v ada msk ke pcb, kira2 apanya ya Mas? IC regulator yg kaki 26 itukah Mas yg nempel di heatsink bagian blm unit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di simpul kn ic regulator mati. Ic reg yg kaki 15. Yg nmpel di heatshing berdiri d dlm tdk nmpel bodi hu. Dan ic 5v di blkng pcb yg D9876 smd.

      Hapus
  25. Mas klu teg gak ada masuk kesoket panel depan kira2 bagian mana yang rusak?, jika disambung ke 12v IC reg kaki 15 hangat.(HU jvc kd-x100m2)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek 5v nya yg untuk suplay ke panel depan.bisa jalur putus bisa ic regulator 5v ny mati.cek 5v di colokn usb ny.klau gk ada keluar 5v di colokn usb brrti ic reg 5v ny mati

      Hapus
  26. Malam mas

    Saya mau tanya, saya punya hu merk AVA avd8060U. Itu hu mati bagian kepalanya aja sedangkan tombol untuk buka dvd nya nyala di bagian dalam. Yang harua saya check apa nya ya mas? Maaf saya awam untuk masalah seperti ini. Terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksud nya tombol open nya masih bsa kluar kaset ap cuman nyala lmpu ny aja? Coba cek dlu pin socket antara kpla sama main unit msh bgus gk, ada ada yg mleot atau ambles bikin kpla gk hidup. Inti nya kpla gk ada strum masuk ke board kpla. Bisa jga ic program nya yg mati. Bongkar dlu dan cek setrum" nya posisi mekanik gk d pasang. Cari tulisan setrum nya d pcb board dan cek misal d pcb ada tulisan 5v hrus kluar 5v 9v harus kluar 9v.12v hrus kluar 12v. Pastikn jga tombol" normal tdk ad yg short/nymbung trus. Dan ukur 5v di colokn usb 5v d colokn usb stanby trus biarpun tape sedng d matiin.

      Hapus
    2. Lampu buat tombol keluar dvd nya nyala mas. Pokonya kalo saya teken tombol power nya di layar hu nya kaya keluar gambar background nya aja terus redup redup ga nyala gitu mas. Itu masalah nya gara gara ngeshort kayanya, jadi yang di cek yang mana ya mas adi? Terima kasih mas

      Hapus
    3. cek di pcb main boar dan pcb depan, ada resistor yg short biasa nya di tandai fisik gosong,tp ada juga cari setrum yg pertama di nyalain keluar setrum dan lama" drop. dan telusuri arah jalur nya. bisa juga regulator nya yg short.inti nya carisetrumyg pertama di nyalain keluar strum terus drop. entah itu 12v,9v,5v nya.

      Hapus
  27. mim saya punya hu yg kayak di atas.masalahnya hampir sama.tombol semua tidak fungsi.cuma volume aja.ngk bisa keluar dari demo mode.apa kah solusinya sama.pada keypadnya juga.mohon cacianya tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lakukan standard pengecekan seperti di atas dulu kalau tombol normal smua gk ada yg short bisa di tanyakan kembali.

      Hapus
  28. mereknya kenwood.lupa serinya.

    BalasHapus
  29. merek kenwood min.tp lupa serinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap tombol ada 2 kaki satu ke grounddan 1 nya lagi ke arah ic control di hubngkn dengan bnyk resistor", yg kaki ke arah ic itu dites keluar setrum antara 3v dan kadang ada yg keluar hampir 5v.

      Hapus
  30. Mas Adi yang baik mau nanya, klu 1 buah speaker woofwer audac 100watt 8ohm 10 inch pasang di HU kenwood KDC-100UB tanpa tambahan power/ampli suara kuat ngangkatkah mas? Apa nanti gak bermasalah dgn HUx, soalnya mau pasang msh ragu, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngangkat aja mas,. tapi suara nya jelek soal nya 8 ohm, jadi ya beda sama kalao speaker di pasang di ampli rumahan. untuk ke head unit bisa mati ic suara nya kalau nyetel kenceng terus lebih dari 2 jam. kalau gk tambahin fan di belkang tapbiar ngurangin panas ic suara.

      Hapus
    2. pasang nya di kabel yg hijau atau yg ungu pilih salah satu danjgn di tambahin speaker atau twiter lagi jalur khusus ke 10"

      Hapus
  31. assalamu'alaikum
    slmt pagi mas adi
    kenapa tape/musik saya mati total dan gak bisa hidup lagi
    mobil saya mobilio
    tape JVC KW-R710 PANDORA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sikring sikring ny udah di cek pa blom?

      Hapus
    2. saya belum tau cara ngecek skringnya
      skringnya gak ada yang lepas, masih erat semuanya

      Hapus
    3. Cek dlu sikring yg di bawah dasboard cari yg tulisan nya acc atau radio. Cabut sikring ny dan pastikan blm putus. Yg ke 2 sikring tulisan nya back up cek di bok sikring di dekat aki juga

      Hapus
  32. Salam kenal mas adi...
    Tape mobil sy suara nya kadang ada kadang hilang knpa ya..
    Gara2 nya: sy lupa matikan radio hampir 1 minggu lamanya..setelah sy cek aki sdh 0 volt..istrument mati semua..sy cherge akinya kembali normal lg semua..tp radi / cd suaranya jd hilang kadang ada lg bgt sterusnyA...apa nya ya..mohon pencerahaannya..

    BalasHapus
  33. Kalau boleh tahu d mana ya alamt svc sampean..kalu ada waktu sy mau k sana..deden d parung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti elco" nya dlu kalau masih hidup mati harus ganti ic suara nya. Alamat nya di bandung. Yudi audio jl.panghegar no.4

      Hapus
  34. Salam kenal mas adi...
    Tape mobil sy suara nya kadang ada kadang hilang knpa ya..
    Gara2 nya: sy lupa matikan radio hampir 1 minggu lamanya..setelah sy cek aki sdh 0 volt..istrument mati semua..sy cherge akinya kembali normal lg semua..tp radi / cd suaranya jd hilang kadang ada lg bgt sterusnyA...apa nya ya..mohon pencerahaannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada regulator short. Aki baru di carge biasa nya 15v jd regulator yg udah lma operasi jd gk kuat nhan beban jd short biasa nya 7809 nyam

      Hapus
  35. gan, kenapa doubledin JVC dilayarnya bertuliskan please detach front panel...gimana cara menghilangkannya...trim'k..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau gk ada ngaruh ke instrumen lain nya gk apa"..

      Hapus
  36. Kang adi ic tone control ada d sebelah mana ya..apakah dekat dgn potensio power sekaligus buat volume...soalnya kalau di pc board nya ngga ada sbgaimana yg kang adi d kasih nomer2 ic nya..yg di emailnya saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic control suara nya yg kaki 8 itu ada 2 bji. Nmor nya 3809 klau gk salah lupa yg seri itu. Cuman klau yg gps smua masuk di modul gps. Jd agak rumit. Soal nya ada control juga di modul gps nya.

      Hapus
    2. Tp cba flu d solder ulang modul gps nya. Biasa nya jga kendor antara solderan modul gps sama main board ny.

      Hapus
  37. Salam kenal kang Adi, mohon pencerahannya saya punya JVC AV KW51 awalnya semua tombol tidak berfungsi (termasuk eject cd),tetapi touch screen normal dan masih bisa dioperasikan pakai remot. Beberapa hari kemudian saya coba reset, tp tombol masih tidak berfungsi. Kemudian padansaat dipakai tiba2 bunyi dug...dan kemudian mati total...itu knp ya? Terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kang..

      Itu short ic regulator nya gan..kalau seri yg itu agak rumit plus komponent nya agak susah dan mahal. Untuk ic regulator aja biasa nya minim 250 an.

      Hapus
    2. Klo ditempat akang terima servis buat tipe itu gk? n klo terima kira2 bisa seharikah pengerjaannya?

      Hapus
    3. Service jga dsni tp klau HU yg bermerk minim pling cpet 3 hari klau spear part ny gk bnyk mati. Klau bnyk yg mati paling lma 2 minggi.

      Hapus
    4. Kang bisa minta no kontaknya? biar lbh enak komunikasinya...

      Hapus
    5. 08986932314 ni gan ada wa nya

      Hapus
    6. Gak ada WAnya ya gan?

      Hapus
    7. Maaf gan, saya cb tlp jg diluar jangkauan...wa jg gk kedetek..di cek lagi gan no krng 1 kelihatannya

      Hapus
    8. Nmer situ aja mna? Udah bner itu nmer nya itu.

      Hapus
    9. Nmer situ aja mna? Udah bner itu nmer nya itu.

      Hapus
    10. 081806806206 no ane kang

      Hapus
  38. Ass Kan saya mau tanya audio mmobi luxio manual punya saya tadinya pake kaset trs lupa ak di keluarin dl kaset nya pas nnyampe ruma trs pas di idupin lai dvd nya ak gak main kaset nya gak bisa keluar tombolnya mati tpi radio idup e kelamaan jadi mmati smua di tamba ttombol ak funsi smua pa ya masla ny mon penceran nya karna saya baru pertma x nebetulin audio Trm kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikum salam wr.wb.

      Merek dan seri nya brpa?

      Hapus
  39. Kang,
    Jvc seri JZ jadul pake kaset pita :), matot kalo ada hentakan, sth dicek IC AN80T05 kendor, solder ulang e malah matot,
    sblm solder ulang lampu dysplay nyala smua,(digit hidup smua gak jelas angka berapa,) mhn pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba periksa lagi solderan nya ada yg nempel ke yg lain ap gk.. Dan cari lg yg masih kendor jgn lupa periksa sapa tau socket nya juga kendor.

      Hapus
    2. Socketnya tinggal cover depan saja kang,yg buat tombol dan display, kalo misal solderan ada yg shot, yg kena bagian mana kira2 kang,, IC AN nya ato yg lain

      Hapus
    3. Ya di bagian ic AN nya periksa lagi dan yg ke panel depan ke tombol.bersihkan kuningan penyambung dari panel depan ke bodi tape nya.

      Hapus
  40. gan saya punya mobil daihatsu grand max pick up,tape mobil nya mati total,sudah saya cek semua sekring nya bagus,kira2 apa nya ya yang rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tape nya bawaan mobil ny bukan? Klau bawaan mobil cuman usb memory radio. Kalau. Bawaan ssering mati ic program atau ic regulator ny aj. Cb d bongkar aja.

      Hapus
    2. iya gan masih bawaan mobil,yg jd mslh saya gk tau yg mna ic program atau ic regulator,tp klo beli ic nya ada kan d toko sparepart elektronik?

      Hapus
    3. Kalau masih bawaan yg usb radio sama memory mending gak usah di bnerin beli aja yg merk cina aja yg usb radio memory tanpa pemutar disc. Kalau bawaan ic program nya jadi 1 nempel di bagian panel depan nya. Sedang yang di bagian pcb di belankang buat ic suara sama regulator nya.ic rogram mahal kalau ic regulator murah. Tp hrus bisa ngukur yg mati nya, soal nya regulator nya ada beberapa jalur.

      Hapus
    4. Ic program nya gk ada jual di toko komponen elektronik rumhan..

      Hapus
  41. Punten kang mau tanya ni kebetulan ada HU singledine mrek audio bank seri AB-8087 di tampila menu g ad cd/dv jd yg muncul tuh radio n Aux in az.kira2 kenapa y kang makasi sebelumnya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau gk ada kaset di dlm emang gk muncul. Klau ada kaset ddlm tp ttp gk muncul. Ganti atau bersihkan swicth di pcb yg nmpel di mekanik.

      Hapus
  42. Oke nanti saya coba makasi sebelumnya atas infonya

    BalasHapus
  43. kalau tombol di test tidak ada yg short? kira2 penyebab semua tombol tidak berfungsi apa ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau tombol bagus cari jalur nya dan resistor nya klau jalur smua bgus resistor gk ada putus brrti ic program nya yg eror.

      Hapus
    2. apakah klo tombol ngga fungsi... remote juga ngga berfungsi? sebelumnya makasih om, buat responnya :)

      Hapus
    3. Kalau belom kena ic program remote tetep berfungsi biar pun smua tombol mati.

      Hapus
  44. Gan HU bawaan maestro beberapa hari ini ga di idupkan.sekarang ga mau hidup.sekring gak putus.arus di soket udah di cek ad.kira kira apa nya gan?lampu stanbay ditombol hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset atau cabut socket dlu. Klau lmpu tombol stanby msih nyala biada nya kena ic program tp bisa juga ic regulator.

      Hapus
  45. Gan HU bawaan maestro beberapa hari ini ga di idupkan.sekarang ga mau hidup.sekring gak putus.arus di soket udah di cek ad.kira kira apa nya gan?lampu stanbay ditombol hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di reset atau cabut socket dlu. Klau lmpu tombol stanby msih nyala biada nya kena ic program tp bisa juga ic regulator.

      Hapus
  46. Misi agan numpang tanya tape nyala tapi tombol g bisa di pencet semua nya itu kenapa ya,makasih.

    BalasHapus
  47. misi gan mau tanya kalo tegangan ke ic regulator/ tegangan dari mcu cuma cuma keluar sekitar 1 volt disebabkan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa nya ada dioda zener short atau r putus.

      Hapus
    2. dioda zener yg sebelah mana gan? Apakah kalo putus menyebabkan HU blank ya?

      Hapus
    3. dioda zener yg sebelah mana gan? Apakah kalo putus menyebabkan HU blank ya?

      Hapus
    4. Periksa semua dioda ziner nya klau putus bisa blank bisa juga mati total. Karena setrum short/hilang atau juga setrum melonjak dari ukuran normal, bisa mnyebbkn ic mati di jalur dioda zener.

      Hapus
    5. Dioda zener biasanya brapa volt ya gan?

      Hapus
    6. Gmna peruntukan nya. Klau pioneer ada 5.2v ada juga 9v ada juga yg 3.5v di lihat jalur nya arah ke apa dan brp vol kebutuhan nya.biasa nya di dioda nya juga udah di tulis vol nya.

      Hapus
    7. Kalo tegangan standby dari ic regulator itu biasany brapa volg ya gan

      Hapus
    8. Ada 11v,5v,12v,8v yg standby klau standby normal klau standby eror biasa nya 11v turun jd 8 atau 9v.

      Hapus
    9. Kalo stndby error tegangan yg keluar cuma sekitar 2 volt disebabkan apa ya gan?

      Hapus
    10. Itu hrus nya 5v brrti regultor tdk bkerja

      Hapus
    11. Regulatornya yg mana gan? Yg ic hp256 itu bukan?

      Hapus
    12. Klau jvc regultor nya seri BA.×××× depan nya lpa lg sya

      Hapus
    13. Itu juga hrus cek dlu transistor" driver nya.redistor dioda. Klau smua kmponent driver bgus brrti di pastikn ic regultor nya.

      Hapus
    14. Setelah saya cek dioda zener sama resistor gak ada masalah gan? Apa ic suara berpengaruh bila mai HU gak mau hidup ya gan? Kalo ic hp256 yg 7kaki gak ada dipasaran gan

      Hapus
    15. Mksud ny HP2564 7 pin/kaki? itu ic regulator power sekli gus regulator empeg dvd. Ada nya di dvd merk cina model kluaran sekrng. Ada yg jual msih sdkit di glodog sudah ada.

      Hapus
    16. Iya itu gan maksudnya. Di jogja gak ada yg jual. Apakah kalo itu mati dpat menyebabkan hu blank gan?

      Hapus
    17. Ya klau ic itu mati psti hu mati itu regulator utama sama regultor empeg.

      Hapus
    18. Apakah punya stok ic hp2564 gan? Solusi mengatasinya gimana ya gan?

      Hapus
    19. Ya mau gk mau hrus ganti ic nya. Terkdang juga udah di ganti ic hp2564 nya masih ada aja yg gk nyla kdang empeg mlh udah mati krna pas ic hp2564 jebol strum nya lost 12v masuk ke 117 jd ke empeg strum juga naik lbih dari 1.8v dan 3.3v. Saya ada juga copotan harga nya 150rb. Kalau mau beli online ni saya kasih link nya sekitar 150rb an juga hrga nya baru.

      Hapus
    20. http://www.yoycart.com/Product/544980669099/

      Hapus
  48. Siang gan,,, sy habis nyervis tape jvc yg udh usb, tadinya ada pesas eror wraiting,saya cek ternyata IC memory yg 8 kaki itu,,, stlah itu yg coba normal jaya,, tp untuk tombolnya eror kadang tombol next klo di pencet,malah pause volume di putar jg next, trus di putan volume jd pause jg,,, itu cara ngatasinnya gimana ya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti tombol next sama pause klau gk kepake cabut aja gk usah di pasang.klau masih ada remote nya.

      Hapus
  49. pagi mas....
    Numpang tanya, head unit saya jvc(ga tau tipenya).
    Koq bisa nyala sendiri ya(posisi waktu nyala sendiri) di cd, padahal sy ga pernah nyalain cd, cuma usb..pas nyala sendiri dan sy matikan ga berapa lama nyala sendiri lg..
    Sudah sy reset dengan colok tombol reset di bawah tmbol power jg cabut aki jg balik lg seperi itu...

    Nb: awal mula kejadian setelah sy ganti aki
    Terima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program eror atau ic regulator eror.cabut aja mekanik cd nya kalau yg empeg bawah. Klau gk cba dlu di masukin kaset biar kaset di dlm. Klau masih gk ngaruh ya hrus periksa regulator nya.

      Hapus
  50. Siap mas...
    Makasih ya mas, nanti sy coba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima ksih kmbali. Tmbhan: klau HU nya yg single cd,mp3,usb. Periksa juga tombol" nya kli ada yg udh rusak. Tnda ny tombol rusak yg bisa bikin tape hidup sendri wktu tape nyla tombol cuma kesenggol dikit udah bkrja tmpa hrus di pencet.tp biasa nya klau tombol yg rusak hu hidup sndri klau kabel merah acc tersmbung setrum.klau kbel acc gk d ksih setrum hu gk bkln hidup biarpun tombol ke senggol atau kna getran.

      Hapus
  51. met sore kang,,,,
    mau tanya kang,,, tape mobil ane aux sama usb kenapa ga bisa berfungsi ya,,,
    trm ksh kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merk nya apa kang? Coba usb buat ngecas hp masih mau pa gk..

      Hapus
    2. merk JVC ...buat cas hp ga bisa kang,, trus lubang aux jg sy pakai buat mp3 kenapa ga bisa ya ,,trm kash

      Hapus
    3. Buka dlu kpla depan nya periksa jalur di port usb sama port aux nya,atau pin kuningan antara kpla samain main body tape bersihkan sikat apa pke kuas.
      Jngn lupa d reset juga.

      Hapus
    4. oke kang sy coba dulu trm ksh,,,,

      Hapus
  52. Mz adi jvc saya kd R476 suaranya hilang setelah dinyalakan kira kira 2 mnt suaranya hilang sendiri.itu apanya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ic suara lemah,pnas ilang suara.dgn cttn cuma hilang suara ny tnpa ada gejla lain sperti di display berubh.

      Hapus
  53. salam kenal kang adi mau nanya nih HU saya merk mtech MDR 8350 mati total setelahg di ukur tegangan 9v dan 5 volt ga keluar kira kira apanya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telusuri dlu 5v utma untuk suplay ic program nya.5v ke tombol dan ir.

      Hapus
  54. malam gan..mohon sharingnya hu sy kenwood ddx 4031 tiba2 aja 1 harian mati gak bisa diidupin selang sehari pas mobil lg jalan tau2 nyala ndiri setelah nyala ndiri sekarang gak bisa dimatiin semua tombol gak bisa difungsikan kecuali lewat lcdnya, volumepun gak bisa dikecilin atau dibesarin
    kira2 apanya ya gan..udah sempet sy reset jg tapi msh aja gak normal
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iti perlu pengecekan di tombol" ny dlu.kali ada tombol ngunci/nekan terus atau jalur tombol putus.parah" ny ic program nya yg udah short. Langkah awal yg hrus d cek tombol" atau potensio bolume dlu.

      Hapus
  55. Siang mas Ady, mau tanya nih, saya punya tape jvc bawaan hondamobilio 2016, tapenya tiba2 mati, setelah di cek sekring semua lancar jaya. masalahnya kira2 dimana mas? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawaan mobilio brrti yg udah dobel dine.cba dreset apa blom?klau udah reset ttep mati,perlu di cek dlu di bagian kepala,kpla bisa di cabut. Pastikn jga pin" seng penghubung ke kpla kondisi nya bgus gk kotor atau mleot. Ada sikring yg nmpel di tape ny jga di cek dlu.

      Hapus
  56. Malem gan. Mw nanya neh. Hu sy merk nakamichi ant remote nya gak bisa mati meskipun hu nya dimatiin. Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transistor swich ny short/konslet,periksa tr ny.

      Hapus
  57. Pagi min mau tanya. Hu saya merk jvc pandora. Kenapa klo saya colokan usb nya slalu reading trus .. Mohon bantuannya min. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti usb dlu,usahain pke usb yg bagus bukan cina biasa,saran sandisk.usahain tidak banyak folder pas isi file ke usb nya.pastikan juga isi file usb nya .mp3 bukan yg lain.karna pandora masih pake extensi .mp3 .wav kemungkinan file extensi .flac jga masih bisa.

      Hapus
  58. asslkm...

    mas adi aku mo nanya ...

    tape standar ayla type M bawaan pabrik milikku nyala ... tapi tombolnya gak ada yg berfungsi ... cd pun dimasukkin gk bs kluar ... usb dimasukkin flashdisk gak kebaca... mohon bantuannya mas

    irawan/makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silah kan di bongkar dan cabut socket dlu trus d tncapin lg,klau masih tdk ada perubahan,brrti rusak program nya.

      Hapus
  59. mass mau nanya.saya punya tape jvc,bawaan brio,pas di pakai saya pindahim laguu langSung gabisa di pindahin ,trus ga bisa jalan di cabut flashdisk nya tetep ,tombol semua ga fungsi,apalagi yang di stir .tapi tape nya masih nyala.mohon bantu masih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program/software eror cba buat ngecas hp klau masih jalan brrti harus softwae,klau gk jalan buat ngecas brrti regulator mati,cba dlu cabut socket atau reset.

      Hapus
  60. Permisi kang,mau tanya saya punya tapemobil jvc,pada ic regulator lv5680n mati,kira2 ada pengantinya ngak ya/ persamaannya,,,bisa share toko yg jual.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ic reg itu belom dapet persamaan nya,kalau yg jual cba di BL atau TOKPD karena jarang saya jga blom pernh beli ic itu.

      Hapus
  61. Kang tape mobil saya bawaan alya yg single model CM4021 power nyala hanya sering kalau sudah nyala tombol2nya ga bisa di pijit. trus kalau sudah nyala misal lagi nyalain musik di usb suka tiba2 pindah track padahal ga di pijit apapun. itu apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu cuma ngnci tombol next atau ffwd nya saran ganti semua tombol yg sering di pencet,biar normal lagi.

      Hapus
  62. Assalamualaikum mas Adi saya mau nanya tadi kan aku nyalain head unit punya Xenia pake adaptor 18 bukan 12 volt kira2 rusak gak yah.. soalnya aku nyalain lagi pake 12 volt 2 ampere masih gak nyala?? Mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti nya ada ic regulator atau elco kembung kalau di ksih setrum 18v karna hu batas max 14v atau 14,5v

      Hapus
  63. Mas, mau tanya nih saya punya tape mobil JVC model N835, diPCB nya kok ga tertera tegangan 12volt nya dimna yah, tanda IC nya? Trus jalur input R,L,G ambil dari kabel head bisa?? Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus di cari pake tester di socket'' nya atau kaki transistor regulator, kalau ambil input di kabel head biasa nya over,di urut kan ambil nya di bagian sblum ic pre amp head

      Hapus
  64. Selamat pagi mas. Saya mau nanya, HU saya (Rodek double din, dengan TV, DVD, dll) di mobil Livina 2012, setelah ngelepas aki, kok jadi mati total ya. Padahal sebelumnya tidak ada masalah.
    Proses pelepasan aki baik dan normal, tidak pernah ada pemasangan kebalik dan semacamnya.
    Mhn petunjuk. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamt sore,masalah ny bukan saat lepas aki,tapi pas pasang aki hrus ny cabut socket tape dlu,soal ny kalau aki baru/baru di carge setrum masih di atas 14v sblm start mesin.cba cbut socket bbrapa menit pasang lg,dan tekan tombol reset kalau ada tombol reset nya. Kalau mash gk mau hdup brti ic regulator atau mcu mati.

      Hapus
  65. Punteun mas, mau tanya saya habis service doubledin Mtech yg tdk ada suaranya, tetapi setelah selesai service suara sdh muncul, pada saat on/off muncul suara "duk" di speaker suara lmyn kencang apalagi kalo pake power, suara on lebih kencang drpd off, mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elco elco di sekitar ic suara,ic tone ganti dlu usahakan ic suara dan ic tone di ganti baru,kadang udah bocor.

      Hapus
    2. Workshop sampean dmn mas?

      Hapus
    3. Saya di yudi audio bandung gan

      Hapus
    4. Terima service online ga kang? Dikirim kesitu
      Habis brp kira2 kalo masalah di atas kang?

      Hapus
    5. Terima service online tapi gk bisa naksir habis nya,harus di cek dlu kerusakan kalau sudah ketemu keruakan baru di kasih kisaran, ongkir pp di luar tanggung jawab.

      Sms only : 089623000637 call tanpa sms dlu di abaikan.

      Hapus
  66. mas punya saya merk sony cdx_v7800x kok tombol semuanya tidak fungsi. itu apanya ya kira kira. bisa nyala tapi tombolnya ndak fungsi semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aja dgn merk lain,periksa dlu tombol" nya dan bersihkan konektor kepala ke mainboard,

      Hapus
  67. Malam mas hu merek jvc radio normal tapi port usb mati biasanya bisa ngecas apa ada komponen yg mati mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau terllu sering buat ngecas hp kapasitar di atas 1000Mah bisa mati rangkaian regulator usb 5v. di sebut rangkain karna jvc gk mesti mati transistor regulator nya,bisa juga cuma resistor putus,ic mati, harus di cek lebih lanjut.

      Hapus
  68. kalau kasus tape mobil jvc saya muter sendiri di kasetnya , mode radio tau" ganti ke cd , trus posisi mobil mati dibagian kaset muter sendiri sampai aki tekor . mohon bantuannya min

    BalasHapus
  69. Mas adi mau nanyam tape jvc bawaan apv hidup tapi tombolnya gak berfungsi pernah saya reset kembali normal tapi balik rusak lagi tombol gqk berfungsi. Mohn bantuannya

    BalasHapus
  70. jvc saya kw-v10-- menu setting tidak aktif terus muncul scren bagaimana cara mengaktifkan tombol menu setting terimakasih

    BalasHapus
  71. Gan kenapa tape mobil saya tidak bisa mati jika d tekan tombol on / off secara otomatis tape mati terus setelah itu tanpa d nyalakan tape nya nyala kembali tape saya merk Jvc kw R500

    BalasHapus
  72. Gan tape mobil saya hilang kode ic nya pas mau di service, model nya adayo cr4803,..kira kira berapa ya kode ic nya..

    BalasHapus
  73. Bg, mau nanya bg, ini tape jvc saya nyala kok, cuman tombol2 nya gak mau dipencet, gak berfungsi dia, jadi, kalo mau nyalain tape harus pencet head panel dlu, trus baru bisa nyala ini tape, trus tmbol nya di pencet gak berfungsi, trus ptrus pencet lagi head panel cuman tombol volume aja yg berfungsi, yg lain nya gak berfungsi bg, tapi yg tombol volume cuman bntaran doang, trus gak mau lagi dia, trus skrg sering cd protect, gitu aja trus, tape nyala tapi cd protect mulu, gmna ya bg? Mohon info nya ya bg, mkasi bg sblum nya

    BalasHapus
  74. mau tanya alamat dan no tlp

    BalasHapus
  75. mau tanya alamat dan no tlp

    BalasHapus
  76. Assalamualaikum kang, mobil saya header unit nya nyala, tapi kok volume/suaranya ga keluar yah? Terus headunit nya ga bisa masuk kaset. Mohon solusinya. makasih kang

    BalasHapus
  77. Punya saya ga bisa respon cd maupun dvd knpa ya..cuma radio aja

    BalasHapus
  78. Mas adi dvd saya merk kenwood tdiny nyala saya nyalain musik pke bluetooch audio resiver tp g bunyi suara.. Setelah saya otak atik pencet tombolnya malah jd mati total. Itu knp y mas..trim.

    BalasHapus
  79. Assamulaikum mas...ni aku mau tnyain....aku punya HU jvc kode X100M...mati gak mau nyala mas....mohon pncerahan nya...apa aja yng hrus di gnti....tnks mas..salam knal

    BalasHapus
  80. klo smua lampu dan lcd nyala tapi smua tombol g fungsi kira2 apanya y boss....
    Trus saat dinyalakan HU nya g nyala hrs nyolokin usb dlu bru nyala...
    Dah mumet nih bos....

    BalasHapus
  81. klo smua lampu dan lcd nyala tapi smua tombol g fungsi kira2 apanya y boss....
    Trus saat dinyalakan HU nya g nyala hrs nyolokin usb dlu bru nyala...
    Dah mumet nih bos....

    BalasHapus
  82. Mas saya mau tanya tape merek ava lampu setanby nya nyala tapi layar nya redup, dan DVD nya juga gak bisa, tombol" nya gak fungsi juga, itu apanya ya. Makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  83. Om mohon pencerahanya,saya punya tape mobil jadul merk toyota.saat kontak ke acc tape langsung hidup,biasanya sih g gitu,trus stlah di matikan tape susah di hidupkan kembali,tombolnya jg byk gak fungsi,itu gmna ya om

    BalasHapus
  84. Tape mobil saya bawaan mobilio jvc kwr-500. Semua tombol fungsi normal, tapi kalo sdg setel usb atau Fm, tiba2 masuk ke cd player minta eject padahal tdk ada cd didalamnya. Saat saya matikan lgsh nyala lagi ke cd player. Mobil diam 3-5 hari, aki bisa tekor, ini saya curiga krn tape ini. Tape sdh sya reset, cabut sekring tapi sama saja.
    Masalahnya dimana ya? Trimakasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"