Warna kabel socket dan fungsinya Toyota Daihatsu


Assalamualaikum.wr.wb.


Selamat berjumpa lagi dengan saya dan papan tulis saya ini,semoga permirsa blog saya tidak bosan" nya untuk berkunjung,dan untuk yg baru dateng besok dateng lagi terus yaa,.hhehehe,.




Okey kali ini saya baru bisa isi post lagi,yang berjudul "Warna kabel socket dan fungsinya Toyota Daihatsu" yang penting toyota daihatsu yg masih ada socket Original nya ya,. soal nya disini saya akan membahas bukan tentang warna kabelnya,tapi letak kabel di socket nya.

Disini saya beri kan contoh mengunakan tape/head unit bawaan TOYOTA INOVA th 2008 tapi saya tancap dengan socket bawaan avanza tahun 2013 untuk socket yg besar dan yang kecil socket bawaan tape nya.
Karena pertimbangan untuk membuat post ini di rasa bisa berguna untuk para pemula yang belom mengenal posisi kabel socket untuk mobil toyota dan fungsi kabel tersebut,maka saya coba untuk sedikit membantu menjelaskan nya,walaupun tidak sejelas mata memandang,.hhhaaa..
Okey gan,.sist,..kita langsung saja ke PPATK saja,. kaliantau kan apa itu PPATK,..?? yaapp,.. betul smua PPATK atau di singkat (Pokok Pembahasan Artikel Tanpa Kelamaannn) hhhhaaaa,..
Langsung sajaperhatikandan cermati dan ingat" Gambar di bawah ini :

<a href='adisafilin.blogspot.com'>Foto pribadi</a>
Perhatikan posisi kabel dengan Nomor nya yg sudah saya coret" itu.
Disini saya akan menjelaskan mengunakan nomor nya tidak mengunakan warna kabel,karna beda jenis mobil beda pula warna kabel nya apa lagi kalau tahunkeluaran mobil nya berbeda jauh pasti warna kabel nya berbeda tapi untuk socket dan posisi kabel yang nempel disocket tetap sama dan fungsi kabel itu sendiri masih sama.

Saya kasih contoh di socket yang ada di gambar di samping ini.
Contoh ;
Nomor 1 warna kabel nya HITAM strep PUTIH jenis kabel nya tunggal serabut ukuran sekitar 1 setngh mili, itu Berfungsi untuk Strum Langsung atau B+ Kalau di tape bukan bawaan mobil atau di tape cina dia berwarna KUNING,dan Biasa nya ukuran kabel nya juga lebih besar dari pada kabel yg untuk keluaran ke speaker,nah karna ini tape bawaan jadi warna nya beda dan ukuran juga berbeda.

Jadi kalau mau ganti tape Original ke tape cina maka kabel HITAM strep PUTIH di socket Original TOYOTA itu di sambung ke kabel KUNING yg ada di socket tape cina yang akan menjadi pengganti,karena fungsi kabel tersebut sama yaitu untuk B+ atau setrum langsung.
Gimana,..? sudah paham atau dong pemirsaaa?? harus nya dong lah ya,. kalaumasih bingung di baca lagi kalau blom dong juga baca lagi dan seterus nya,..

Baiklah sekarang contoh udah di kasih tau sekarang saya akan mejelaskan fungsi kabel yang ada di socket bawaan/Original mobil branded TOYOTA Gambar di atas.
Saya saran kan anda memahami letak kabel nya di socket jangan sampai terbalik ngurutin nomor nya dan letak kabel nya, kalau kabel di socket yang kamu punya tidak sama dengan gambar di atas misal lebih banyak kabel nya yg penting kamu pahami yang letak kabel nya sama seperti gambar di atas.

Okey di bawah ini DAFTAR  URUTAN KABEL DAN FUNGSI NYA ;

Nomor :
  1. B+ (setrum langsung)
  2. ACC (kontak acc)
  3. speaker front + (Right)
  4. Speaker front + (Left)
  5. Speaker  Rear + Right)
  6. Speaker Rear + (Left)
  7. Speaker Rear - (Left)
  8. Speaker Rear - (Right)
  9. Speaker Front - (Left)
  10. Speaker Front - (Right)
  11. GND (ground/masa/bodi mobil)
  12. ILL,ILUMI (Lampu senja/Lampu kota)
Dilihat gambar nya dan di cocok kan dengan data di atas ini ingat panduan nya adalah pada nomor kabel gambar di atas dan di lihat DAFTAR URUTAN KABEL DAN FUNGSI NYA.Jangan sampai salah sambung kabel karna ber resiko tape rusak atau konslet apabila salah menyambung kabel" nya.
Data di atas Berlaku untuk Socket - atau Tape Original dari Mobil brand TOYOTA entah itu avanza,Inova,agya,yaris,fortuner dll bahkan Xenia dan terios ada yg sama utnuk yg tahun lama,kalau sekrng kayak nya masih juga sih, yg penting socket Original nya masih ada smua dan sama bentuk,letak kabel nya di socket.
Hanya saja setiap beda jenis mobil biasa nya warna socket atau warna kabel nya beda beda,dan ukuran kabel nya juga ada yg berbeda ada yg lebih kecil biasa nya untuk yg mobil keluaran sekarang baru-baru.
Yahh,. saya rasa anda sudah tau dan sudah bisa langsung pasang sekarang asal jangan pasang Togel,. hhhaaa,..

Jangan lupa tonton video nya dan jangan lupa di SUBSCRIBE LIKE dan di SHARE ya,,
Jika ada pertanyaan kritik dan saran bisa di komen di youtube agar bisa di jawab secepat nya.

VIDEO :


Okey cukup sekian dulu untuk post ini smoga masih di beri umur panjang dan sehat sllu untuk sang penulis dan sang pembaca/pengunjung setia saya.
Terimakasih dan Sampai berkunjungk kembali,.hhheee,..

Komentar

  1. Terima kasih
    Sangat membantu... kini udah menikmati musiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okey.. terima kasih kmbali gan..

      Hapus
    2. Om kalo mau nambah odo meternya gmn caranya d mobil avanza 2017 yg baru ????

      Hapus
    3. Odo meter itu apa? Ap mksd nya spedo meter? Klau iya saya gk bisa bantu,saya sendri gk tau kabel" spedo meter.

      Hapus
    4. gan...cara masang utk -+nya speaker kanan kiri ngmn urutannya...
      itu yg tercantum LR aja...trims

      Hapus
    5. Bang utk Head Unit Ori Luxio merk jvic Sama kah dngan Soket diatas

      Hapus
    6. Bang utk Head Unit Ori Luxio merk jvic Sama kah dngan Soket diatas

      Hapus
  2. Kalo head unit avanza s diganti pakai head unit agya/ayla tinggal colok soketnya atau engga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tinggal colok saja asal bentuk socket nya sama.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kalo pasang amplifier posisi kabel REM disambung dimana ?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake saklar pisah sambung ke kabel acc biar kalau lupa maitiin sklar, power ttep mati kalau kunci kontak di cabut.

      Hapus
  5. mas saya punya tape mobil toyota 86120-0k14o mau untuk salon aktif bisa ga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk salon aktif gmna mksud nya? Tape toyota itu udah ada out speaker nya 4 × speaker. Klau mau buat input tinggal matiin kaset nya smbung kabel rca buat ke vcd/hp.

      Hapus
  6. Mas itu soket sebelah yang 12 pin sama 20 pin bisa diakalin ke mode aux gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pin nya 20 bisa si soal nya itu yg buat cd canger kalau yg 12pin itu buat tmbol external. Cuman agak ribet tuh harus nyari pin sensor nya buat ngunci di menu cd canger. Saya sendiri blom pernh nyobain.

      Hapus
  7. Permisi Mas, mau menanyakan, kalau head unit Avanza Xenia generasi pertama kan pakai fujitsu ten (cassette), nggak ada mode aux maupun usb nya, nah itu bisa nggak dimodif biar bisa ada mode aux nya?atau, kalau mau nyoba masang universal usb mp3 player di HU tersebut, gimana caranya yah mas?mohon share ilmunya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cuman mau ada aux gmpang tinggl beli kabel aux yg bentuk nya kaset. Klau mau pasang modul usb hrus bongkar. Smua.

      Hapus
    2. Mas adi cara pemasangan doubel din cne 8213 ada panduannya mas?

      Hapus
  8. Gan, kalo pasang tape cina untuk honda cielo urutannnya gimana?

    BalasHapus
  9. Gan, kalo pasang tape cina untuk honda cielo urutannnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan untuk pertanyaan anda saya ngk bisa kasih penjelasan pasti karena saya gk pernah perhatiin warna kabel di mobil honda. Biasa setiap pasang pasti pake tester karna di honda banyak nya warna kabel beda" setiap beda jenis mobil nya. Jadi pake tester aja pertama cari setrum langsung/standby kedua cari setrum acc/kontak ketiga cari ground dan sisa nya kabel speaker 8 helay kabel lampu senja 1 helay dan kabel setrum antena(kalau antena nya motorest) kalau antena nya yg di tarik biasa gk ada kabel setrum di socket bawaan nya. Setelah ketemu kabel" tadi baru di sambung ke tape. Cara nya ada di post saya silahkan di lihat aj buka beranda dan cari yg cara pasang tape cina.

      Hapus
  10. Mas saya masang head unit tape merek mycarr semuanya berfungsi(usb,aux,radio,dll) cuman tulisan di head unitnya kotak2 gt mas gak bisa di baca,segmen tulisannya aktif semua gt mas gak membentuk tulisan, tp tape bisa baca, terimakasih mas

    BalasHapus
  11. Mas saya masang head unit tape merek mycarr semuanya berfungsi(usb,aux,radio,dll) cuman tulisan di head unitnya kotak2 gt mas gak bisa di baca,segmen tulisannya aktif semua gt mas gak membentuk tulisan, tp tape bisa baca, terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masalah nya di tape nya coba lihat nya dari bawah nya tape mksud nya mata kita jangan sejajar dari tape atau lebih atas dari tape tapi nungkul dari bawah tape.biasa nya akan terlihat jelas. Kalau ttep gk terlihat jelas ya harus bongkar tape ada regulator atau resistor putus di jalur strum ke ic panel depan ic di belakang panel tampilan nya. Jadi setrum over yg mmbuat ic tampilan juga over output segmen nya jadi nyala semua segmen display nya. Kalau udah lama seperti itu bisa ic nya short harus di ganti ic display segmentl nya.

      Hapus
    2. Iya mas @adi cidang betul banget klu sudut pandang kita dari bawah nampak tulisannya, perbaiki komponen apa kira2 itu mas, terimakasih mas....

      Hapus
    3. Cek 5v di pcb panel depan 5v buat display nya ke gedean penyebab nya bisa resistor lost atau transistor 5v nya lost. Di urutin jalur nya aja dan di ukur hambatan" di jalur itu td.

      Hapus
  12. Juragan, mohon info kalo socket mobil yaris 2017, apa sama dengan toyota pada umumnya ?
    Saya mau pasang subwoofer kolong tapi bingung cari kabel+, - dan kabel remote.
    Tolong dishare

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom sempet fotoin jadi belom bisa share 2017 brrti yg udah system android kalau mau pasang sub mending di cari setrum nya pake teater dlu jangan cabut socket dari tape nya.

      Hapus
  13. Mas..saya mau pasnga tape bawaan toyota agya ke truck canter..fungsi kabel hijau kuning sperti mas jelaskan untuk ILL ( lampu kota /lampu senja si sambung kmna..mksih

    BalasHapus
  14. Mas..saya mau pasnga tape bawaan toyota agya ke truck canter..fungsi kabel hijau kuning sperti mas jelaskan untuk ILL ( lampu kota /lampu senja si sambung kmna..mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau do cunter kan lampu senja nya 24v jadi kabel itu gabung ama kabel acc aja tp yg udah 12v jgan yg 24v nya.

      Hapus
  15. Maaf agak nyimpang dikit,saya pernah nglepas hu fortuner'12,soket saya cabut trus saya pasang lg kok ga mau nyala lg ya...pengapian normal smua padahal,trus di kasih ke tukang service langganan,katanya dia ga bisa nyervicenya,soalnya pada kasus yg sama dia ga tau sebab hu mati total

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan fortuner dll mobil yg baru" terutama. Kalau cabut head unit bisa mati bahkan ada jenis mobil yg kalau di cabut head unit spion juga gak bisa mekar lg.

      Kalau untuk yg fortuner saya ada teman di tangerang yg bisa buka protech nya cuman masih mahal 800rb buat nge jumper program nya biar bisa hidup lagi si tape.hati" aja kalau cabut head unit kalau ori ford di cabut socket di hidupin lagi minta kodep pin.

      Hapus
  16. mf omm...klo mitsubishi kabelny ada 4 pasang 2 kabel ditengah.
    dan tiap kabel ada 2 warna stri

    BalasHapus
  17. mf omm...klo mitsubishi kabelny ada 4 pasang 2 kabel ditengah.
    dan tiap kabel ada 2 warna strip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih klau mitsubishi bnyak kabel yg sama jdi gk bisa perhatiin. Harus pake tester biar gk salah mana setrum mana speaker gan..

      Hapus
  18. Bang...ane kn pke hu bawaan avanza...nah..koq kabel rem dr ampli d colok k hu acc ny gbsa yakk?? Pa langsung d jamper ja k power 12 volt yg d ampli ny..nnti tinggl d pakai saklar????

    BalasHapus
  19. Acc nya udah nyambung ke kbel acc d mobil nya apa blom? Harus nya bisa,bgtu di hidupin kontak ke acc tape hidup dan power juga hidup. Dan di saran kn masih pake saklar juga biar bida d matiin sewaktu lg posisi jalan. Mungkin kabel dari rem power ada putus cek dlu. Bisa juga di jumper di 12v power dn pake saklar cuma kalau lupa gk matiin sklar power hidup trus dn nyedot setrum maka nya kadang abis setrum.gk bsa starter mesin.

    BalasHapus
  20. Maaf mas Adi numpang nanya,sy baru beli HU copotan avanza2014 yg singledin mau sy pasang di mobil kijang super bapak sy, yg jdi pertanyaan sy cara penyambungan USB dan apa saja yg diperlukan,mengingat HU ini bisa di conek USB tp colokannya di consolbox klu ngk salah.... Mohon informasinya. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tape bawaan seri berpa ya? Setau saya klau ori 2014 yg masih single itu hu nya merk fujitsu cd,mp3 aja blom bisa usb. Bisa di kirim foto dlu nya k saya?

      Hapus
  21. mas kalau mau tambah power di mobil agya kabel audio ke input power pakai yg mana ya? soalnya di out put Head Unit tdk pakai ground, sedangkan di input power butuh R Gnd L. Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di bls di email gan lihat di email.

      Hapus
  22. ok... siip
    terima kasih infonya
    salam kenal

    BalasHapus
  23. Sg bos..maaf mau tnya...untuk kabel remote yg ada pada CD all new Xenia itu warna biru polos apa warna biru yg ada strip putihnya ya.. Maka
    sih sblmya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang menjelang sore boss.. Kabel remote warna biru strep putih,biru polos antena.

      Hapus
  24. Mas broo, kabel RCA OUTPUT pada head unit standar all new avanza 2012 yang mana ya?
    Saya sudah ikut tutorial,dri warna kabel sampe fungsinya sudah...
    Nah untuk outputnya yg mana ya?
    Ada kah di head unit standar?

    BalasHapus
  25. Output audionya maksudnya Mas Bro...
    Buat ke input power amplifier, bisa ga ya?
    Mohon pencerahannya mas broo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ke power tapi pake converter audio dulu..sambung ke kabel speaker buat yg rear.

      Hapus
  26. Maaf Gan utk tape fujitsu ten spt Pak Aditya Ramadan mau sy pasang di mobil kijang super caranya gmn ya,minta penjelasannya terimakasih.

    BalasHapus
  27. Maaf Gan utk tape fujitsu ten spt Pak Aditya Ramadan mau sy pasang di mobil kijang super caranya gmn ya,minta penjelasannya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara nya kaya di atas persis yg udah saya jelaskn serta posisi kabel" nya yg terpenting harus masih ada socket nya.biar sama persis kaya di atas cara nyambung nya. Klau kijang super masih ada socket bawaan nya tinggl colok langsung jadi.klau socket bawaan nya udah di potong brrti harus nyari satu persatu antara kabel setrum ground dan ke speaker nya. Smga membantu.

      Hapus
    2. Yg sy bingung kabel yg warna apa yg ke strum,sm yg groundnya.
      Soalnya yg dr mbl cuma ada kbl merah strum sm kabel item ground trs yg di tapenya gk ada kabel warna merah,kuning sama item polos bingungnya disitu Gan.

      Hapus
    3. Maka itu di ats saya udah jelaskan berdasarkan letak posisi kabel bukan warna nya. Baca lagi postingan di cermati juga posisi socket jangn sampai terbalik ngurutin letak kabel nya.

      Hapus
  28. Numpang tanya bang Ad,sy pk audio doubeldin toyota veloz 2017, udh pasang power 4ch,tp kabel remnya blm d smbung ke hu, pertnyaanya kabel rem/remot di hu yg mn bang Adi ? Mksh sblmnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau socket bawaan nya kaya di atas itu gk ada buat rem ke power pak..ada jga cuma antena radio,klau pindah kaset rem nya mati.mendingan pke sklar saja.

      Hapus
  29. Misi gan..
    Saya mencoba nyambungi kabel salon pintu dr HU bawaan ke power. Mohon pencerahaanya untuk warna kabel masing-masing salon. Oh ya mobil saya new great xenia 2016. Matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau hu bawaan nya pioneer,jvc atau kenwood warna kabel nya sama dengan warna kabel tape cina. Lihat postingan di beranda blog.

      Hapus
  30. Maaf mas sy formula di elektronik mau nanya cara menghubungkan cd chager kenwood ke tape jenis apa ya mas
    Kalau sy punya tape kenwood casette jadul bisa ngak mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut dari jack nya setiap merk beda" kalau cangger kenwood harus ke tape kenwood jga. Dengan catattn jack nya sama itu pasti bisa.

      Hapus
    2. Dmn bisa sy dapatkan kabel yg jack nya sana mas,bekas jg boleh yg penting msh ready

      Hapus
    3. Jack nya biasa nya udah nempel sama cangger nya. Dan d tape nya udah di sediain port nya buat ke cangger itu klau yg tape nya udah mendukung cd cangger klau blom ada port cangger di tape ta blom bisa di sambung ke cd cangger.

      Hapus
    4. Tape nya udah mendukung dan t4 colokan di samping canger ada cm sayang nya kabel bawaan tinggal di mobil kata teman yg jual sm saya
      Katanya kabel nya aja yg di cari

      Hapus
    5. Kenwood lg kosong,ada ny pioneer bos..

      Hapus
  31. maaf mas,sy mau tanya.speaker bawaan toyota avansa,innova,nav 1,tu apa sama smua ya.trm ksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk resolusi in sama tapi beda di lubang baut dan plastik pinggir nya. Saran ganti konvensional dan lubang baut ulang.

      Hapus
  32. maaf mas,sy mau tanya.speaker bawaan toyota avansa,kijang innova itu apa semua y mas.trs klo ganti speaker,yg bagus bentuk ringx bulat biasa apa hrus sesuai dg bawaan toyota.trm kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti dgan yg 6,5 in koaxial atau spleat buat lubang baut ulang. Antara avanza inova beda bubang baut nya. Klau in nya beda sdikit lbih gde inova.

      Hapus
  33. Fungsi kabel ill, ilum buat apa gan?, apakah harus dapat suplai 12vdc??

    BalasHapus
  34. Cara pasang aux di headunit avanza tipe s gimana ya bos .kalo di ertiga disuruh cari right ch dan left ch. tapi saya tidak tau right ch dan left ch avanza.trm.kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tape ori avanza itu gk suport aux jadi kalau mau pake aux harus matiin radio.sementara klau matiin kaset ada sensor pergerakan kaset yg harus di kunci.saya sendri gk malas oprek di bagian kaset nya.sering nya kalau pasang aux matikan bagian radio ambil input nya.

      Hapus
    2. Pak adi ini punya saya avsnza 2013 babawaanya ada aux sama usb. TapiTapi soketnya di bawah dasbort.

      Hapus
    3. 2013 keatas versi velos sudah ada,tinggl colok usb,aux. untuk type E blom jga

      Hapus
    4. Numpang om,, xenia 2010 pke tape jvc kalau pasang jack usb+aux gmn cranya om,, soalnya posisi tapenya udh rubahan maklum dpt mobilnya 2nd,terimakasih

      Hapus
    5. Posisi tape sdh support usb+aux cmn colokannya aj yg gk ad om

      Hapus
  35. Mas mau tanya saya ad tape agya ori mau pasang ke sedan tp bingung kabel2ny yg mana,soal ny kabel soket ny udah d putus
    masa yg mana api turs untuk spek ny tolong d bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klau socket di tape nya kan sama kya di atas,klau yg di mobil ny itu yg beda" warna kabel ny,jadi cari dlu pke tester. Langkah nya cari setrum dlu,setrum B+,acc,dan kabel ground ny.sisa dari kabel tersebut adalh kabel speaker 8 kabel,kabel lampu senja + 1 (kdang ad yg min/ground ny jga tersedia dsitu),klau msih ada disa lg itu kabel setrum buat antena radio/tergantung mobil ny setiap mobil beda".

      Hapus
  36. Mas tau gak waran kabel arde 1dan 2 nya agya 2017

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau warna di socket mobil ny kurang paham,gk pernah perhtiin warna nya,soal ny klau pasang berdasar kn letak kya di atas,klau yg udah di potong socket nya di cari pake tester.jd maaf ini tidak bisa membantu.

      Hapus
  37. Mas ada no WA.. ada yg mau saya tanyakan.. agak panjang dan ribet sih..

    BalasHapus
  38. Tave bawaan inova tipe v 2007, mo ditambahin power biar suaranya lebih nyaman, giaman caranya ???
    Apa harus ganti spekernya ???
    Matur jesuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bos minimal speaker nya di ganti semua pke yg bermerk misal speaker depan pke speaker split/komponent merk JBL, dan yg di pintu tengah pake speaker coaxial merk JBL jga,sekedar contoh,speaker yg bagus banyak bnget merk ny,asal jangan speaker" cina yg harga murah,jangan lupa jga tambahin sub woofer pke 10" jga udah bagus klau buat suara SQL.power ny jga jangan pke cina.

      Hapus
  39. Selamat siang Mas Adi Cidang, mau numpang nanya HU OEM Toyota Yaris 2012 saya model socketnya sama dengan gambar yang Mas Adi diatas, rencana saya mau memasang Subwoofer namun saya cari kabel Remote/REM tidak ada di socket tersebut, setelah saya explore di google saya menemukan info kalau kabel Remote/REM berada di posisi diantara 11 dan 12 (yang 2 port kosong)

    Lalu saya lihat2 socket dengan model yang sama ada yang jual di salah satu olshop ada sama percis, disana saya lihat kedua port kosong tersebut diparalel jadi satu keluaran dan dia bilang itu jalur untuk Remote/REM ke Subwoofer/Amp, apakah benar itu adanya ya Mas mohon informasinya Mas Adi, sebelum dan sesudahnya makasih banyak ya Mas atas share ilmunya di Blog ini :)

    BalasHapus
  40. Selamat malam , kabel yang ada jek RCA tulisannya SWC buat apa ya , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat ke sub woofer, kalau yg warna nya hijau.

      Hapus
  41. Mas saya punya hu avanza th2013 yang saya tanyakan. Mana ya pin untuk aux dan usbnya.? Soalnya mau tak pasang di colt Tmakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom ada aux sama usb nya kalau yg udah usb aux dia langsung di deapan jack" nya. Itupun untuk jenis dobel dine aja.

      Hapus
    2. Mas nyambung, HU avanza yg nggk ada input aux & usb bisa nggk ditambah sendiri inputnya? Caranya?

      Hapus
  42. ikut nanya mas.. kok habis pasang power sekrang setiap menghidupkan soud muncul suara jedug yg menggelagar? kira2 yg salah apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi gj ada yg salah,cuman ada storing,entah power nya atau tape nya,bisa jga dari kabel RCA nya, volume di power nya di stel kecil biar gk terllu kencang bunyi jedug nya. Tapi bisa juga salah pasang kabel remote nya.jadi power nyala lebih dulu daripda tape,normal nya tape dlu yg nyla baru power nyusul nyala.

      Hapus
  43. Mas, head unit altis 2012 soket sama persis gambar, dan soet ada 3, soket yg ketiga itu kabel buat remote steer dan lampu mundur yg mana ya, mau ganti hu yg support kanwra dan remote steer juga,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Socket yg ke tiga buat ke stir kabel ny cuma 3bji.klau kabel lmpu mundur ny ttep ngmbil di blkng di lmpu nya.HU cina skrng udah bnyk yg socket steer ny tinggl colok,udah di sediain.klau yg bermerk blom.

      Hapus
  44. gan mo nanya.. utk tape mp3 bawaan avanza sprti gmbar di atas
    ada output video nya ga yah.. klo ada di kaki socket belah mana yah.. soalnya mau di pake di rumah buat di sambung ke tv

    BalasHapus
  45. mama nih yg pnya kamar.. kok ga di jawab ane nanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tape yg masih cd,mp3 belum ada video output.!

      Hapus
  46. malam gan, untuk avanza G 1,5 2017 double din bentuk pin dan susunan sama, akan tetapi warna beda apakah fungsi tetap sama?berikut susunan warna pin 12 avanza 2017 disesuaikan dengan penomoran gambar diatas:

    1. Hitam
    2. Pink
    3. Hijau Tua
    4. Cokelat Muda
    5. Putih
    6. Merah
    7. Biru Tua
    8. Kuning
    9. Biru Muda
    10.Pink
    11.Cokelat Tua
    12.Hijau Muda

    kesemua warna tanpa ada strip, mohon bantuannya gan trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diatas post udah di jelasin,itu sama asal bentuk dan posisi pin sama

      Hapus
  47. saya mau ttp pake tape bawaan gan, tapi mau tambah PA, rencananya speker kanan kiri depan langsung tape, untuk yang ke PA adalah speker kanan kiri belakang + subwoofer, seperti yg agan jelasin diatas kabel REM melalui ACC mau dibuat saklar on/off, tetapi buat konver ke RCA yg untuk ke ampli pake momor berapa ya gan?, skali lagi mohon bantuannya gan maaf masih newbie trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor 3,4 dan 10,9 di potong, potongan kabel yg nempel di socket tape itu buat ke converter rca potongan yg nempel ke jalur bodi itu buat ke power, jangan terbalik per jalur ny nomor 3 plus dan 10 min dan yg nmer 4 plus nomer 9 min. Nya.

      Hapus
    2. 1. menurut pengalaman gan Adi adakah perbedaan durasi (kecepatan dan terlambat) sinyal suara antara speker yg bersumber dari POWER dengan speker yg bersumber dari HU?
      2. bila pertanyaan nomor satu (diatas) terjadi apakah CAPS. BANK dipasang diantara ACCU dan POWER bisa jadi solusinya?
      3. kalo RCA saya pasang ke 5,8,6,7 (rear) bukan ke 3,4,10,9 (front) efeknya apa ya gan?
      maaf gan belum saya coba semua, karena masih cari soket aftermarket supaya tega motonginnya..hehe

      Hapus
    3. 1.khusus di monoblock bisa ada keterlambatan sekitar 0,5 smapai 1 detik, itu jga bergantung kualitas HU,Kabel rca.
      kalau di power 4ch,gk ada keterlmbatan kecuali power bermslah di rangkaian pemrosesan suara/tone control nya.
      2.gk bisa kapasitor hnya menampung setrum itu pun gk lebih besar dari aki motor 5A.
      3.efek nya kalau FADER di putar posisi rear speaker depan sama sub woofer mati,sedang kn kalau posisi rear sebalik nya,selain itu gk ada beda,paling beda di kualitas suara,karena perbedaan output dari ic tone,itu pun gk terasa beda di telinga. posisi rear hanya untuk antisipasi fader aja.

      Hapus
  48. Mas klo saya mau pasang subwofer apakah hu harus ganti?rencana mw beli paket audio.mungkin ada saran dari agan.mw di aplikasikan di avanza e 2012.dn yg q bingung di pojok sebelah kiri belakang hu ada kabel colokan warna hitam itu fungsinya apa y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus keluaran suara nya ya ganti hu,tpi klau mau pke bawan nya jga bisa,cuma tmbah converter audio sama saklar buat hidupin/mati power nya nanti. Colokan hitam itu kabel ke antena radio.

      Hapus
  49. O...gitu berarti ngambil out masuk ke power nvambil dari speaker y.berarti setrum power ampli langsung dari accu y.dn apa accu gk tekor nantiny?mohon infony

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aki dan power normal gk akan tekor asal acc gk di hidupin.

      Hapus
  50. Gan apakah klo pasang ampli saluran kabel remot wajib pake saklar?apa bisa di sambung langsung?dan gmbar di atas no 12 lampu kota maksudny gmna..dn berarti intiny urutan pasang ampli.sambung kabel
    setrum accu langsung terus setrum acc ground dn kabel sp input ke conferter out ke ampli.dari ampli out crosofer terus ke sp trible mid bas.klo salah mohon di luruskan biar gk jadi petaka.hehedan satu lagi biar accu gk tekor gimana dn wajibkah pake capasitor bank.jika ia gmna cara pemasangan capasitor bank..?trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di tape nya belom ada kabel remote harus pake saklar ke remote power nya tujuan nya biar aman aja. urutan nya udah bener begitu.

      kabel no.12 lampu kota maksudnya kabel itu sambung dengan kabel lampu kota/senja di mobil tujuan nya biar tombol di tape menyala saat nyalain lampu kota.

      Hapus
  51. Mkasih gan sangat jelas infony dn mudah di tangkep.karen q buka soket sama persis kaya gambar cuma warna kabel beda.oya kan di tape ny gk ada kabel remote terus ngambil kabel remot dari kabel mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel remote memng gk ada klau bawaan biar pun ada cuma buat antena,jd keluar setrumkalau pas radio,klau di pindah ke kaset ilang,saran pake saklar aja ambil dari kabel acc.

      Hapus
  52. Mas dvd fujitsu ten inov 2014 pertama normal skarang ga bsa idup trs smua panel di lcd cmn radio yg aktif mhon pnjlasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa hu nya kaya di gambar di post ini? klau iya itu program/mcu nya mati, bisa di cek setrum buat mcu dlu,klau setrum normal brrti ic mati. kalau bisa di bongkar aja dlu bersihin danperiksa jalur pcb nyabarangkali ada putus jalur ny.

      Hapus
  53. Misi om mau tanya ni om...klo untuk HU std terios fungsi lobang soket yg sebelah kiri yg ga ada kabel itu apa om...sangat di tunggu pencerahan nya om...makasih om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu buat stering weel tombol ke ster gan,kalau yg di stir mobil ada tombol'' nya.

      Hapus
  54. dede mulyana s31/01/18, 21.07

    Permisi mau tanya pa kalo HU bawan terios 2012 tx bllom ada aux .. apa bisa di pasang aux ?? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pasang aux paling mudah beli kaset conert to aux di olshop bnyk jual,bentuk ny kaset pita tapi ada kabel aux ny,tinggl masukin ke tape langsung colok hp,klau mau bikin sendri paling mudah matiin radio,cabut tuner tinggl cari pin input pasang lg tuner putus jalur pin input ke tuner ambil ke kabel aux,klau matiin kaset susah jga harus di cari sensor kaset in.

      Hapus
  55. numpang tanya om .... saya pake HU cina,alhamdulillah sukses install sendiri (soalnya udah ada keterangan d tiap kabelnya), tinggal dua jalur kabel yg mau saya tanyakan om
    1. kabel bertanda PARKING
    2. kabel bertanda P CTR
    jalurnya d sambungin k mana ya
    .... THX ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parking k3 ground p ctr ke power ampli/remote klau gk ada power gk ke pke.

      Hapus
    2. matur nuwun mas adi

      Hapus
  56. Slmt mlm bos Adi, mohon bantuannya ya boss..?? Makasih bnyk sbelumnya. Ane kan ada innova type G thn 2010, HU nya masih standart/ori nya. Nah HU nya itu kan ga ada colokan buat AUX nya, kalo mo bikin port AUX tambahan itu gmana ya bos?? Biar bisa nyolokin henphone ke HU nya (nransfer audio/music dr hp utk didengerin lewat HU). Pertanyaan ke-2 nya, kalo misalnya pengen replace HU nya dg tablet android, itu caranya gmana ya boss?? Ngakal kabel power biar bisa jd source powernya si android gmana ya bos?? Ama cara ngakal kabel2 speaker (no. 3 s/d 10) itu biar bisa nancep ke colokan headset nya si android?? Barangkali bos Adi berkenan bikin tutorialnya gitu?? Hehe.. Kalo utk dudukan or tab holdernya mungkin ane bisa ngakal sendiri. makasih buanyak sblm nya... salam.. 😊

    Regards,
    Iwan - Kediri

    BalasHapus
  57. Mhn maaf, tambahan, di HU nya ga ada utk kaset, cm ada cd/mp3, jd ga bisa pake converter cassette to AUX. Makasih

    BalasHapus
  58. Pagi Om adi,,, kbetulan ane liat tutorial bikin AUX input di youtube : https://m.youtube.com/watch?v=oXYHtoTCdFY. Kalo dipraktekkan di HU standartnya innova 2009-2011 gmn ya suhu? Ga ada CD changer, tp pake jalur CD room nya, karna radionya msih dibutuhkan. Mhn pencerahannya. Makasih bnyk

    BalasHapus
  59. Klo di heat unit new ayla buat reverse warna apa boz....sama vidio camera kabel warna apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. new ayla yg udah touchscreen blom pernah bongkar bos blom bisa bantu.

      Hapus
  60. Bos mw tanya klo di atas kabel remotnya dimna.klo mw pasang power kabel remotnya kemana nyambungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada kabel remote nya kalau mau pasang power ambl di kabel acc tambahin saklar juga biar sewaktu waktu lagi jalan tidk mau ada musik bisa di matiin.

      Hapus
  61. Bos mau tanya...pada Avanza 2010 tape bawaan pabrik kan tidak ada RCA outputnya bagaimana kalau mau pasang PA ya Boss makasih atas jawabannya

    BalasHapus
  62. Bos mau tanya...pada Avanza 2010 tape bawaan pabrik kan tidak ada RCA outputnya bagaimana kalau mau pasang PA ya Boss makasih atas jawabannya

    BalasHapus
  63. Bos mau tanya dong...pada tape bawaan pabrik Avanza 2010 kan tidak ada RCA outputnya gimana caranya supaya bisa di pasang PA Boss terimakasih

    BalasHapus
  64. Bos mau tanya dong...pada tape bawaan pabrik Avanza 2010 kan tidak ada RCA outputnya gimana caranya supaya bisa di pasang PA Boss terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo 2 channel pake yang front aja bos dikasih converter ke rca, jangan salah masangin +- & kanan kiri
      sama sambungin kabel rem dari pa ke tapenya kalo gaada sambungin acc tape aja
      cmiiw

      Hapus
    2. Terimakasih gan Muhammad Rofi sudah membantu memberikan masukan.

      Hapus
    3. kang domisili dimana?? punya workshop juga gituu?

      Hapus
  65. Tanks ya bang artikelnya...sngat membantu...sy pengen ngasih bintang tp gtau letaknya dmn...mklumlah sy "pemalu" Eh pemula mksudnya...

    BalasHapus
  66. Selamat siang bang.
    mau nanya..saya ingin ganti speker standar dengan speker split..apa bisa disambung langsung ke HU/tanpa ampli
    Terima kasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja langsung ke tape tanpa ampli cuma suara kurang renyah,beda sama ori nya gk begitu ketara tergantung watt sp split nya.

      Hapus
  67. Sangat membantu boss .terima kasih banyak2

    BalasHapus
  68. Juragan skema soket sigra single din mohon pencerahan dong. Maklum pemula

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Maaf bung numpang tanya...
    Saya punya tape Toyota Avanza 2011 yg sudah tak terpakai..(udah di ganti dengan yg ada dvdnya.) Terus saya pingin manfaatin untuk pakai di kamar dengan di pasangin speaker/salon .tapi saya tidak tau kemana kabel yg untuk ke adaptor ( arus DC ) dan yg kesalonnya..tolong bisa bantu kan..

    BalasHapus
  71. Boss saya mau pasang suboofer tapi masih pake head unit bawaan yg fujitsu, untuk input ke power saya vake converter dengan acuan aut fron, cuma ko subwoofer y g nyala y. Power juga g nyala kalau kabel remot g saya pasang ke acc. Mohon pencerahan y

    BalasHapus
  72. sangat membantu sekali, terima kasih om

    BalasHapus
  73. Met malam Om Adi,,, saya ada agya trd 2018,kebetulan ada teman jual head unit pioneer 1 set berikut speaker aktif merk mohican. Yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara pasang (sambung kabel head unit lama ke pioneer. Mengingat ada beberapa soket di belakang HU bawaan yg terkoneksi dgn tombol audio di stir. Makasih om. ..🙏🙏🙏

    BalasHapus
  74. Om maaf mau diskusi
    Rencana sy mau pasang power amplifier dan subwoofer di mobil calya.bagaimama .
    1.menentukan power untuk HU Nya
    2.menentukan kabel perspeaker
    3.apa saja yang perlu diperhatikan pd saat pemasangan alat tersebut
    Terima kasih atas diskusi.semoga bermanfaat

    BalasHapus
  75. Saya punya terios 2012. Pgn pasang amplifier + subwoofer doank tapi gak ada output RCA di HU nya. Cuma masih bingung skema pemasangannya. Output nya motong dari yg mana Rear RL atau front RL untuk ke input amplifier nya?.

    BalasHapus
  76. Mas, saya mau pasang powwr audio untuk Ayla, power (+) lebih baik saya dapatkan aki atau kabel di conector? kabel warna apa, untuk (+) nya? trus, remote nya kabel warna apa, mas?
    Mohn pencerahannya... matur nuwun

    BalasHapus
  77. Master saya mau tanya untuk double din 12V kalau pakai adaptor yg berapa amper?

    BalasHapus
  78. Mo tanya kok tape ane dah tetap standby waktu padahal kuncikkontak dah mati sampe mentog... Kira2 penyebabnya apa ok

    BalasHapus
  79. Mohon bantuan nya... Sy pake head unit veloz 17.. Mgsd mau d sambungkan ke preampli parametik equaluzer. Cara nyambung nya gmn... Mengingat di preampli cuma ada 2 lubang ( R & L) ... Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  80. Terima Kasih... Sangat membantu,,,,

    BalasHapus
  81. Tks bro, skrg hu innova sdh bisa play audio di rumah. Tp, sy mau sambungin AV-in, sambunginnya kmn? Soket aslinya masih di mobil yg sdh laku. Di sampingnya kan bnyk tuh yg buat sensor parkir. Tlg pencerahannya ya bro...

    BalasHapus
  82. Jadi tape doble din bisa di pasng di semua mobil avanza atau agya ya?
    .

    BalasHapus
  83. Mas mau tanya saya pasang HU double din sansui 5202i, begitu disambungkan menyebabkan lampu kota, lampu dash board, forg lamp mati dan fuse TAIL langsung putus? karna apa ya?
    Tks salam+

    BalasHapus
  84. Gan klo kabel reversenya yg mana ya

    BalasHapus
  85. siang om mau tanya...
    saya pasang HU Sansui SA5202i, tapi lampu tombol2 sebelah kiri gak nyala. saya hubungi seller (online lewat shopee) katanya dikarenakan kabel Illumi tidak disambung. Setelah itu saya tanya teknisi yang memasang dijawab memang dia dari dulu tidak pernah memasang kabel illumi meskipun dipasang tidak pengaruh karena kabel ilummi hanya untuk membuat redup terangkan HU unit aja, tapi tidak menyalakan lampu tombol tombol. Sedang lampu tombol nyalanya otomatis langsung dari head unit....
    yang mau saya tanyakan apakah benar kabel illumi untuk menyalakan lampu tombol head unit?kare lampu tombol head unit saya tidak nyala, trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang,memang fungsi kabel illumi ada dua macem tergantung produsen.jadi ada yg buat redupin layar saat malm dan ada yg buat hidupin lampu tombol dan redupin layar.sebaik nya kabel illumi selalu di pasang.

      Hapus
    2. Mf om tanya..kabel illumi di mobil sy,sy cari gk ada..apa ada alternatif lain atau disambungkan kmn?mhn solusinya.. Terima kasih

      Hapus
  86. Mau tanya mobil saya all new rush 2018,setelah saya tambahin venom Pandora 3,4 soket pnp sinyal radio hilang kenapa ya?

    BalasHapus
  87. Tape mobil saya kok angka pin nya cuma sanpas qngka 8 bang,
    Ada 4 pin kiri dan kanan ga pake no

    BalasHapus
  88. Mas mau tanya tape mobil merk jvc Kenwood no seri KD r456p
    Mati total
    Di cek IC powernya ada + 12v dari elco 2200uf 16v sama keluarnya 12
    Tapi di cek output ke HU nya cuma 3,2v
    Kira kira apanya mas?

    BalasHapus
  89. Kalau thun 2007 sama y bos

    BalasHapus
  90. Mas klo kita mau pasang power sambungnya ke kabel mana ya mas

    BalasHapus
  91. Mas mau nanya soket untuk video di nomor berapa ya?? Makasih sblmnya

    BalasHapus
  92. Klo kabel untuk remote stir avanza veloz 2013 gmn gan.....

    BalasHapus
  93. mas mau tanya..apakah HU Innova 2014 bisa dipasang ke Avanza 2012 dan apakah soket kabelnya sama.terima kasih

    BalasHapus
  94. Jooooos dan sangat membantu saya, tinggal untuk menyambung audio in/aux yang sbelah mana ya ????

    BalasHapus
  95. kalau mau nambah power ampli bisa ngak itu HU, soalnya ngak ada port RCA

    BalasHapus
  96. Mas mau tanya...saya punya copotan HU avanza ori 2014 kl d pasang d ruangan saya pake adaptor brp amper dan speaker ny yg brp ohm ya biar max sesuai spec HU nya ??

    BalasHapus
  97. Mas numpang tanya,kabel acc,kabel power dan grs untuk HU TYPE PK6881 bawaane terios apa y?kmrn dpt dr copotan tp g th jalur kabele.kalau untuk speakernya sih sdh ada tandanya

    BalasHapus
  98. Halo mas, saya punya head unit copotan toyota rush dan saat ini rencana saya mau saya jadikan head unit rumahan, kira2 untuk aki atau power supply + dan minusnya nyambung ke nomor berapa ya mas? Saya new banget soal elektronika. Mohon bantuanya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga punya mas cuman kaset nya gk suport trus

      Hapus
  99. Mf gan tanya..kabel illumi/senja utk avanza 2009 warnanya apa ya?cb sy cek pke tester kok g da...klo g ada solusinya di ambilkan jalur kabel dari mana..mhn pencerahannya ..trims

    BalasHapus
  100. Mas cable REM d head Unit Calya warna apa y?

    BalasHapus
  101. Saya punya tape ory terios mas berhubung kaset nya no suport terus rencana nya mau pasang modul mp3 mas tp blm ketemu input sama kabel acc buat ke modul ambil nya dri mana ya mas mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  102. Bang punya saya kok gak mau hidup ..modelnya persis kayak yg di gambar .mohon petunjuknya

    BalasHapus
  103. Om mau tanya, avanza sayang 2011 akhir, kok kabel hitam strip putih gak ada keluar setrum dari aki nya ya,
    Jd yg kabel kuning saya gabungin sama yg acc.
    Apakah bahaya?

    BalasHapus
  104. Boss mau nanya, utk kabel power/ke aki utk dobel din oem toyota inova 2018 wrna apa ya, kok gk ada wrnaera hitam, asanya wrna merah strip putih, hitam strip putih, ungu, hijau... Dlm 1 soket.. Sblmnya trims

    BalasHapus
  105. Tanya klo buat fujitsu ten tipe 86120-OK170 apakah sama

    BalasHapus
  106. salut mas atas potingannya. biasanya orang mosting pasti jualan.

    BalasHapus
  107. Klo mo nyambung power kabel remote, yg mana bg? Trims

    BalasHapus
  108. Hallo mas, maaf saya mau bertanya perihal pemasangan speaker pasif split 2 way. Pada crossover ada WF, TW, IN...Untuk IN ini nyambungnya ke no 3 untuk + dan 10 untuk - (speaker kanan) begitu juga dengan speaker/Crossover kiri 4 untuk + dan 9 untuk - apakah cara saya ini sudah benar? Terima kasih untuk jawabannya, sukses selalu ya mas.

    BalasHapus
  109. Hu sy yg lama persis gmbr di postingan mas adi di atas, sekarang Saya udah gnti hu doble din merk nakamichi tp yg tanpa kaset vcd, dan audionya standart soud di 2 pintu + 2twiter di dashboard.
    Pertanyaan saya:
    1.apa bisa single din saya yg lama khan ada kaset vcd nya dimanfaatin dg tampilan videonya nanti itu ditampilkan hu yg baru?
    2.apa bisa hu lama saya, saya kasih audio lagi dengan input ambil dari output rca hu yg baru???
    Mksh mas adi....

    BalasHapus
  110. Mz kalo kabel AUX yg mna y mz??

    BalasHapus
  111. Sangat bagus dan membantu sekali untuk berbagi

    BalasHapus
  112. Gan, saya minta jelasin warna dan fungsi kabel di HU calya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  113. Gan, saya minta jelasin warna dan fungsi kabel di HU calya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  114. Gan, saya minta jelasin warna dan fungsi kabel di HU calya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  115. mau nanya pasal port cd changer di belakang all new avanza 1.3, pin 2 R in+, 3 R in-, 4 L in+, 5 L in-
    ada pin 9 TXM+, 10 TXM-
    apa bisa jika dijadikan aux ya?

    BalasHapus
  116. Mohon infonya gan untuk soket b+ acc di tape lama mobil xenia ,mohon pencerahanya

    BalasHapus
  117. Gan maap head unit saya bermasalah barangkali bisa bantu, posisi mobil di garasi pintu terkunci tapi head unit bisa nyala sendiri cuma waktunya tidak menentu, itu yg rusak apanya ya, head unit bawaan mobil baru 21 bulan, belum pernah di rubah rubah, terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  118. Assmuallaikum,,,
    Saya mau menawarkan tape bekas fortuner
    Apakah ada yg berminat
    Terima kasih

    BalasHapus
  119. Om ada gak kabel output video dan output suara pada head unit avanza veloz 2018, kalau ada pin nomor berapa? Rencana mau hubungin ke tv plavon biar video dan suara di head unit nyambung ke tv plafon? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  120. Klo ada suara apanya gan

    BalasHapus

Posting Komentar

"SAMPAKAIKAN KOMENTAR ANDA DENGAN JELAS,TEPAT,PADAT DAN AKURAT,.!!!"KOMENTAR BARU HARUS PALING BAWAH ATAU MEMBUAT KOMENTAR BARU,KOMENTAR BARU DI LARANG DI KOLOM KOMENTAR BALASAN/REPLAY,UNTUK MEMUDAH KAN MEMBERI BALASAN DENGAN EFISIEN.""Mohon maaf komentar yg tidak di balas atau telat di balas berarti ada kendala entah dari jaringan atau teknis""TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG"